Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tahun ini kembali membuka pendaftaran untuk bersekolah kedinasaan bagi seluruh pelajar lulusan SMA dan juga PNS yang ingin berkarir di Lembaga BMKG. Peluang berkarir di BMKG terbuka lebar bagi kamu yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tersebut. Disana kamu akan mendapatkan banyak materi pembelajaran terkait dengan bidang tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja yang menjadi syarat dan kriteria untuk dapat diterima di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Berikut ini adalah syarat-syarat dan ketentuan untuk dapat mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Persyaratan Umum Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

  1. Peserta yang mendaftar untuk seleksi masuk di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah warga negara Indonesia dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.
  2. Calon taruna atau taruni memiliki kesehatan yang prima baik secara fisik atau jasmani maupun secara mental maupun rohani.
  3. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tidak buta warna.
  4. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika boleh orang yang menggunakan kacamata dengan maksimal minus adalah -2, spheris dan bukan silinder.
  5. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah berusia paling minimal adalah 17 tahun dan tidak boleh kurang dari usia minimal tersebut. Sedangkan usia maksimal yang diperkenankan untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah 21 tahun dan usia diatas 21 tahun tidak diperkenankan mendaftar seleksi tersebut.
  6. Peserta belum pernah menikah, baik itu nikah siri atau nikah adat dan semacamnya. Serta peserta menyanggupi kesediaan untuk tidak menikah sebelum dirinya lulus dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tersebut.
  7. Peserta yang mendaftar Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika harus terbebas dari penyalahgunaan narkoba dengan dibuktikan surat keterangan dari rumah sakit pemerintahan setempat setelah melakukan tes kesehatan.
  8. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan lembaga atau instansi manapun.
  9. Untuk pendaftar laki-laki, tinggi badan yang disyaratkan adalah minimal 163 dan untuk pendaftar perempuan adalah minimal memiliki tinggi badan 155 cm. Serta peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memiliki bobot atau berat badan yang ideal.
  10. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika harus menyatakan kesediaan untuk menjalankan dinas dan ditempatkan di kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di seluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia.

Persyaratan Akademik Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

  1. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah siswa atau siswi lulusan Sma, Madrasah Aliyah serta Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.
  2. Adapun untuk siswa atau siswi lulusan SMK, tidak semua jurusan bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Hanya ada beberapa jurusan keahlian yang diperkenankan untuk mendaftar di sekolah ini yang antara lain adalah Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Industri, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Jaringan Akses, Teknik Komputer dan Jaringan , serta Rekayasa Perangkat Lunak.
  3. Peserta pendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memiliki nilai untuk beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris dengan batas minimal nilai adalah 70 untuk skala penilaian yang digunakan 10 sampai dengan 100.
  4. Untuk pendaftar yang lulus pada tahun terkait, yaitu 2020, maka pendaftar tersebut harus menyerahkan nilai akhir yang ada di laporan hasil belajar mulai dari kelas satu sampai dengan kelas tiga di semester pertama atau gasal.

Cara Mendaftar Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Setelah dirasa kamu memenuhi syarat dan kualifikasi yang ditentukan tersebut, berikutnya kamu sudah bisa langsung melakukan pendaftaran atau registrasi secara online. Pendaftaran tersebut bisa kamu lakukan di laman website resmi dari Panitia Seleksi Nasional Pendidikan (Panselnas) Kedinasan yaitu https://sscndikdin.bkn.go.id.

Jika kamu sudah melakukan pendaftaran di laman website tersebut, tahapan selanjutnya adalah kamu mengisi formulir untuk melengkapi persyaratan administrasi di laman website https://ptb.stmkg.ac.id. Untuk dapat mengakses situs web tersebut, terlebih dahulu kamu harus memiliki username dan kata sandi yang kamu dapatkan di saat registrasi awal tadi.

Nanti setelah kamu selesai melakukan pengisian formulir, kamu akan mendapatkan email yang berisi tentang tata cara pembayaran seleksi di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Adapun untuk besaran biaya yang harus kamu bayarkan adalah sebesar 75 ribu rupiah untuk pendaftaran dan biaya sebesar 50 ribu rupiah untuk seleksi atau tes masuk di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Jika kamu sudah melakukan pembayaran, kamu bisa login kembali di situs resmi tersebut dan kemudian kamu mencetak kartu sebagai bukti ketika kamu akan melaksanakan tes seleksi masuk di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Agar kalian dapat lolos tes seleksi masuk di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, kami sarankan mulai sekarang kamu harus mencari bimbel stmkg terbaik. Agar bisa mengajarkan cara lolos seleksi masuk Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan mudah.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Sekian dan terima kasih.

 

Cara Mendaftar Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Scroll to top