Di dunia ini, ada banyak bahasa asing yang dapat kita pelajari. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang patut untuk dipelajari karena banyak kita gunakan pada saat beribadah dan berdoa. Sebagai umat Islam, menguasai bahasa Arab bukanlah hal yang wajib. Hal wajib yang perlu untuk dilakukan adalah mampu membaca huruf Arab dengan baik. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagi kita untuk mempelajari bahasa Arab di setiap kesempatan.

Terima Kasih Bahasa Arab Beserta dengan Jawabannya

Pixabay.com

Sama halnya dengan bahasa asing lainya, di dalam bahasa Arab terdapat ucapan terima kasih yang ditujukan kepada orang lain. Mengucapkan terima kasih dengan menggunakan bahasa Arab tentunya memiliki keutamaan yang perlu untuk kita ketahui. Ucapan terima kasih berbahasa Arab merupakan ucapan yang terbaik jika dibandingkan dengan thank you atau bahasa asing lainnya. Nabi Muhammad bersabda bahwa jika ia diberlakukan dengan baik dan mengucapkan jazaakallah khairan, maka ia telah memuji orang lain dengan setinggi-tingginya.

Ucapan terima kasih dalam bahasa Arab merupakan sunnah yang berasal dari Rasulullah. Hal ini merupakan keutaman dari mengucapkan terima kasih yang kedua. Hal tersebut dibuktikan dengan perkataan Rasul yang menyebutkan bahwa kita berkewajiban untuk membalas perbuatan baik yang dilakukan oleh orang lain. Pembalasan tersebut dapat berupa doa yang ditujukan kepada orang tersebut. Dengan kata lain, kita harus membalas kebaikan dengan kebaikan yang serupa.

Pada saat kita mengucapkan terima kasih, kita biasanya akan mendapatkan balasan ucapan dari orang lain. Jawaban yang kita dapatkan berupa doa dari orang lain. Apabila ucapan terima kasih yang telah kita sampaikan tidak mendapatkan jawaban dari orang lain, malaikat merupakan sosok yang akan membalas ucapan kita. Karena itulah, kita tidak perlu ragu mengucapkan terima kasih dalam bahasa Arab jika kita telah mendapatkan kebaikan yang berasal dari orang lain.

Jazakumullahu Khairan merupakan ucapan terima kasih dalam bahasa Arab. Arti dari ucapan terima kasih tersebut adalah semoga Allah akan membalas dengan kebaikan. Arti dari ucapan tersebut sesuai dengan sabda yang pernah diucapkan oleh Rasul. Dalam sabdanya, Rasul mengatakan bahwa barang siapa seseorang mendapatkan kebaikan dan mengucapkan jazakallah khairan, maka orang tersebut telah meninggikan pujian kepada orang yang memberi kebaikan.

Selain jazakumullahu khairan, ucapan terima kasih dapat digunakan pada orang-orang tertentu. Untuk kaum pria misalnya, mereka dapat mengucapkan terima kasih kepada orang lain dengan mengatakan jazaakalloohu khoiron. Arti dari ucapan tersebut adalah semoga Allah memberikan balasan dengan kebaikan yang lain.

Selain pria, ucapan terima kasih juga diucapkan oleh para wanita. Untuk kaum wanita, terima kasih dalam bahasa Arab dapat diucapkan dengan kalimat jazaakillaahu khoiron. Sama halnya dengan ucapan terima kasih bagi pria, ucapan terima kasih ini memiliki makna yang sama yaitu Allah akan memberikan balasan dengan kebaikan. Karena Allah akan memberikan kebaikan kepada kita atas pujian yang diberikan kepada orang lain, kita tidak perlu merasa ragu untuk mengucapkan terima kasih dengan menggunakan bahasa Arab.

Pixabay.com

Ucapan terima kasih dapat pula kita ucapkan kepada banyak orang. Ucapan ini dapat kita berikan kepada banyak pihak yang telah memberikan bantuan atau pertolongan kepada kita. Ucapan bahasa Arab yang dapat kita sampaikan adalah jazaakumulloohu khoiron. Jika diperhatikan dengan seksama, ucapan terima kasih dengan menggunakan bahasa Arab sebenarnya ada banyak. Syukran sendiri menjadi salah satu bahasa yang menjelaskan rasa terima kasih kepada orang lain. Kata tersebut memiliki arti terima kasih.

Syukran laka menjadi ucapan terima kasih lainnya yang dapat kita ketahui. Bahasa Arab tersebut memiliki arti terima kasih untukmu. Ucapan terima kasih lainnya dalam bahasa Arab adalah syukran jaziilan. Ucapan ini memiliki arti terima kasih banyak. Asykuruka syukran jaziilan dan jazaakallahu aufaral jazaa’i merupakan ucapan terima kasih lainnya yang berarti semoga Allah akan memberikan balasan berupa kebaikan. Dengan banyaknya kalimat terima kasih dengan bahasa Arab yang ada, kita dapat menggunakan salah satu ucapan yang diinginkan.

Apabila kita adalah sosok yang memberikan bantuan kepada orang lain dan merupakan sosok yang mendapatkan ucapan terima kasih, kita juga dapat membalasnya dengan kalimat berbahasa Arab yang tepat. Dari ilmu yang dipelajari di https://alazharpare.com/, ada beberapa ucapan yang dapat kita balaskan. Afwan menjadi salah satu ucapan yang kita dapat ucapkan atas balasan terima kasih yang diberikan oleh orang lain. Afwan sendiri memiliki arti sama-sama.

As-syukru lillah merupakan balasan terima kasih yang dapat diucapkan. Kata tersebut memiliki arti terima kasih hanya demi Allah. Haadzaa waajibii menjadi ucapan lainnya yang dapat kita berikan kepada orang yang berterima kasih kepada kita. Ucapan tersebut bermakna ini telah menjadi kewajibanku. Dari ketiga ucapan tersebut, kita dapat menggunakan salah satunya pada saat membalas ucapan terima kasih dari orang lain.

Laa’alaika yang berarti tidak perlu bagimu menjadi pilihan kata terima kasih dalam bahasa Arab yang dapat diucapkan. Haadzaa laysa bisya’i yang memiliki makna setupa dengan Laa’alaika merupakan ucapan balasan terima kasih yang dapat diucapkan kepada orang yang memberikan ucapan terima kasih.

Terima Kasih Bahasa Arab Beserta dengan Jawabannya
Scroll to top