Pule adalah sebuah pohon yang sering ditanam di taman publik. Pohon ini memiliki nama latin yaitu Alstonia scholaris. Pohon ini bisa tumbuh dengan mudah di beberapa daerah Pulau Jawa dan Sumatera. Awalnya, Pule hanya bisa ditemukan di berbagai macam hutan di kedua pulau tersebut. Akan tetapi, saat ini ada banyak ruang terbuka di berbagai kota yang menanam Pule.

Secara umum, Pule memiliki beberapa karakteristik tertentu yang membedakan dengan pohon lainnya. Salah satunya adalah daunnya yang mengkilat dan rimbun. Selain itu, cabang dari Pule juga melebar ke samping. Sehingga, ketika Pule ditanam di taman publik, pohon ini dapat memberikan kesejukan dan keteduhan bagi masyarakat.

Pule juga dikenal sebagai salah satu jenis pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan Pule memiliki berbagai macam kandungan seperti saponin, alkaloid, steroid, flavonoid, dll. Beberapa zat kimia tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan adanya kandungan betulin dan lupeol asetat yang ada pada daun pule. Manfaat lain dari Pule adalah untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam Pule terbukti mampu menangkal radikal bebas. Sehingga, kesehatan sel menjadi lebih terjaga. Pule juga dikenal sebagai salah satu tanaman bisa digunakan untuk antibakteri. Hal ini dikarenakan adanya kandungan butanol dalam Pule yang efektif untuk membasmi bakteri.

Apa itu Pohon Pule?
Scroll to top