Ada yang tahu dengan mangga kiojay? Iya, mangga yang dikembangkan oleh negara Thailand ini mempunyai ukuran yang jumbo serta rasanya yang sangat manis. Kondisi alam Thailand yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia sendiri membuat mangga jenis ini bisa tumbuh subur di tanah air. Maka tidak heran jika pembudidayaan mangga kiojay bisa dijumpai di Indonesia. Bagi yang ingin mencoba budidaya mangga kiojay, berikut ini adalah cara lengkap yang bisa kamu lakukan.

  1. Pemilihan Bibit

Bagi kamu yang ingin budidaya mangga kiojay, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit. Bibit yang bagus ditandai dengan bibit yang terlihat segar dan sehat. Selain itu dalam pemilihan bibit sendiri pastikan tingginya sudah berukuran 50 sampai 70 cm. Hal tersebut dikarenakan bibit yang mempunyai tinggi tersebut sudah mempunyai akar yang kuat.

  1. Siapkan Lahan

Jika bibit sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Lahan yang bagus untuk menanam pohon mangga kiojay adalah lahan yang tercukupi sinar matahari. Selain itu lahan yang harus disiapkan pun tidak terdapat rumput liar serta gulma yang bisa menjadi inang bagi pohon mangga itu sendiri.

Jika syarat tersebut sudah dipenuhi, maka gemburkan tanah dengan cangkul lalu buat lubang dengan ukuran 60x60x60 cm. Jika lubang sudah dibuat, maka campuran tanah bekas galian dengan 2 kg pupuk kandang serta sekam, lalu tunggu sampai 3 sampai 4 hari.

  1. Penanaman

Setelah lubang galian dibiarkan selama 3 atau 4 hari, maka penanaman pun bisa langsung dilakukan. Untuk menanam bibit mangga kiojay sendiri alangkah lebih baiknya jika ditanam saat menjelang musim hujan atau bisa juga saat cuaca masih panas untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Lepaskanlah bibit dari polybag lalu simpan pada lubang yang sudah disiapkan. Pastikan menyimpan bibit sendiri tepat berada di tengah-tengah dan tidak miring. Setelah itu timbun bibit dengan tanah galian, sekam serta pupuk. Jangan lupa untuk menambahkan ajir agar batang pohon bisa tumbuh dengan kuat.

  1. Perawatan

Setelah penanaman dilakukan, langka terakhir adalah perawatan. Untuk merawat bibit mangga kiojay sendiri bisa dilakukan dengan menyiram serta memberikan pupuk secara rutin sampai pohon berbuah. Apabila pohon sudah berbuah maka jangan lupa untuk melakukan penyiangan serta pemangkasan.

 

Cara Budidaya Mangga Kiojay Yang Baik dan Benar
Scroll to top