Bagi Anda yang ingin membawa makanan saat bepergian tetapi tidak mau ribet, disarankan untuk membawa serundeng kelapa. Makanan ini selain mudah dibawa kemana-mana juga tidak mudah basi. Selain itu, sangat cocok dimakan dengan nasi putih atau taburan lauk. Bagaimana cara membuat serundeng kelapa? Supaya lebih lengkap, simak uraian di bawah ini.

Informasi Mengenai Serundeng Kelapa

Sama seperti namanya serundeng terbuat dari bahan dasar kelapa yang diparut. Bisa dibilang serundeng merupakan makanan khas dari Indonesia. Biasanya makanan ini dimakan langsung dengan nasi maupun dijadikan sebagai lauk pauk. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu kelapa diparut, disangrai dan dibumbui dengan rempah-rempah.

3 Cara Membuat Serundeng Kalapa

  1. Langkah Pertama

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti kelapa parut, daun salam 2 lembar, dan sereh geprek 1 batang. Siapkan juga daun jeruk 3 lembar, lengkuas geprek, garam, gula, kaldu bubuk dan minyak goreng secukupnya. Sedangkan bahan untuk bumbu berupa 5 buah bawang merah, 3 siung bawang putih dan ketumbar bubuk 1 sendok makan.

  1. Langkah Kedua

Masukkan kelapa parut kedalam wajan kemudian sangrai. Tumis bumbu yang telah dihaluskan lalu masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh. Setelah itu masukkan semua bahan sambil terus diaduk agar bumbu tercampur rata. Serundeng kelapa telah matang apabila warna sudah mulai kecokelatan/keemas-an, kering dan harum.

  1. Langkah Ketiga

Masukkan ke dalam wadah. Namun, sebelum dimasukkan ke wadah penyimpanan, serundeng yang baru matang biarkan dingin terlebih dahulu. Proses pendinginan-nya tidak terlalu lama, hanya membutuhkan beberapa menit saja.

 

3 Cara Membuat Serundeng Kelapa
Scroll to top