Manggis merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Mulai dari bagian ranting, pohonnya dan juga bagian kulit bisa diolah menjadi obat-obatan. Lalu bagaimana cara mengolah kulit manggis? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Informasi Mengenai Kulit Manggis

Bagian dari manggis yang dikenal memiliki banyak manfaat adalah kulitnya. Biasanya kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit diare, sariawan, infeksi saluran kemih, kanker dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, bisa juga digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

3 Cara Mengolah Kulit Manggis yang Tepat dan Benar

  1. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Teh Herbal

Pertama, bersihkan kulit manggis, pastikan tidak ada bercak kuning atau debu yang menempel. Kemudian potong-porong dan rebus kulit manggis di dalam air mendidih. Air rebusan tersebut yang selanjutnya dinamakan sebagai teh herbal. Supaya lebih enak bisa ditambahkan dengan bahan lainnya, seperti madu maupun gula batu,

  1. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus

Pertama, pilih buah manggis yang segar, lalu kerok bagian kulit dalamnya. Kemudian tambahkan air matang dengan perbandingan 1:6  atau 100 gram:600 ml. Bisa juga dengan menambahkan air sesuai selera, jika semakin banyak maka jus akan semakin encer. Lalu blender dan setelah selesai langsung saja dikonsumsi. Apabila didiamkan lebih 5 menit bisa menyebabkan jus menjadi menggumpal.

  1. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Bubuk

Pertama, bersihkan kulit manggis segar lalu jemur selama 2-3 hari di tempat yang terik, tetapi tidak terkena polusi. Saat kulit manggis sudah kering kemudian bisa dihaluskan dengan cara diblender atau digiling. Bubuk tersebut bisa langsung dikonsumsi dengan diseduh menggunakan air panas atau dimasukkan ke dalam kapsul.

 

3 Cara Mengolah Kulit Manggis yang Tepat
Scroll to top