Banyak yang berpendapat bahwa makanan yang dikonsumsi ibu menyusui dapat berpengaruh pada anak. Ternyata tidak itu saja, pola makan yang sembarangan pun bisa membuat asi tidak lancar. Bahan makanan apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Bahan Makanan Yang Wajib Dihindari Busui

  1. Kafein Dan Coklat

Kedua makanan sedap ini ternyata harus dibatasi. Kafein dinilai dapat berpengaruh pada bayi, karenanya harus dibatasi sebanyak 2-3 gelas saja per hari. Sama halnya dengan coklat yang punya kandungan serupa. Agar Asi lancar dan bayi tenang, selalu batasi hingga 300 mg per hari saja.

  1. Produk Olahan

Produk olahan termasuk makanan kaleng, susu, kedelai, hingga buah dan sayur kaleng. Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini disebut memiliki kandungan nutrisi yang tidak baik, seperti garam dan gula berlebih. Sehingga harus dikurangi untuk mencegah obesitas atau kompilasi.

  1. Ikan Bermerkuri Tinggi

Kandungan merkuri sendiri adalah racun untuk tubuh, Sayangnya senyawa besi ini bisa muncul di beberapa jenis ikan seperti marlin, hiu, tuna mata besar, hingga makarel raja. Kurangi konsumsi ikan ini agar perkembangan otak bayi maksimal.

  1. Brokoli

Meski dikenal sehat ternyata sayuran sejenis brokoli lebih baik dihindari. Sayur dengan kandungan gas seperti kacang, kubis, kembang kol, timun, dan bawang bombay disebut sebut dapat membuat rasa tidak nyaman pada bayi.

Selain berpengaruh pada anak, ternyata makanan pun bisa membuat Asi tidak lancar. Karena itulah, busui wajib untuk waspada dan teliti dalam pola makannya. Hindari produk olahan, kafein, coklat, dan ikan bermerkuri. Dan jangan lupa untuk kurangi konsumsi brokoli.

Agar Asi Tetap Lancar, Berikut Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui
Scroll to top