Burung jenis kepodang adalah salah satu jenis burung yang banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya adalah di daerah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, dan juga di Sulawesi. Jika dilihat secara sekilas, jenis burung ini sendiri akan terlihat serupa antara yang jantan dan betina. Namun untuk membedakan kedua jenis burung tersebut terdapat ciri ciri burung kepodang jantan yang dapat Anda tahu berikut ini.

5 Ciri dari Burung Jenis Kepodang yang Jantan

  1. Mempunyai Postur Tubuh yang Lebih Besar

Salah satu cara membedakan burung yang jantan dan betina adalah dari postur tubuh yang mereka miliki. Jenis kepodang yang jantan akan memiliki postur yang lebih besar. Sementara untuk jenis burung yang betina akan terlihat lebih ramping. Cirinya yang berupa postur dari tubuh burung ini tentu dapat Anda amati demi mendapatkan jenis burung incaran yang terbaik.

  1. Memiliki Garis Hitam yang Lebih Tipis

Hal lainnya yang akan membedakan kedua jenis burung ini adalah dari garis hitam yang dimilikinya. Garis hitam ini sendiri berada di area sekitar mata sampai dengan ke tengkuk burung. Namun keduanya memiliki garis hitam atau topeng yang berbeda. Pada burung jenis jantan akan memiliki garis hitam yang lebih tipis dan juga lancip. Ciri ciri burung kepodang jantan berupa topeng hitam tersebutlah yang dapat membedakannya dengan betina.

  1. Memiliki Bentuk Kepala yang Lebih Rata

Bagian tubuh lain yang bisa diamati sebagai pembeda jenis burung ini ialah dari bagian kepalanya. Bagian kepala burung yang jantan akan sedikit lebih besar dan lebih rata. Sementara untuk kepala burung yang betina memiliki bentuk yang cenderung bulat. Hal lainnya sebagai pembeda dari burung jenis kepodang ini adalah suara yang dihasilkannya. Burung yang jantan akan memiliki suara yang lebih nyaring dan bervariasi daripada yang betina.

  1. Mempunyai Paruh yang Lebih Besar

Beralih ke bagian tubuh lainnya, paruh dari si burung berbulu cantik ini juga memliki perbedaan pada setiap jenisnya. Paruh dari burung yang jantan akan memiliki ukuran yang lebih besar. Warna dari paruh burung berjenis kelamin jantan ini juga cenderung lebih menyala. Hal tersebutlah yang dapat Anda jadikan acuan sebagai cara untuk membedakan burung berdasarkan ciri ciri burung kepodang jantan ini.

Banyak hal yang dapat diamti untuk membedakan burung jantan dan betina dari jenis kepodang ini. Pada bagian ekor burung yang jantan juga memiliki warna kuning yang lebih banyak daripada burung betina. Anda juga dapat membedakan kedua jenis burung tersebut dari bagian pangkal ekor yang dimilikinya. Burung yang jantan akan memiliki warna kuning yang lebih terang pada bagian tersebut. Semantara akan cenderung kusam pada burung yang betina.

 

 

 

Yuk Simak 4 Ciri Ciri Burung Kepodang Jantan yang Harus Anda Tahu
Scroll to top