Udang lobster merupakan salah satu kekayaan laut Indonesia yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Udang ini mempunyai daging yang tebal,empuk dan gurih banyak disukai masyarakat.

Perairan Indonesia sendiri banyak yang menghasilkan udang lobster. Namun memang ada beberapa daerah yang terkenal dengan hasil lobsternya yang besar dan memiliki rasa yang enak :

1. Aceh

Tepatnya di Pulo Aceh,Kabupaten Basar disini orang Aceh membudidayakan lobster sebagai mata pencaharian mereka. Budidaya lobster yang ada disini terdiri dari berbagai macam jenis antara lain lobster mutiara,lobster pasir serta lobster bambu. Ukuran lobster ini pun bervariasi. Itu semua tergantung dari jenisnya. Beratnya berkisar 100 gram – 200 gram. Lobster ini dipasaran dijual dengan harga 25-30 ribu rupiah per satuannya.

2. Cilacap

Daerah selanjutnya penghasil lobster di Jawa Tengah adalah Cilacap. Tak salah memang,karena letaknya yabg berada di pesisir perairan Indonesia. Harga lobster disini sangat bervariasi. Apalagi jika lobster dijual dalam keadaan hidup akan mencapai Rp 350 ribu perkilonya,ini jauh lebih tinggi jika lobster dijual dalam kondisi yang sudah mati harganya hanya 100-150 ribu per kilo.

Kebanyakan lobster disini mempunyai kualitas bagus dan harga yang relatif murah,itulah sebabnya banyak orang membelilobster ke cilacap. Sebaiknya belilah lobster di Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ). Karena disini para nelayan yang baru kembali kelaut akan menggelar dagangannya,sehingga hasil laut yang dijual termasuk lobster masih dalam keadaan segar. Selain menghasilkan lobster, Cilacap juga juga penghasil udang lain seperti udang jerbung,udang dogol serta udang tiger yang mempunyai ukuran besar.

3. Gresik

Gresik juga merupakan penghasil lobster di Indonesia. Kebanyakan mereka membudidayakan lobster menggunakan keramba di bibir pantai yang ada di laut Bawen. Lobster disini ukurannya besar,bahkan bisa mencapai 1 kg per ekornya. Harganyapun lumayan mahal berkisar antara 300 ribuan perkilonya. Nelayan disini rata-rata menghasil kan lobster sebanyak 10 buah perhari. Mereka biasanya menjual di pasar tradisional dan untuk di keperluan ekspor ke Hongkong, Taiwan dan Singapura. Budidaya lobster disini kebanyakan lobster mutiara dan lobster bambu.

4. Lombok Tengah

Daerah teluk Awang yang berada di Lombok Tengah merupakan daerah penghasil lobster terbesar di Indonesia. Tak heran jika nelayan lebih menyukai menangkap lobster daripada ikan. Dalam sehari nelayan bisa mendapatkan lobster ratusan hingga ribuan lobster. Ditambah lagi lobster yang ada diperairan ini tergolong premium. Karena kualitasnya yang bagus tak salah jika lobster disini dihargai dengan harga yang tinggi yaitu 500 ribu per kilonya.

5. Yogyakarta

Lokasi tempat penghasil lobster berada di pantai drini,pantai Nampu dan pantai Timang. Kebanyakan pantai tersebut berada di daerah gunung kidul Jogjakarta. Tempat persembunyian lobster yang ada di Jogja berada di tempat yang ekstrim dan berbahaya. Dalam sehari mereka mendapatkan lobster rata-rata 3 kilogram. Harga jualnyapun beragam mulai dari 250-300 ribu perkilo.

 

 

 

Daerah Penghasil Udang Lobster Terbesar di Indonesia
Scroll to top