Berkendara motor saat musim hujan sangat berbahaya, terlebih jika melewati jalan yang berlubang dan tertutup air. Kondisi ini bisa berakibat fatal jika Anda tidak berhati-hati. Hal paling buruk yang bisa terjadi adalah kecelakaan.

Ada beberapa tips aman berkendara motor saat hujan. Beberapa tips tersebut harus Anda perhatikan supaya terhindar dari kecelakaan. Apa sajakah itu? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Bahaya Berkendara Motor Saat Hujan

Saat musim hujan tiba, masyarakat harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Maka dari itu, diharuskan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kondisi tersebut terjadi, terutama saat berkendara motor.

Memasuki musim hujan pengendara motor harus meningkatkan konsentrasi. Kenapa demikian? Karena kondisi jalan menjadi licin dan potensi bahaya bisa muncul dari mana saja.  Bisa dipastikan jika tidak konsentrasi bisa menimbulkan kecelakaan. Supaya biasa lebih aman , Anda bisa download kawasaki vulcan manual.

Bahaya lain berkendara saat hujan adalah tertimpa benda-benda atau pohon tumbang. Hal ini bisa saja terjadi jika hujan turun dengan lebat dan disertai dengan angin kencang. Oleh karena itu, pengemudi harus selalu sigap dan gesit memposisikan kendaraan di tengah jalan supaya tidak berada di bawah pohon besar.

6 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

  1. Memeriksa Lampu Motor dan Komponen Penting Lainnya

Lampu pada motor merupakan komponen penting ketika berkendara di jalan raya.  Lampu dapat membantu jarak pandang yang terbatas ketika terjadi hujan atau kabut. Keberadaannya juga akan membuat kendaraan lain menjaga jarak aman agar tidak bertabrakan. Mengingat fungsinya yang begitu penting jangan lupa untuk memastikannya untuk selalu menyala dan berfungsi dengan normal sebelum motor digunakan.

Selain lampu, pengendara juga wajib memeriksa beberapa komponen penting lainnya seperti kopling, pedal rem dan pedal gas. Hal ini sangat penting agar laju kendaraan berjalan semestinya dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara motor itu sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

  1. Memeriksa Tekanan Udara Ban

Pastikan sebelum mengaspal, tekanan udara dan kondisi permukaan ban dalam keadaan baik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kendaraan melayang ketika menerjang genangan air maupun tergelincir pada saat berkendara pada saat hujan.

Pemilik kendaraan bermotor sebaiknya memberikan perawatan ekstra ketika musim hujan agar kondisi motor selalu baik dan mengantisipasi berbagai kendala yang diakibatkan oleh hujan.

  1. Menggunakan Alas Kaki Anti Slip dan Jas Hujan

Rider atau pengendara harus menggunakan alas kaki yang memiliki gerigi anti slip. Fitur ini berguna untuk menghindari pengendara terpeleset ketika berkendara. Pastikan juga alas kaki terbuat dari bahan yang tahan air sehingga selalu nyaman digunakan.

Selain alas kaki, pengendara juga harus menggunakan jas hujan, disarankan menggunakan jas hujan berbentuk jaket dan celana. Hindari bentuk ponco karena kurang aman dipakai ketika berkendara di jalan raya. Alasan lainnya karena lebih rawan tersangkut di rantai motor sendiri maupun pada kendaraan lain sehingga menimbulkan kecelakaan.

  1. Menjaga Jarak Aman

Ketika naik motor pada kondisi hujan, menjaga jarak dengan kendaraan lain sangat penting. Menjaga jarak dapat mengantisipasi terjadinya tabrakan dari belakang baik akibat dari pengereman mendadak maupun roda kendaraan terselip karena licin.

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain juga membuat kecepatan stabil dan tidak terlalu kencang. Hal ini berguna bagi daya cengkeram roda terhadap aspal menjadi lebih baik karena permukaan ban lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal. Selain itu, juga berguna untuk menghindari kendaraan motor tergelincir karena aspal basah dan licin.

  1. Memperhatikan Marka Jalan

Marka jalan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi pengendara kendaraan terutama kendaraan motor. Marka jalan berguna sebagai pemandu pengendara agar tetap berada pada lajur yang benar sehingga pengendara tetap aman. Keberadaannya dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

  1. Merencanakan Rute

Sebelum bepergian sebainya pengendara sudah mengetahui rute dan medan yang akan dilewati hingga sampai tujuan. Hal ini sangat penting terutama ketika berkendara pada saat musim hujan dan melalui rute yang belum pernah dilewati sebelumnya.

Tersesat pada saat berkendara akan membuat panik dan menurunkan konsentrasi terlebih ketika musim hujan. Seperti yang diketahui berkendara motor saat musim hujan  membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati supaya tidak terjadi kecelakaan.

Nah itulah 6 tips aman berkendara motor saat hujan. Diharapkan tips-tips yang disampaikan di atas bisa membantu pengendara ketika musim hujan tiba. Jangan lupa juga untuk download kawasaki vulcan manual.

6 Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan
Scroll to top