PIP adalah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang merupakan perguruan tinggi dari kedinasan yang bergerak dalam bidang pelayaran maupun pelabuhan di Semarang Jawa Tengah. PIP menjadi lembaga yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Untuk tugas khususnya yaitu sebagai pengemban mendidik dan melatih muda-mudi yang sudah lulus SMA jurusan IPA atau IPS dan SMK jurusan mesin pelayaran besar maupun perwira.

Sejarah PDIP bisa Anda ketahui dengan baik sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftarannya. Sementara untuk ini berguna supaya dapat memenuhi segala kebutuhan armada angkutan laut terutama di sektor perhubungan laut.

Sejarah PIP

Sebelum diberi nama PIP, Politeknik Ilmu Pelayaran yang ada di Semarang ini pada awalnya mempunyai nama BPLP pada tahun 1995 atau 1996 dan hal ini telah membuka program diklat kepelautan maupun kepelabuhan Diploma IV yang menjadi jenjang pendidikan profesional. Untuk lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran yang ada di Semarang mempunyai hak yang akan diberikan sebutan sebagai Perwira Muda.

Untuk gelar sarjana yang diterapkan dari pelayanan disingkat menjadi S.Tr.Pel. Sementara untuk gelar dari laut yaitu  ANT III atau Ahli Nautika Tingkat III, serta ATT III atau Ahli Nautika Tingkat III. Melalui adanya kemajuan maupun peningkatan yang meliputi mengenai aspek program pendidikan tenaga penunjang, tenaga pengajar lulusan sarana, dan prasarana dimulai sejak dari tahun 1951.

stocksnap.io

Hal Ini pun menjadi perubahan dari pelembagaan sampai dengan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang di tahun 1999. Hal ini pun telah masuk sebagai Waitress International Maritime Organization atau IMO di tahun 2000. B ahkan telah diperpanjang hingga tahun 2006 yang tidak serta merta pihak pelarutnya telah diakui dari segi kualitasnya.

Kemampuan dari pelarut nya juga diikuti guna melaksanakan tugas sesuai keahlian yang telah tertulis di dalam sertifikatnya. Berikut ini ada beberapa sejarah PIP mengenai perubahan nama di antaranya:

  • Pada Tahun 1951 – 1955 bernama SPS atau Sekolah Pelayaran Semarang.
  • Pada Tahun 1955 – 1975 SPM Semarang atau Sekolah Pelayaran Menengah Semarang
  • Pada Tahun 1974 – 1981 P3B Semarang atau Pendidikan Perwira Pelayaran Besar
  • Pada Tahun 1979 – 1995 BPLP atau Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran dengan program diploma III Strata A dan lama pendidikan hingga 3 tahun.
  • Pada Tahun 1995 masih menyandang nama BPLP Semarang, untuk programnya ditingkatkan dan menjadi Diploma IV dengan (setara S1 atau Sarjana) Politeknik Ilmu Pelayaran dengan pendidikan 4 tahun.

Politeknik ilmu pelayaran di Semarang telah mendidik sekaligus melatih menggunakan sistem maupun metode pembelajaran secara ketat. Hal ini mencakup mengenai ilmu pemahaman aspek pengetahuan maupun kecakapan. PIP disesuaikan pada ketentuan yang telah diatur di dalam konvensi internasional IMO tahun 1978.

Selain itu para peserta didik juga dilakukan pembinaan secara moral, mental dan kesamaptaan jasmani yang terpadu. Baik itu melalui kegiatan ekstra, kurikuler, maupun melalui kurikuler. Untuk pengakuan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. PIP menjadi tempat pendidikan sekaligus kompetensi lulusannya yang berkualitas. Bahkan hal ini pun telah dikonfirmasi dengan adanya penerbitan sertifikat akreditasi.

PIP Semarang telah memfasilitasi kunjungan bagi taruna maupun taruni Akademi Angkatan Laut dengan beberapa fasilitas yang memadai seperti auditorium, Balai Mas Pardi, Gedung Serbaguna, maupun fasilitas yang lainnya. Dengan fasilitas tersebut maka diharapkan para peserta didik dapat menggunakan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin.

stocksnap.io

Cara Daftar PIP

Langkah-langkah melakukan pendaftaran PIP Semarang sangatlah mudah dilakukan. Akan tetapi Anda disarankan untuk memperhatikan beberapa hal. Tujuannya yaitu supaya proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik dan Anda bisa lolos dari tahap pendaftaran tersebut. berikut ini cara daftar PIP Semarang:

  • Pendaftar diwajibkan untuk melakukan registrasi atau login terlebih dahulu melalui //sipencatar.dephub.go.id.
  • Selanjutnya pendaftar harus melengkapi data pribadi di bagian formulir yang sudah disediakan.
  • Apabila sudah mendapatkan notifikasi yang dikirimkan melalui email maka pendaftar diharuskan untuk melakukan pembayaran.
  • Apabila pembayaran sudah dilakukan maka dapat mengupload bukti dari pembayaran tersebut.
  • Dokumen yang harus diupload dalam bentuk softcopy hal ini terdiri dari:
  • Akte kelahiran
  • Pas foto terbaru dengan latar belakang merah ukuran 4 x 6
  • KK dan KTP
  • Surat Keterangan Lulus dari pejabat berwenang atau kepala sekolah
  • Surat keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan mengenai kompetensi keahlian atau program keahlian dari lulusan SMA sesuai pada konversi spektrum keahlian pendidikan.
  • Keterangan belum menikah dan ditandatangani lurah atau kepala desa sesuai dengan domisili asli.
  • Warga negara Indonesia
  • Sudah berusia 16 tahun dan maksimal berusia 23 tahun untuk program D3 minimal 18 tahun dan untuk D4 minimal 17 tahun.
  • Untuk pria mempunyai tinggi badan minimal 160 dan wanita mempunyai tinggi badan 155.
  • Mempunyai kondisi badan yang sehat, terbebas dari HIV, AIDS, narkoba maupun tidak mempunyai cacat fisik atau mental.

PIP Semarang telah  mengemban tugas secara khusus dalam melatih sekaligus mendidik para pemuda pemudi lulusan dari sekolah lanjutan tingkat atas atau SLTA yang bergerak pada bidang kepelabuhan atau pelayaran. Hal ini bisa dilakukan supaya menjadi perwira pelayaran besar maupun tenaga ahli angkutan laut atau ke pelabuhan. Sebaiknya Anda mengikuti bimbel PIP supaya dapat memenuhi kebutuhan armada untuk Angkatan Laut nasional atau internasional.

Sejarah PIP
Scroll to top