Bagi sebagian besar wisatawan, terutama wisatawan luar negeri, Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Bahkan, ditemukan beberapa turis asing menganggap Bali adalah Indonesia. Lantas apa yang terkenal dari Bali? Selain tempat wisata yang menarik, Bali juga menyimpan beberapa kebudayaan yang mana juga menarik untuk diselami, salah satunya adalah tari.

Nah, salah satu tari Bali yang terkenal adalah Tari Pendet. Tarian ini merupakan salah satu tari yang memiliki gerakan yang indah dan juga menjadi salah satu budaya dan warisan kebanggan Indonesia. Bahkan saking indahnya, tarian ini sempat diklaim oleh Negara Tetangga secara sepihak. Maka dari itu, sudah sepatutnya Anda para generasi penerus bangsa harus melestarikan dan menjaganya.

Salah satu ciri khas Tari Pendet ada pada gerakannya yang hampir menggunakan semua anggota tubuh para penari. Berdasarkan anggota tubuhnya gerakan tarian ini dibagi menjadi 7. Ketujuj gerakan tersebut adalah kaki, tangan, jari. badan. mimik, leher, dan mata. Sementara itu, seperti halnya tari tradisional, gerakan dari tarian ini juga diiringi dengan musik pengiring,

Umumnya, irama musik ini dihasilkan dari tabuhan gamelan atau juga dikenal dengan gong kebyar. Fungsi dari musik pengiring ini adalah sebagai pengatur tempo dan ritme para penari. Jadi saat gogng kebyar dimainkan secara cepat atau lambat. Maka gerakan para penari juga akan menyesuaikan dengan irama musiknya.

 

Ciri Khas Dari Tari Pendet
Scroll to top