Banyak Diburu Warga, Yuk Intip Keseruan Mengunjungi Bendungan Ceuri Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya wisata lama, bahkan di kota ini juga terdapat objek wisata baru yang selalu diburu oleh warga. Objek wisata yang baru dibuka tersebut adalah Bendungan Ceuri yang memiliki pesona wisata tersendiri. Yuk intip keseruan berkunjung ke Bendungan Ceuri Tasikmalaya untuk mengisi akhir pekan.

Table of Contents

Mengintip Keseruan Mengunjungi Bendungan Ceuri

Salah satu objek wisata baru yang juga diburu oleh masyarakat adalah Bendungan Ceuri. Mulanya bendungan ini hanya bendungan biasa, namun kini tempat tersebut telah disulap menjadi destinasi wisata bagi masyarakat setempat. Banyak sekali pengunjung yang datang e bendungan tersebut sekedar untuk bersantai atau melakukan aktivitas seru. Bendungan ini bukan bendungan biasa, namun memiliki pesona alam yang luar biasa.

Anda akan melihat bendungan tingkat yang dialiri oleh alir yang mengalir cukup deras. Bendungan tingkat ini berbeda dengan bendungan biasanya, pasalnya jika dilihat lebih jelas akan terlihat seperti air terjun. Apalagi di bagian bawah bendungan juga terdapat bebatuan berukuran sedang hingga besar yang menambah keindahannya. Tak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan bendungan tersebut sebagai spot foto yang instagramable.

Tak hanya bendungan yang berbeda, anda juga akan melihat pemandangan alam di bagian atasnya. Hal ini adalah daya tarik tersendiri untuk sebuah bendungan yang menjadi objek wisata baru bagi masyarakat setempat. Hamparan adang dengan pohon pohon yang menjulang tinggi tersebut semakin menambah suasana yang sangat asri ketika berkunjung ke bendungan tersebut.

Gemercik air yang sangat tenang akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih rileks. Selain pemandangan alam yang sangat memukau bendungan ini juga memiliki spot foto yang sangat menarik dan instagramable. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin berkunjung ke bendungan tersebut. Meskipun berada di tempat yang terpencil namun bendungan selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

Pasalnya bendungan ini menawarkan pesona alam yang luar biasa dibandingkan dengan bendungan lainnya. Anda bisa melakukan banyak kegiatan di area bendungan tersebut. Karena dikelilingi oleh ladang hijau yang sangat luas, anda bisa berkeliling di area tersebut. Tak sedikit warga yang menjadikan bendungan sebagai tempat yang tepat untuk bersepeda di sore ataupun pagi hari.

Wisata baru di Tasikmalaya ini memang sangat mencuri perhatian warga lokal. Karena memiliki area yang cukup luas, anda bisa melakukan banyak aktivitas di area tersebut. Misalnya gowes, jogging  atau sekedar jalan jalan menikmati pemandangan area bendungan yang indah. Pengunjung yang datang mengaku senang dengan adanya bendungan tersebut. Pasalnya bisa dijadikan tempat untuk melepas penat akan rutinitas yang dilakukan.

Menurut Pendapat Pengunjung Tentang Bendungan Ceuri

Bendungan yang terletak di Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya ini setiap harinya selalu didatangi oleh warga lokal setempat. Meskipun berada di desa yang terpencil, namun banyak muda mudi yang datang ke waduk tersebut. Salah satunya adalah pengakuan Muhlis yang berusia 20 tahun. Ia mengaku penasaran dengan pesona yang dimiliki oleh Bendungan Ceuri tersebut.

Sebelumnya Muhlis mengaku sudah mengetahui jika Bendungan Ceuri Tasikmalaya tersebut dibuka untuk objek wisata. Informasi tersebut ia dapatkan dari teman dekat dan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Banyak sekali teman teman dekatnya yang mengunggah foto di bendungan tersebut sehingga membuat Muhlis penasaran. Hingga akhirnya ia pun menyempatkan untuk datang berkunjung ke bendungan tersebut.

Masih menurut Muhlis, bendungan ini sangat cocok untuk pasangan muda mudi atau keluarga yang ingin menghabiskan waktu berlibur. Pasalnya ada banyak sekali spot foto yang menarik di area bendungan tersebut. Misalnya saja pemandangan curug atau air terjun dengan pemandangan yang indah, taman yang cocok untuk selfie atau alur jalan yang sangat asik untuk bersepeda atau sekedar jogging.

Ia juga mengajak teman temannya untuk berkunjung ke bendungan ini, karena memiliki spot foto yang menarik. Selain itu wisata ini terbilang sangat ramah di kantong dan tidak akan menguras kocek anda. Pasalnya harga tiket masuknya hanya dibayarkan seikhlasnya saja. Hal ini karena bendungan ini masih terbilang baru dan belu dikelola secara matang. Meskipun demikian ada banyak sekali spot foto yang menarik dan cocok untuk berfoto selfie.

Karena terbilang masih baru, anda tidak akan menjumpai sampah berserakan di area bendungan tersebut. Apalagi di air di bendungan masih terbilang sangat bersih dan belum tercemar. Apabila anda berkunjung ke bendungan ini, maka anda akan merasakan kesejukan yang luar biasa ditambah angina yang berhembus perlahan lahan. Anda bisa duduk sambil menikmati pemandangan yang ada.

Bendungan Ceuri Tidak Dikelola Oleh Karang Taruna Setempat

Salah seorang pedagang kaki lima bernama Rudi menjelaskan bawah bendungan tersebut dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Kab. Tasikmalaya. Menurutnya kawasan tersebut dibuka sebagai tempat wisata karena memiliki potensi yang bagus. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang setelah bendungan tersebut dibuka. Ditambah area wisata memiliki penambahan fasilitas fasilitas baru. Sehingga membuat pengunjung betah berlama lama di area bendungan.

Namun menurut Karang Taruna Desa Jayaratu, Agus Taryono mengatakan bahwa sampai saat ini pihak karang taruna tidak sedikitpun dilibatkan dalam pengelolaan wisata baru tersebut. Ia mengaku tidak mengetahui kelanjutan dari bendungan yang tak jauh dari lokasi desanya tersebut. Meskipun demikian ia bersama dengan karang taruna lainnya akan mengupayakan agar pengelolaan destinasi wisata tersebut melibatkan karang taruna setempat.

Menurutnya di daerah Bendungan Ceuri tersebut banyak muda mudi yang jauh lebih berbakat untuk mengembangkan wisata tersebut. Oleh karenanya Agus akan mengupayakan jika mudah mudi karang taruna ikut mengambil peran dalam pembuatan objek wisata tersebut. Masih menurut Agus, dengan melibatkan warga setempat untuk mengelola bendungan Ceuri Tasikmalaya maka akan mengurangi angka pengangguran yang ada di wilayah tersebut.

Menjadi salah satu wisata murah dengan pesona yang luar biasa, menjadikan bendungan Ceuri ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, bendungan ini juga menyediakan beragam fasilitas yang menarik. Anda juga akan menemukan banyak sekali pedagang yang ada di sekitar bendungan. Sehingga anda bisa bersantai sambil menyantap jajan yang sudah anda beli.

Scroll to top