Partisi atau sekat ruangan menjadi hal yang sangat penting saat Anda menginginkan ruangan yang memiliki privasi, namun enggan untuk membuat dinding baru. Umumnya partisi akan terbuat dari bahan yang berkualitas dengan harga yang mahal. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat partisi tersebut sendiri dengan biaya yang terjangkau. penasaran dengan cara membuat partisi ruangan sendiri? Yuk simak informasinya dalam ulasan ini.

Table of Contents

Partisi Dengan Menggunakan Bingkai Jendela Bekas

Siapa yang mengira barang yang tidak diperlukan lagi bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai estetik yang keren. Salah satu barang bekas tersebut adalah bingkai jendela bekas yang disulap menjadi partisi ruangan yang kece. Tidak hanya kreatif mendaur ulang barang bekas, namun bingkai jendela bekas juga bisa menjadi dekorasi yang cantik. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, partisi satu ini juga sangat mudah untuk dibuat.

Membuat penyekat satu ini cukup dengan kumpulkan beberapa bingkai jendela bekas, kemudian susun bingkai tersebut dalam bentuk vertikal. Selanjutnya, satukan bingkai bingkai tersebut menggunakan kawat. Berikan jarak 5 cm dari bingkai satu dengan yang lainnya. Ada baiknya bingkai jendela dibiarkan dengan warna aslinya, untuk mendapatkan kesan rusty. Namun jika tidak sesuai dengan selera, Anda bisa mengecat dengan warna yang sesuai dengan desain ruangan.

Pembatas Ruangan Dengan Menggunakan Box Kayu

Selain kreatif, menggunakan box kayu merupakan cara mudah dan praktis untuk membuat sebuah partisi untuk ruangan. Cara membuat partisi ruangan dengan box kayu cukup mudah, hanya tinggal susun box tersebut menjadi lemari atau kabinet dengan penataan arah yang berselang seling berbeda arah. Agar lebih menarik, box kayu tersebut bisa ditambah dengan sentuhan cat beragam warna yang sesuai dengan interior rumah.

Namun Anda juga bisa menjaga warna box tersebut dengan warna orisinilnya, sehingga menghadirkan kesan yang natural. Partisi untuk ruangan ini sangat cocok untuk seseorang yang suka dengan desain interior coastel cottage. Perlu diketahui bahwa partisi yang terbuat dari box tersebut multifungsi. Selain bisa digunakan sebagai penyekat ruangan, susunan box kayu juga dapat digunakan sebagai tempat meletakkan beberapa furniture layaknya lemari.

Partisi Dari Bambu Agar Terkesan Natural

Jika menginginkan pembatas ruangan yang memiliki kesan alami, maka bambu merupakan bahan partisi yang tepat. Bambu yang hadir di tengah tengah ruangan akan menampilkan kesan yang elegan jika dikombinasikan dengan desain rumah atau ruang keluarga yang memiliki konsep oriental, sehingga menghadirkan visual yang serasi dan menarik untuk dilihat.

Cara membuat partisi ruangan ini agak sedikit berbeda, pasalnya memakai batang bambu perlu direncanakan terlebih dahulu karena pembatas ruangan ini tidak mudah untuk dipindah tempat. Untuk membuatnya cukup susun batang batang bambu secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan dan diameter yang berbeda, sehingga menghadirkan bermacam macam gaya dan suasana ruangan.

Menggunakan Tirai Sebagai Pembatas ruangan yang Ekonomis

Tahukah Anda bahwa tirai merupakan pembatas ruangan yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Material partisi untuk ruangan ini selain mudah dicari tetapi juga ekonomis dan ramah di kantong. Meskipun termasuk barang dari zaman dahulu, namun tidak perlu khawatir. Sebab desain dan bentuk tirai dari dulu hingga sekarang terus mengalami perkembangan.

Tirai yang bisa digunakan sebagai pembatas memiliki banyak jenis bahan, motif, dan juga ukuran yang bisa dipilih sesuai selera dan kesesuaian dengan ruangan di rumah. Cara membuat partisi ruangan dari tirai yakni, saat sudah mendapatkan tirai yang diinginkan maka pasangkan dengan menggunakan besi yang ditempelkan di langit langit ruangan. Kemudian pasangkan tirai dengan bantuan besi pengait kecil agar bisa di buka dan ditutup.

Pembatas Ruangan Dengan Menggunakan Tali Tambang

Selain memiliki harga yang murah, tali tambang juga bisa menjadi partisi ruangan yang kreatif dan unik. umumnya partisi satu ini tidak hanya digunakan sebagai sekat antar ruang tetapi juga untuk menghalangi cahaya matahari secara langsung. Tali tambang tidak hanya cocok digunakan sebagai partisi di rumah tetapi juga cocok digunakan sebagai penyekat ruangan di kantor.

Untuk membuat partisi satu ini, bahan utamanya adalah tali tambang yang memiliki diameter yang cukup besar. Kemudian setelah itu, siapkan besi panjang yang diletakkan di lantai dan langit langit untuk mengikatkan tali tambang tersebut. Susun tali tambang secara vertikal, kemudian ikatkan ujungnya di langit langit dan lantai ruangan. Jangan lupa untuk mengencangkan ikatan tersebut, agar tali tambang menjadi kencang dan tidak kendur.

Penyekat Ruangan Dengan Menggunakan Pipa Paralon

Siapa bilang paralon hanya bisa digunakan sebagai saluran air? Di tangan orang yang kreatif pipa paralon dapat dibuat menjadi berbagai barang yang unik, termasuk sebagai pembatas pada ruangan. Selain berfungsi sebagai partisi, penataan pipa paralon yang ciamik juga membuat penyekat tersebut sebagai dekorasi rumah yang menarik. Lantas bagaimana cara membuat partisi ruangan dari pipa paralon? Caranya mudah.

Untuk membuatnya, potong pipa paralon berbagai ukuran diameter menjadi bagian bagian kecil. Potong pipa tersebut dengan lebar 5 cm. Ada baiknya untuk memilih pipa paralon yang berwarna putih, atau juga bisa cat paralon agar sesuai dengan arsitektur ruangan. Jika sudah terkumpul potongan potongan kecil, maka susun paralon tersebut dengan menempelkan sisi luarnya dengan perekat. Buatlah partisi sesuai dengan yang diinginkan.

Penyekat Ruangan Dengan Menggunakan Tanaman Hidup

Tidak hanya memberikan tampilan yang fresh, keberadaan tanaman sebagai partisi di dalam ruangan juga memberikan udara yang segar dan kaya oksigen. Umumnya tanaman yang digunakan merupakan tanaman hijau. Namun juga banyak yang memilih tanaman bunga dalam pot kecil sebagai partisi ruangan. Bagaimana cara membuat partisi ruangan tersebut? Caranya, cukup susun pot pot kecil tanaman pada rak yang terbuat dari kayu dan pilihlah bunga yang cocok diletakkan dalam ruangan.

Nah demikianlah beberapa ide partisi dalam ruangan yang disertai dengan cara membuatnya. Meskipun dengan harga yang terbilang cukup murah, namun partisi dalam ulasan ini memiliki tampilan yang tidak kalah cantik dan ciamik. Jika Anda tertarik dan gemar dengan bahasan seputar partisi dalam ruangan atau dekorasi rumah, maka silahkan kunjungi website dekadeko. Disana terdapat berbagai bahasan mengenai desain.

Yuk Simak Cara Membuat Partisi Ruangan Sendiri Disini
Scroll to top