Sayur merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi penting. Oleh karena itu sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangannya. Namun tidak sedikit anak yang tidak menyukai sayuran. Padahal sayuran dapat mendukung tumbuh kembang sang anak.

Untuk dapat membuat anak menyukai sayuran orang tua bisa memberikan contoh terlebih dahulu. Kemudian lakukan hal-hal seperti dibawah ini:

  1. Ikut diajak memilih dan mengolah sayuran

Salah yang pertama yaitu dengan mengajak anak untuk memilih dan mengolah sayuran. Anda bisa mengajak anak Anda ketika sedang berbelanja sayuran. Anda juga bisa menawarkan sayuran nama anak yang anak Anda inginkan. Setelah itu ajak juga anak untuk mengolah sayuran yang sudah dibeli tersebut. Seperti contohnya yaitu ketika memotong sayuran atau mencuci sayuran tersebut. Dengan melakukan hal tersebut anak akan merasa lebih bangga karena dapat menikmati hasil olahannya sendiri.

  1. Memadukan sayur dengan makanan favoritnya

Cara yang selanjutnya yaitu dengan memadukan sayuran tersebut dengan makanan favorit sang anak. Anda bisa memadukan sayuran tersebut dengan nasi goreng, telur, dan yang lainnya. Karena anak biasanya tidak menyukai sayuran yang dikukus atau direbus. Hal tersebut dikarenakan rasanya akan lebih baik dibandingkan dengan dipadupadankan dengan masakan yang lainnya. Dengan memadukan sayur dengan makanan favorit mereka maka anak akan merasa lebih tertarik lagi untuk mengkonsumsi sayur tersebut.

  1. Berkreasi dengan sayuran

Cara yang ketiga yaitu dengan melakukan berbagai macam kreasi dengan sayuran. Ada bisa mengkreasikan berbagai macam sayuran dengan bentuk-bentuk unik yang disukai oleh anak Anda. Seperti membentuk wajah atau hewan-hewan yang lainnya. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk melakukan kreasi tersebut. Dengan begitu daya tarik anak untuk mengkonsumsi sayuran akan lebih meningkat lagi. Untuk mempermudah Anda juga dapat membeli cetakan untuk memotong sayuran-sayuran tersebut menjadi bentuk bentuk yang unik

  1. Memuji sang anak

Cara yang terakhir yaitu dengan memuji sang anak. Anak-anak akan suka jika hal yang mereka lakukan dipuji dengan baik terutama oleh kedua orangtuanya. Anda dapat memberikan apresiasi kecil seperti pujian ketika anak sudah mengkonsumsi sayuran.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat anak mengkonsumsi sayuran tanpa paksaan. biasakan anak untuk mengkonsumsi sayuran sejak dini. Dengan begitu mereka akan terbiasa makan sayuran sampai dewasa nanti.

 

 

 

Cara Agar Anak Mau Makan Sayuran Tanpa Dipaksa
Scroll to top