Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya malas makan, karena gusi bayi mengalami kebengkakan sehingga bayi merasa sakit dan nafsu makannya berkurang atau lebih sedikit dari biasanya.

Jika bayi kamu mengalami hal ini maka kamu perlu memberikan perhatian yang lebih dan memberi makanan yang dia suka, dan makanan yang tepat untuk pertumbuhan giginya.

Mari simak artikel berikut tentang beberapa makanan untuk bayi tumbuh gigi lebih cepat.

Makanan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi

Makanan halus

Jika bayi kamu malas makan maka makanan yang dihaluskan dapat menjadi alternative karena bayi jadi lebih mudah menelan makanannya. Makanan halus ini misalnya adalah bubur.

Bubur yang disajikan kepada bayi bisa dibuat dari sayur sayuran atau buah buahan yang cocok untuk dimakan dalam keadaan dingin.

Makanan dingin

Makanan dingin dapat meredakan nyeri yang dialami oleh bayi, karena seringnya ketika sakit gigi yang dirasakan adalah nyeri pada gusi bayi. Alternatifnya ayah ibu dapat memberikan wortel atau timun mentah.

Wortel atau timun ini disimpan di dalam lemari es dan dipotong potong agak besar agar bayi dapat memegangnya sendiri, hal ini untuk melatihnya mengunyah dan makan sendiri.

Yogurt juga bisa diberikan kepada bayi. Yogurt sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan yogurt yang dingin dapat meredakan nyeri yang dialami oleh bayi.

Biscuit bayi juga dapat diberikan untuk membantunya berlatih mengunyah makanan, akan tetapi ayah ibu harus memilih biscuit bayi yang rendah kadar gulanya, karena banyaknya kadar gula yang dimakan oleh bayi dapat mempengaruhi atau menghambat pertumbuhan gigi pada bayi.

Menggunakan sendok plastic

Sendok plastic digunakan karena bayi akan lebih sering mengunyah ngunyah sendoknya jika sedang malas makan. Sendok plastic juga enteng dan bayi dapat menggunakannya dengan mudah ketika belajar makan sendiri.

Karena biasanya bayi akan suka menggigit gigit benda benda ketika dia sudah siap untuk tumbuh gigi. Ketika tidak sedang makan, ayah ibu dapat memberikan mainan yang terbuat dari plastic atau sejenisnya  khusus untuk bayi yang sedang dalam pertumbuhan gigi.

Semoga dapat membantu ya ayah ibu untuk membuat bayi tumbuh gigi lebih cepat.

 

Makanan Untuk Bayi tumbuh gigi
Scroll to top