Memiliki rumah baru menjadi kebahagiaan tersendiri bagi suatu keluarga. Ini menjadi suatu kabar baik, dan tentunya semuanya menjadi tidak sabar untuk segera berpindah ke rumah tersebut. Namun, hal seperti ini adalah peristiwa penting, dan ada baiknya bila semuanya dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar nantinya bisa nyaman untuk ditinggali. Dalam hal ini, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan, baik itu persiapan fisik maupun psikis. Persiapan fisik tentu saja terkait barang-barang yang harus dibawa dan persiapan agar bangunan rumah baru siap dan nyaman untuk segera ditempati.

Untuk persiapan psikis, tentunya perlu merasa nyaman. Lalu, anda juga perlu juga mempersiapkan hati. Sudah pasti, salah satu yang utama adalah dengan berdoa. Doa untuk menempati rumah baru menjadi sangat penting agar Allah melindungi dan melimpahkan rahmat pada bangunan rumah baru dan keluarga anda yang akan segera menempati bangunan tersebut. Hal ini sangat penting karena ini akan menjadi lingkungan baru. Dengan limpahan berkah Ilahi, tentu rumah akan menjadi istana yang nyaman untuk anda dan anggota keluarga anda.

Doa Pindah Rumah Baru

Untuk doa ketika pindah dan menempati rumah baru, sebenarnya tidak ada amalan khusus yang bisa anda lakukan. Anda bisa berdoa apapun sesuai yang diinginkan. Paling sederhana adalah dengan Istighfar dan melakukan Salawat. Dengan melafalkan dan mengucapkan doa sederhana di atas, Allah akan melimpahi rumah anda dengan perlindungan dan kebaikan. Ini pun juga menjadi cara tepat agar bangunan rumah baru anda dan semua anggota keluarga pun dijauhkan dari berbagai hal yang tidak berkenan pada Allah. Walau doa ini terkesan sederhana, anda dan keluarga akan dilindungi.

Beberapa Pilihan Bacaan Yang Bisa Diamalkan

Bacaan-Bacaan dibawah ini tidak ada tuntunan secara khusus untuk pindah rumah. Tetapi hendaknya dirutinkan dan tidak hanya bacaan-bacan ini yang diamalkan. Anda bisa membacakan Surah Al-Falaq. Isi yang terkandung di surah Al-Falaq ini adalah tentang perlindungan. Ini tidak hanya perlindungan bagi anda dan seluruh anggota keluarga anda ketika dalam proses berpindah ke rumah baru, tapi juga untuk memberikan perlindungan di rumah dan lingkungan baru anda. Ini tidak hanya untuk memberikan perlindungan bagi anda dari berbagai mara bahaya yang berbentuk fisik, tapi juga dari berbagai gangguan yang tak tampak dan bersifat mistis. Hal seperti ini adalah hal yang seringkali tidak disadari, dan hanya dengan Kuasa Allah saja manusia bisa terlindung dari gangguan kasat mata ini.

Lalu, ada juga bacaan dari surah An-Naas. Bacaan ini juga berisi permintaan pada Allah agar keluarga anda bisa mendapatkan perlindungan dari berbagai macam kejahatan. Kejahatan ini tidak hanya untuk melindungi rumah, tapi juga segenap angota keluarga. Dengan doa ini, anda dan segenap keluarga memohon perlindungan dari berbagai bahaya yang bisa menimpa, baik itu dari hal-hal yang fisik dan kelihatan hingga hal-hal mistis yang tidak terlihat.

Yang juga tak kalah penting doa dari surah Yasin. Surah ini dibacakan untuk memohon ampunan dari Allah yang Maha Kuasa. Surah ini dibacakan agar anda dan segenap keluarga anda mendapatkan berbagai kemudahan ketika masalah hidup muncul dalam hidup masing-masing maupun hidup keluarga secara umum. Masalah dalam hal kesehatan, utang piutang, dan berbagai macam masalah lainnya.

Selain itu, ada juga surah Al-Waqi’ah. Surah ini memang bukan doa untuk memohon perlindungan. Namun,doa ini didaraskan untuk mendapatkan limpahan rejeki dari Yang Maha Kuasa. Dengan membaca doa ini, diharapkan rumah dan keluarga anda mendapatkan berkah dan rezeki yang melimpah. Rezeki ini tidak hanya dalam rupa uang saja, tapi rezeki-rezeki lainnya yang juga sangat diperlukan, termasuk juga kelancaran dalam berbagai macam pekerjaan dan urusan.

Semua doa perlindungan sangat penting, tapi anda dan keluarga juga harus memiliki kesadaran akan kuasa Allah yang sangatlah besar dan melampaui segalanya. Karena itu, ada surah Ar-Rahman yang bisa dibaca. Dengan doa ini, anda memohon agar segenap keluarga dibukakan hatinya agar semakin mampu menyadari semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah. Kemudian, doa terakhir adalah Surah Al-Baqarah. Yang dibacakan adalah 5 ayat pertama dan juga bagian di tiga ayat terakhir. Ini adalah untuk memohon perlindungan bagi rumah agar bisa terhindar dari sihir dan hal mistis yang bisa membawa masalah dan bencana bagi keluarga anda. Lebih baik lagi dibaca keseluruhan surat Al-Baqarah.

Inilah beberapa doa yang bisa dibacakan ketika berpindah ke rumah baru. Tidak hanya untuk melindungi dan meresmikan rumah anda, ini juga sangat berguna bagi segenap anggota keluarga. Tentunya, anda juga tidak mengharapkan adanya masalah ataupun musibah yang melanda keluarga anda. Semua doa ini bisa dibacakan bersama segenap anggota keluarga, agar doa pun menjadi lebih khusuk dan benar-benar dijiwai.

Selain itu, bersilahturahmi dengan tetangga dan orang-orang di sekitar lingkungan rumah baru juga menjadi amalan yang sangat baik untuk segenap anggota keluarga. Selain itu, ini juga sangat baik untuk memperkenalkan diri di lingkungan baru. Ini adalah sesuatu yang sangat penting karena nantinya anda akan menghabiskan waktu dan berdampingan dengan tetangga. Selain itu semua, ada juga berbagai layanan yang tentunya akan dibutuhkan dalam proses pemindahan rumah dan pengelolaan properti atau rumah anda. Anda bisa mendapatkan layanan dispatch services for owner operators, dan ini akan sangat berguna.

Doa Pindah Rumah Baru
Scroll to top