Terkadang anda akan mengalami komputer yang tiba-tiba lemot, padahal lembar kerja sedang diburu deadline. Sumber utamanya berasal dari Microsoft Word yang tidak mau diajak bekerja sama. Tiba-tiba huruf yang anda ketik tidak mau muncul di layar, atau bahkan layar tidak merespon. Namun jangan panik terlebih dulu, karena anda bisa mengandalkan cara memperbaiki Microsoft Word yang tidak bisa diketik. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Table of Contents

Cara Mudah Agar Microsoft Word Kembali Normal

Pixabay.com
  1. Restart Komputer

Ketika pekerjaan sedang menumpuk, tentunya anda dibuat pusing jika Word tidak berfungsi dengan baik. Biasanya masalah paling sering muncul karena Microsoft Word tidak bisa diketik. Harusnya bisa selesai dalam jangka waktu yang ditentukan, justru meleset dari perkiraan deadline. Hal tersebut jelas membuat anda kesal hingga berujung stres, sebab alat penunjang tersebut tidak dapat diharapkan. Otomatis pekerjaan menjadi terbengkalai dan butuh waktu pengerjaan lagi.

Tidak hanya memakan biaya, masalah seperti itu juga menghabiskan waktu dan tenaga. Bayangkan saja jika anda sudah lembur pekerjaan selama dua hari. Lalu saat pengumpulan laporan tiba-tiba Word tidak berfungsi. Mau tidak mau anda harus mengulang pekerjaan lagi, yang berarti anda perlu menambah waktu dua hari lagi. Sudah waktu terbuang, tenaga pun juga ikut habis karena harus mengerjakan perihal yang sama.

Namun terkadang anda terlewat satu solusi sepele, karena sudah terlanjur marah-marah dan kesal. Cara memperbaiki Microsoft Word yang tidak bisa diketik ini, ialah dengan merestart komputer atau laptop.  Karena terkadang Word lag disebabkan oleh prosesor yang sudah panas. Selain itu komputer cenderung menghasilkan bug ketika sudah lama dipakai. Dengan restart ulang komputer, anda bisa membantu untuk membersihkan cache internet.

  1. Periksa Koneksi Keyboard

Pixabay.com

Microsoft Word yang tiba-tiba berhenti dan tidak dapat digunakan, terkadang membuat pekerjaan jadi tak terkendali. Harusnya bisa selesai tepat waktu tetapi malah perlu menambah waktu. Alhasil harus bekerja keras lagi untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat terhenti. Itupun hasil pekerjaan belum tentu seperti awal mengerjakan yang penuh semangat. Karena sudah terkontaminasi dengan kesal dan lelah, jadinya hasil lembar kerja tidak sempurna.

Namun jangan terburu-buru kesal terlebih dahulu, coba cek siapa tahu koneksi keyboard anda bermasalah. Sebab problem ini kemungkinan terjadi ketika anda menggunakan keyboard eksternal. Baik yang tersambung ke laptop ataupun komputer, bisa jadi kabel tidak tersambung. Hal tersebut menjadi masalah yang lumrah terjadi, mungkin dikarenakan ada konslet atau anda sendiri lupa menyambungkan.

Cara memperbaiki Microsoft Word yang tidak bisa diketik ini juga berlaku, apabila anda menggunakan keyboard wireless. Sebab ada kemungkinan bila baterainya habis atau sudah tidak berfungsi. Sehingga anda bisa segera mencarikan solusinya, tanpa perlu merasa kesal terlebih dahulu. Dengan begitu waktu yang sempat hilang tadi segera tergantikan dengan solusi tepat. Word pun kembali bekerja seperti sedia kala dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

  1. Aktifkan Num Lock Key

Apabila anda merasa koneksi keyboard tidak bermasalah, maka mungkin masalahnya terletak pada fungsi Num Lock yang nonaktif. Sehingga membuat anda tidak bisa mengetik angka apapun pada lembar kerja Word. Hal ini kerap terjadi karena ketidak sengajaan, mungkin karena salah pencet. Jadi membuat Microsoft Word seolah berhenti melakukan tugas pengetikan.

Padahal bila ditelusuri cara mengembalikannya cukup mudah, anda tinggal meng-aktifkan kembali Num Lock Key. Cara memperbaiki Microsoft Word yang tidak bisa diketik ini, dengan tekan Num Lock Key di sisi kanan keyboard. Apabila lampu Num Lock menyala tandanya Ia sudah aktif kembali. Anda pun bisa mengerjakan lembar kerja dengan tenang tanpa gangguan apapun lagi. Cara penyelesaiannya pun sangat cepat dan tidak menganggu pekerjaan anda.

  1. Nonaktifkan ‘Document Protection’

Microsoft Word mempunyai fitur ‘Document Protection’, yang membuatnya menjadi protektif dengan berbagai data yang masuk. Termasuk apabila tiba-tiba Word menjadi tidak berfungsi, kemungkinan besar karena fitur ini telah diaktifkan. File Word yang diproteksi membuatnya tidak bisa melakukan pengeditan maupun pengetikan. Maka dari itu anda perlu menonaktifkan ‘Document Protection’, supaya Word bisa bermanfaat seperti sedia kala.

Caranya pilih menu File lalu klik Info, begitu masuk dalam tab Info temukan bagian Protect Document. Kemudian periksa pada bagian Mark as Final, Editing Restrict, dan Restrict Access. Apabila ketiga bagian tersebut dalam keadaan aktif, maka anda wajib menonaktifkannya. Tujuannya agar lembar kerja Word bisa digunakan seperti semula, dan tidak meminimal mundurnya deadline karena pekerjaan sempat tertunda.

  1. Buka Kunci Word

Beberapa orang ada yang sengaja mengunci data Word, untuk melindungi isi konten yang sedang dikerjakan. Selain menghindari file bisa dicuri, tujuan penguncian Word ini juga untuk menghindari plagiasi. Sebab terkadang banyak oknum yang menyalahgunakan kecanggihan teknologi. Dan seenaknya sendiri masuk daerah kekuasaan orang lain, berlanjut memplagiasi karya. Oleh sebab itu sebagian orang memilih untuk mencari jalan aman.

Mungkin inilah penyebab Word anda tidak bisa diketik ataupun diedit oleh siapa saja. Bukalah file Word yang terkunci melalui menu File, lalu simpan kembali lewat menu Save As. Pilih Word Document paling atas, kemudian Save As Type dan ubah format menjadi Rich Text Format. Ubah nama file supaya mudah diingat lalu klik Save, buka file yang disimpan dengan klik kanan, pilih Open With dan pilih WordPad. Simpan kembali lalu Word yang terkunci sudah bisa digunakan.

  1. Microsoft Word Masih Versi Trial

Jika solusi yang telah disebutkan tidak juga mengembalikan Word, kemungkinan besar aplikasi anda masih dalam masa trial. Kondisi trial ini memiliki jangka waktu tertentu yang apabila habis tidak dapat digunakan lagi. Itulah mengapa anda tidak dapat melakukan pengeditan ataupun pengetikan. Untuk itu sebelum mengerjakan hal yang penting sebaiknya cek dulu masa trial Word.

Microsoft Word yang tidak dapat digunakan mungkin saja berasal dari masalah-masalah kecil. Namun tetap hal tersebut bisa menghambat pekerjaan anda, yang mungkin sudah berjalan 70 persennya. Anda dapat melakukan berbagai solusi yang sudah diberikan, siapa tahu memang bisa diselesaikan secara mandiri. Untuk info solusi yang lebih detailnya anda bisa mengunjungi website charis, dan temukan beragam tips tentang dunia komputer.

Jangan Panik Dulu, Berikut 6 Cara Memperbaiki Microsoft Word yang Tidak Bisa Diketik
Scroll to top