Dapur bisa dikatakan sebagai salah satu ruangan yang penuh dengan kesibukan setiap hari khususnya bagi para ibu yang menghabiskan sebagian besar harinya di dapur untuk memasak. Untuk memudahkan saat memasak maka semua peralatan dapur dialokasikan ke tempat penyimpanan yang memadai. Rak piring menjadi pilihan tepat untuk membantu para ibu dalam menata peralatan dapur. Berikut beberapa model rak stainless dapur yang kekinian.

Table of Contents

Model Rak Piring Yang Unik

  1. Rak Piring Cantik Dengan Penampung Air

Saat meniriskan air setelah mencuci, tentunya anda ingin menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi akibat butiran air yang bertebaran di lantai dapur. Model rak satu ini mungkin merupakan jenis rak piring klasik, namun desainnya yang sederhana ini praktis dengan nampan khusus untuk menampung air. Desain yang unik ini tergolong sangat efisien dan tidak minimalis namun memiliki nilai ergonomis yang tinggi.

Terdapat jalur kecil di mana air yang tertampung akan mengalir ke bak wastafel cuci piring pada salah satu sisi nampan. Rak piring ini memiliki fungsi ganda yang dapat menampung alat dapur lainnya seperti gelas dan peralatan makan. Ide sederhana tapi tentu membantu ibu pintar untuk efisiensi ruang dalam dapur. Model rak stainless dapur satu ini bisa menjadi inspirasi anda untuk memperindah dapur di rumah.

  1. Rak piring Gantung Dengan Desain Simple

Rak piring dengan model gantung ini bisa menjadi salah satu andalan ketika rumah yang anda miliki tidak terlalu besar. Rak piring satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan desain yang sederhana sehingga rak satu ini sangat direkomendasikan untuk anda yang memiliki ukuran rumah minimalis. Selain memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, rak piring ini juga tidak memakan banyak space karena posisinya yang digantung di dinding.

Sebenarnya, untuk mementingkan kebutuhan penyimpanan lain anda bisa menggunakan rak lain. Tentunya, rak yang digantung ini hanya akan memberikan anda ruang untuk menaruh barang inti saja. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan rak stainless satu ini, jangan lupa untuk memikirkan warna dari tempat rak piring yang akan digunakan agar memiliki hasil sempurna.

  1. Rak Piring Tinggi Untuk Dapur Kecil

Tak hanya memudahkan penirisan air setelah dicuci, desain rak piring ini juga memiliki fungsi tambahan yaitu sebagai tempat gantung alat dapur seperti spatula, teflon, wajan dan alat dapur lainnya yang bisa digantung. Memanfaatkan ruang vertikal, furnitur penyimpanan alat dapur dapat diminimalisir sehingga dapur kecil pun terasa lebih lega dan nampak luas.

  1. Rak Piring Model Lingkaran

Saat ini rak model segiempat dapat dibilang sudah terlalu mainstream hingga mungkin tak pernah terpikir bahwa rak piring dapat juga berbentuk lain. Hal inilah yang membuat rak piring model lingkaran ini unik menjadi inovasi baru. Meski hanya terdiri dari besi-besi penyangga untuk piring, rak piring model lingkaran dapat mempermudah para ibu mengambil piring atau alat dapur lain yang diperlukan karena desainnya yang dapat diputar.

Desain dari rak satu ini sangat simple dan ergonomis karena tak hanya bisa untuk meletakkan piring tetapi juga terdapat tempat sendok dan garpu. Dikarenakan memiliki desain yang minimalis dan fleksibel membuat rak ini dapat ditempatkan di atas meja makan untuk mempermudah persiapan makan sehari-hari. Model rak stainless dapur satu ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda yang tidak mau ribet.

  1. Rak Piring Stainless Steel

Rak piring yang terbuat dari stainless steel akan membuat dapur anda tampak lebih elegan, mewah dan profesional layaknya dapur-dapur restoran kelas atas. Material metal yang resisten terhadap karat ini menjadi salah satu komponen furniture ideal untuk di dapur yang rentan terhadap kelembaban dan temperatur yang drastis saat sedang memasak.

Memiliki desain yang  modern, rak satu ini terdiri atas beberapa sekat yang bisa digunakan untuk memajang piring, gelas, kain lap, hingga dekorasi mungil lainnya seperti bunga dalam pot kecil dan rumput gantung. Rak model satu ini juga dilengkapi dengan kait-kait untuk menggantung cangkir, gunting, dan alat dapur lainnya, rak piring ini akan menghemat ruang dan juga membantu ibu pintar menata alat dapur sesuai dengan kebutuhan.

  1. Rak Piring Gantung Untuk Ruangan Dapur Yang Luas

Bagi anda yang memiliki ruangan dengan space yang luas maka model rak stainless satu ini bisa menjadi pilihan untuk mempercantik dapur. Rak piring gantung selalu menjadi andalan untuk mendapatkan ruang lebih luas untuk memasak. Rak ini dilengkapi dengan kait-kait yang dapat ditambahkan pada area kitchen set, desain rak piring gantung ini dapat dibesarkan atau dikecilkan sesuai kebutuhan.

Selain terlihat rapi dan unik, rak piring gantung ini dilengkapi sekat yang berbeda ukuran sehingga dapat memajang berbagai bentuk dan ukuran alat dapur yang dimiliki. Posisi yang fleksibel membantu untuk menyimpan hampir semua benda dapur agar meminimalisir keperluan untuk ruang penyimpanan lainnya. Model rak ini sangat sederhana akan tetapi memiliki nilai ergonomis yang tinggi.

  1. Rak Stainless Dengan Dekorasi Dapur Vintage

Model rak stainless dapur dengan tema vintage memang sangat cocok sekali untuk di padukan pada model ruangan seperti apa pun. Sebagai salah satu contoh ketika anda menggunakan gaya modern desain ini sangat cocok untuk digunakan. Apalagi jika di pasangkan dengan rak piring anda. Jangan lupa untuk menggunakan warna yang menjadi bagian penting dari segi vintagenya. Warna putih atau pink sangat cocok untuk dipadukan untuk hasil sempurna.

  1. Rak Stainless Super Minimalis Yang Memanfaatkan Ruang Pada Jendela Dapur

Sering kali beberapa orang merasa bingung untuk mencari ruangan yang cukup ketika meletakan rak piringnya. Sehingga saat ini muncul beberapa inovasi yang bisa dilakukan ketika mencari ruangan untuk rak piring besi. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan sisi pada jendela dapur anda. Dengan menggunakan bagian jendela akan memberikan keunikan tersendiri terutama untuk memikat mata ketika melihatnya.

Sebenarnya, untuk membuat jenis rak piring simple pada jendela seperti ini anda hanya memerlukan rak stainless minimalis berukuran persegi panjang. Anda bisa memesannya pada jasa pembuatan rak agar bisa disesuaikan dengan bentuk jendela dapur.Hal ini dikarenakan jenis rak ini tidak mudah ditemukan ukuran yang benar-benar pas sehingga perlu custom.

Itulah beberapa spice rack ideas untuk dapur yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Semua jenis rak piring diatas memiliki keunikan tersendiri dengan masing-masing fitur yang terdapat didalamnya. Anda bisa memilih model rak untuk dapur sesuai keinginan atau menyesuaikan dengan ukuran ruangan dapur mulai dari konsep minimalis hingga vintage.

Agar Tampak Lebih Mewah, Berikut Model Rak Stainless Dapur Yang Unik
Scroll to top