Syarat Wajib dan Rukun Puasa Serta Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Sebagai seorang muslim setiap ibadahnya termasuk puasa akan dianggap sah ketika sudah memenuhi semua syarat wajib puasa dan rukun dalam Islam. Kita ketahui bersama kalau dalam puasa Ramadhan ini memilih 5 syarat wajib dan terdapat 2 rukun yang harus dipenuhi setiap muslim agar ibadah puasanya akan dianggap sah.

Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang memang wajib kita laksanakan sebagai umat muslim. Perintah puasa Ramadhan sendiri sudah dijelaskan dalam surat Al-Baqarah 183. Isi dari ayat tersebut adalah kita sebagai umat muslim yang beriman diwajibkan untuk berpuasa seperti kaum sebelumnya yang juga diwajibkan untuk berpuasa. Tentunya semua itu bertujuan agar kita sebagai umat muslim harus bertakwa kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu saja, puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan disisi Allah. Ada salah satu hadis yang menjelaskan bahwa setiap amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan akan dilipat gandakan 10 kebaikan dan bisa berlipat-lipat. Kecuali amalan ibadah puas, Allah telah berfirman, “Puasa tersebut untuk-Ku dan AKU sendiri yang akan membalasnya karena meninggalkan syahwat dan makan demi Aku”HR Muslim.

Syarat Wajib Dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan pastinya terdapat syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap muslim agar semua ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Ketika seseorang tersebut belum memenuhi syarat untuk menjalankan puasa maka kewajiban untuk melaksanakan puasa menjadi gugur. Sehingga seseorang tersebut tidak harus melaksanakan ibadah puasa.

Pada kesempatan kali ini fataya.co.id akan dijelaskan mengenai beberapa syarat wajib puasa yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Penasaran ? berikut ini penjelasannya :

1. Berstatus sebagai umat muslim

Megingat puasa ramadhan merupakan rukun Islam maka yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa adalah orang Islam baik muslim dan muslimah. Ketika ada seseorang yang sengaja murtad atau keluar dari Islam maka kewajiban akan menjalankan puasa menjadi gugur. Mengingat seseorang tersebut tidak memenuhi syarat untuk menjalankan puasa.

2. Sudah baligh atau sudah memasuki masa pubertas

Syarat wajib untuk menjalankan puasa ramadhan selanjutnya adalah seseorang tersebut sudah memasuki masa pebertas atau balig. Kalau untuk seorang laki-laki akan ditandai dengan keluarnya sperma dari kemaluan. Kalau untuk perempuan sudah mengalami masa menstruasi. Masa-sama ini terjadi pada umumnya umur 9 tahun.

3. Berakal sehat

Syarat wajib menjalankan puasa ramadhan selanjutnya adalah seseorang tersebut memiliki akal yang sehat atau tidak gila. Selain itu seseorang tersebut tidak sedang mengalami gangguan mental dan tidak dalam kondisi mabuk. Bagi setiap muslim yang mabuk maka tidak memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Namun kalau mabuk disengaja seperti mengkonsumsi minuman keras maka mereka ini memiliki kewajiban untuk mengganti di lain hari.

4. Memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah puasa

Ketika anda sudah memenuhi 3 syarat wajib diatas maka syarat selanjutnya adalah sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan. Apabila seorang muslim tidak mampu untuk menjalankan puasa karena beberapa sebab maka dirinya ini memiliki kewajiban untuk membayar fidyah. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang yang sudah menginjak usia lanjut, sakit, sedang hamil, dan musafir.

5. Mengetahui awal ramadhan

Syarat selanjutnya adalah seseorang tersebut mengetahui kapan hari pertama melakukan puasa ramadhan sampai akhir satu bulan penuh. Tentunya untuk mengetahui informasi yang terpercaya bisa dengan melihat hilal.

Beberapa Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Pada kesempatan kali ini selain menjelaskan mengenai beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi agar puasanya sah juga menjelaskan mengenai sesuatu yang membatalkan puasa. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini :

1. Memasukkan sesuatu pada lubang tubuh

Salah satu yang bisa membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu pada lubung tubuh, mulai mulut, hidung, telinga dan berbagai lubang lainnya. Selain itu aktivitas merokok ternyata juga bisa menyebabkan puasa anda batal. Orang yang meroko ini sengaja untuk memasukkan benda kedalam lubang tubuh.

2. Mengobati sakit melalui dubur dan qubul

Dubur merupakan lubang belakang, sedangkan qubul merupakan lubang kemaluan. Perlu anda ketahui bersama bahwa mengobati penyakit dengan memasukkan obat melalui dua lubang ini maka puasanya batal.

3. Sengaja ingin muntah

Apabila anda sengaja untuk muntah maka puasa anda tidak akan diterima atau batal. Ketika seseorang terpaksa harus muntah maka dirinya tersebut tidak memiliki kewajiban untuk melanjutkan puasa. Selain itu bagi mereka yang muntah karena disengaja maka diwajibkan bagi mereka untuk menqadha puasanya.

4. Bersetubuh di siang hari

Salah satu hal yang membatalkan puasa adalah bersetubuh di siang hari. Tentunya ini memiliki hukuman yang cukup berat yaitu dengan membayar kafarat memerdekakan budak mukmin. Kalau di era saat ini sudah tidak ada budal maka anda akan diwajibkan untuk menjalankan pasa di luar bulan ramadhan selama dua bulan berturut-turut. Kalau dan tidak mampu melaksanakannya maka harus membayar fidyah untuk 60 orang fakir miskin sebesar zakat fitrah.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi agar kita umat muslim bisa menjalankan puasa ramadhan. Selain itu ada juga beberapa hal yang menyebabkan puasa menjadi batal. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang puasa Ramadhan.