Ngompol merupakan salah satu masalah besar pada anak, apabila ia mulai tumbuh besar. Bagi beberapa anak, mungkin akan berhenti ngompol di usia tertentu. Tetapi bagi anak lainnya, hal ini masih saja menghantuinya bahkan hingga ia sudah masuk sekolah. Tentu saja, kejadian tersebut bisa mengganggunya, dan membuatnya malu di depan temannya. Sebagai orang tua, ada beberapa cara mengatasi anak ngompol. Berikut simak ulasannya.

Tips Agar Anak tidak Ngompol Lagi

  1. Biasakan Si Kecil Melakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Rutinitas yang dapat Bunda ajarkan kepada anak sebelum tidur, yaitu seperti menggosok gigi, cuci tangan, cuci kaki, cuci muka, serta buang air kecil. Ajaklah anak anda ke toilet terlebih dahulu sebelum naik ke tempat tidur. Karena hal ini bisa membuatnya tidur lebih nyaman, dan tidak terbangun tengah malam untuk ke toilet. Saat hendak tidur, tanyakanlah kembali pada anak, apa ia masih ingin ke toilet atau tidak.

  1. Beri Reward Saat Anak Tidak Mengompol

Salah satu hal yang dapat menyebabkan anak mengompol, adalah karena stres yang dirasakannya. Bunda bisa mengajaknya bicara, dan memberikan arahan positif. Dan tidak lupa memberinya reward saat ia mulai berubah sesuai dengan yang diharapkan. Sebaiknya beri reward berupa pujian, atau bisa mainan yang edukatif. Hal ini akan membuat anak senang, karena merasa kerja kerasnya diapresiasi oleh orangtua.

  1. Atur Asupan Minuman

Cara mengatasi anak ngompol yang ketiga, bisa dengan cara mengatur asupan minuman anak. Terutama saat di malam hari, batasilah kadar minumannya. Sebaiknya, anak tidak mengonsumsi minuman bersoda. Hindari juga minuman yang mengandung cokelat, seperti susu cokelat di malam hari. Hal ini dapat membuat anak lebih sering ingin buang air kecil. Pastikanlah juga ia tidak minum terlalu banyak sebelum berangkat tidur.

Selain itu, hindarkan lah si kecil dari minuman berkafein. Anak memang sebaiknya jangan dulu diperkenalkan dengan  minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi. Hal ini karena kandungan kafein dapat menstimulasi kandung kemih. Sehingga nantinya akan dapat menyebabkan si kecil lebih sering untuk mengompol di malam hari. Tentunya, anda ingin menghindarkan kebiasaan buruk itu bukan?

  1. Perhatikan Seberapa Sering Anak ke Toilet Dalam Sehari

Sebagai orangtuanya, sebaiknya anda perlu mengetahui berapa kali biasanya anak anda ke toilet dalam sehari. Normalnya, anak akan ke toilet sebanyak 4-7 kali dalam sehari. Jika anak sudah bersekolah, tanyakanlah kepadanya apakah ia nyaman dengan toilet di sekolahnya. Buatlah anak nyaman dengan toilet yang ada di sekolahnya, agar anak tidak enggan untuk buang air kecil di toilet sekolah.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan, untuk mengatasi anak mengompol. Sebaiknya, jangan pernah memarahi atau bahkan menghukum anak karena ia mengompol. Hal tersebut tidak akan membantunya belajar, malah dapat membuat hubungan bunda dan si kecil lebih buruk. Jadi, cara mana yang menurut bunda paling efektif untuk mengatasi masalah ngompol anak

Yuk Intip 4 Cara Mengatasi Anak Ngompol, Bunda Wajib Tahu
Scroll to top