MPASI atau makanan pendamping asi harus diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Di dalam pemberikan makanan pendamping, kebutuhan nutrisi pada bayi perlu dipertimbangkan dengan seksama. Bahan makanan yang digunakan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Kentang sendiri menjadi bahan makanan paling tepat yang dapat dipilih oleh ibu pada saat pembuatan menu MPASI. Kentang dapat digunakan setiap harinya karena kandungan kalorinya yang tinggi. Bahan makanan ini sangat tepat diberikan kepada bayi yang telah memasuki usia 7 bulan hingga usia 10 bulan. Pada usia tersebut, bayi sudah aktif melakukan pergerakan sehingga dapat mencerna kentang dengan baik.

Kentang dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Selama bayi mengkonsumsi kentang, saluran pencernaan pada bayi dapat terjaga dengan baik. Hal ini dapat terjadi akibat kandungan gula alkali yang dimiliki oleh kentang. Kandungan gula alkali ini dapat membuat kadar asam di dalam tubuh selalu berada dalam keadaan yang seimbang. Hal ini nantinya membuat saluran pencernaan pada bayi selalu berada dlam keadaan yang baik. Kandungan kentang pada menu MPASI juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena infeksi. Antosianin berperan sebagai antivirus sehingga tubuh bayi tidak akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus. Bagi bayi yang mengkonsumsi kentang, bayi tersebut tidak akan mudah terserang penyakit flu.

Kentang memiliki kandungan enzim, vitamin C dan pati. Kandungan nutrisi tersebut dapat membuat kulit bayi terjaga kesehatannya dengan baik. Jika bayi terkena gigitan serangga, bekas gigitan serangan tersebut dapat pula diatasi dengan memanfaatkan kentang. Untuk menghilangkan bekas gigitan serangga, ibu dapat menggosokan kentang pada kulit yang digigit serangga dengan perlahan. Manfaat yang didapatkan bayi melalui kentang dapat terjadi akibat kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya. Kentang merupakan bahan makanan untuk menu MPASI yang mengandung kandungan vitamin C, vitamin A, kalium, folat, fosfor, magnesium, sodium, seng, kalsium dan zat besi. Karena manfaat dan kandungan vitamin pada kentang, ibu sebaiknya menyertakan kentang pada menu MPASI.

 

Manfaat Kentang Bagi Bayi pada Menu MPASI
Scroll to top