Bandung sering dikenal dengan sebutan Paris Van Java. Selain terkenal karena keindahannya, kota ini juga memiliki segudang universitas ternama yang banyak diminati oleh warga lokal maupun internasional. Bagi para pelajar atau mahasiswa, tidak perlu merasa khawatir akan kesulitan mencari buku pelajaran yang diinginkan. Karena, toko buku dapat dengan mudah kalian temukan di pinggir jalan raya. Bahkan, ada salah satu pasar yang di dalamnya terdiri dari deretan kios buku yang menyediakan berbagai macam buku, mulai dari buku terbitan baru hingga buku bekas.

Cuaca yang dimiliki kota kembang ini pun cukup sejuk walaupun di tengah teriknya matahari. Oleh sebab itu, wisatawan atau pelajar asing tidak terlalu sulit beradaptasi di lingkungan kota Bandung. Universitas di Bandung cukup menjadi sorotan berbagai macam kalangan. Hal ini dikarenakan, para mahasiswa serta alumni kampus yang sukses membawa nama almamaternya sampai ke mancanegara. Bahkan, salah satu presiden di Indonesia sebelumnya pernah menjadi mahasiswa di universitas ternama yang ada di kota Bandung.

Definisi Universitas dan Jenisnya

Pixabay.com

Universitas  adalah sebuah perguruan tinggi atau institusi yang memberikan gelar akademik sesuai dengan bidang studi yang diminati. Disiplin ilmu yang dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan, nantinya dapat menjadi bekal di masa depan setelah mendapatkan gelar dari universitas. Namun, tidak jarang ditemukan para lulusannya memilih terjun ke bidang yang sangat berlawanan dengan ilmu yang didapatkan selama melewati masa kuliah. Banyak faktor yang mendasari hal tersebut. Salah satunya yaitu ingin mempelajari hal baru lainnya karena merasa bosan dengan apa yang telah dipahami.

Perguruan tinggi atau universitas, pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis tersebut dikenal dengan istilah universitas terbuka, universitas negeri, dan universitas swasta. Universitas terbuka merupakan universitas yang memiliki persyaratan paling mudah karena siapa pun dapat berkuliah dengan syarat memiliki ijazah SMA atau sederajat. Mahasiswanya tidak dibatasi usia, tidak perlu mengikuti ujian masuk, tidak memiliki jam belajar yang tetap serta tidak ada batasan waktu belajar.

Selanjutnya, universitas negeri yang berarti bahwa institusi tersebut berada dibawah naungan pemerintah nasional atau daerah. Dana yang diperoleh pun berasal dari pemerintahan Indonesia. Secara garis besar, peraturan yang diterapkan dalam universitas harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat. Adanya batasan usia dan batas masa studi, menjadikan tidak semua kalangan masyarakat dapat menjadi salah satu bagian dari mahasiswa di universitas negeri. Berbeda dengan universitas swasta. Universitas ini bergerak secara mandiri tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Oleh sebab itu, biasanya para mahasiswa dikenakan biaya yang sangat mahal saat masuk kedalam universitas. Biaya pendaftaran dengan biaya gedung dikenakan secara terpisah kepada setiap mahasiswanya. Biaya yang telah dikeluarkan di awal, belum termasuk kedalam biaya tambahan saat mengikuti praktek atau mengambil mata kuliah tertentu.

Daftar Universitas Terpopuler di Bandung

Pixabay.com
  1. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Siapa pun yang pernah menjadi salah satu mahasiswa di kampus ITB, pasti merasa bangga. Karena lulusan dari kampus tersebut terkenal dengan keunggulannya. ITB merupakan perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 2 Maret tahun 1959. Kampus ini terletak di daerah pegunungan yang memiliki luas universitas sebanyak 770.000 meter persegi lengkap dengan area hijaunya.

ITB juga pernah berhasil menduduki posisi 500 universitas terbaik di dunia. Sehingga, wajar jika setiap calon mahasiswa yang berminat mengikuti tes masuk ITB, biasanya terkenal dengan tingkat kecerdasannya yang diatas rata-rata. Tidak heran jika kalian menemukan banyak sekali pelajar asing yang terlihat mondar-mandir di area kampus tersebut.

  1. UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Sebelumnya, universitas ini dikenal dengan sebutan IKIP atau Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan. Kemudian, sejak awal tahun 2000, akhirnya berganti nama menjadi UPI. Universitas ini menjadi salah satu universitas di Bandung yang terkenal dalam menghasilkan calon pengajar berkualitas. Guru adalah salah satu profesi yang harus tetap ada di seluruh negara termasuk di Indonesia. Jurusan yang paling banyak diminati di dalam universitas ini, yaitu sastra inggris dan MIPA UPI. Selain itu juga ada fakultas pendidikan olahraga yang telah terbukti mendapatkan prestasi sebagai pengajar dalam lingkup nasional.

  1. UNPAD (Universitas Padjajaran)

Universitas paling bergengsi yang ada di kota kembang Bandung adalah UNPAD. Setiap warga Bandung pasti mengetahui keberadaan universitas satu ini. UNPAD memiliki berbagai macam fakultas seperti kedokteran, hubungan internasional, FIKOM, serta psikologi yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Kampus UNPAD terbagi menjadi dua tempat yaitu Jatinangor dan Dipati Ukur. Fakultas MIPA, kedokteran, serta beberapa fakultas sosial berlokasi di Jatinangor. Sedangkan kampus yang terletak di Dipati Ukur dikhususkan untuk fakultas sosial. Meskipun jarak kedua kampus tersebut cukup berjauhan, tidak mengurangi kondisi kampus yang didesain kondusif untuk para mahasiswanya. Dan masih masuk jajaran peringkat universitas terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Telkom Bandung

Universitas swasta Telkom Bandung terkenal dengan berbagai macam keunggulan serta fasilitas yang memadai. Mulai dari segi bangunan, laboratorium hingga sistem pembelajaran yang didukung langsung oleh para pengajar yang kompeten, membuat kampus ini semakin dikenal di area Bandung. Model bangunan kampus yang unik, pemandangan yang sangat indah, membuat siapa pun yang dapat memasuki area kampus betah untuk berlama-lama di dalamnya. Pihak kampus juga menyediakan bangunan asrama bagi para mahasiswa baru.

  1. UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia)

UNIKOM mulai terkenal setelah berhasil menjuarai kontes robot tingkat internasional di tahun 2013.  Terlebih, fasilitas serta segala akses yang berkaitan dengan sistem pembelajaran dapat disampaikan melalui online. Kecanggihan teknologi yang dimiliki kampus UNIKOM memang tidak dapat dinilai rendah. Karena, kampus ini memiliki mata kuliah software dan hardware pertama di Indonesia yang termasuk kedalam mata kuliah wajib bagi para mahasiswa yang duduk di bangku kuliah UNIKOM.

Itulah beberapa daftar universitas di Bandung. Bagi para calon mahasiswa, jangan lupa untuk mengunjungi situs https://edutore.com/ untuk mendapatkan begaram informasi terkait cara lolos tes masuk universitas. Pasalnya, masuk universitas ternama bukan hal yang mudah. Perlu persiapan agar bisa bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lainnya.

Universitas Terpopuler di Bandung
Scroll to top