Layaknya bahasa Indonesia maupun bahasa yang lain, bahasa Inggris dapat dipelajari oleh siapa pun dengan cepat. Syaratnya pun tidak sulit, yaitu sering digunakan serta adanya lingkungan yang mendukung atau kondusif untuk mempelajari bahasa tersebut.

Maksudnya, orang-orang yang ada di sekitar Anda juga harus dapat membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris.Misalnya dengan menjadi lawan bicara ketika Anda menggunakan bahasa Inggris. Namun, hal ini agak sulit dilakukan di Indonesia mengingat tidak semua orang dapat dijadikan rekan atau partner dalam belajar bahasa Inggris.

Meski begitu, Anda tidak perlu berkecil hati karena masih ada banyak cara cepat bisa bahasa Inggris yang dapat dilakukan. Misalnya beberapa cara berikut:

  1. Mempelajari kosakata dasar

Sebelum dapat melakukan percakapan, membaca, atau menulis dalam bahasa Inggris dengan lancar, Anda harus belajar dasarnya terlebih dahulu. Bagian paling dasar dari bahasa adalah kosakata.

Oleh karena itulah sebelum mempelajari bahasa Inggris dengan level yang lebih rumit, Anda harus mempelajari kosakata dasar terlebih dahulu, yaitu kosakata yang kerap muncul dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mengetahui tentang kosakata dasar, Anda dapat melanjutkannya dengan belajar cara menyusun kosakata dasar tersebut menjadi kalimat sederhana yang mudah dimengerti.

Jika Anda sudah menguasai kosakata dasar serta terbiasa dengan kalimat sederhana, Anda dapat meningkatkan levelnya dengan mempelajari bahasa Inggris yang lebih rumit.

  1. Menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Film biasanya ditonton untuk hiburan. Namun, Anda juga dapat menggunakan film untuk hal lain, yaitu untuk belajar bahasa Inggris. tentunya, hanya film yang menggunakan bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Caranya adalah dengan menonton film tersebut tanpa mengaktifkan subtitle.

Namun, jika menonton tanpa subtitle sama sekali membuat Anda merasa kesulitan utnuk menangkap isi film, maka Anda dapat mencoba mengaktifkan subtitle bahasa Inggris sekali, kemudian tonton kembali filmnya tanpa menggunakan subtitle.

Dengan begitu, telinga Anda akan terbiasa mendengar native speaker bercakap-cakap. Tak hanya itu, Anda juga dapat belajar tentang pronunciation alias pelafalan kata dalam bahasa Inggris. hal ini tidak kalah penting karena tidak sedikit orang yang salah dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris tertentu.

  1. Mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menulis liriknya

Selain melatih kemampuan mendengar bahasa Inggris dengan menonton film, Anda juga dapat melatihnya dengan mendengarkan podcast maupun lagu bahasa Inggris. dibanding podcast, lagu cenderung lebih mudah untuk didengarkan karena memiliki melodi.

Namun, Anda dapat memilih mana pun yang paling disukai dan dapat membuat Anda merasa semangat dalam belajar bahasa Inggris. Namun, pastikan untuk tidak hanya sekadar mendengarkan, tetapi juga berusaha untuk menangkap isi dari lagu atau podcast yang didengarkan kemudian menuliskannya.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya melatih telinga untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris, tetapi juga belajar menulis dan memahami isi suatu lagu atau topik pembicaraan di dalam podcast.

  1. Temukan dan pelajari kata yang tidak dimengerti artinya, kemudian hafalkan

Seiring dengan semakin meningkatnya level bahasa Inggris yang dipelajari, semakin banyak pula kosakata yang harus dipelajari. Oleh karena itulah Anda harus terus menambah kosakata untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah kosakata. Salah satunya adalah dengan banyak membaca. Tidak hanya sekadar membaca, tetapi juga harus memahami apa yang Anda baca. Dengan cara ini, Anda akan dapat menemukan kosakata yang belum dimengerti.

Pastikan untuk mencatat kosakata tersebut kemudian mencari maknanya di kamus. Selanjutnya, hafalkan sehingga Anda tidak akan lupa saat menemukan kosakata tersebut pada suatu teks bacaan.

  1. Menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris bukan hanya tentang mendengarkan, berbicara, atau membaca. Anda juga harus melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini tidak kalah penting karena kemampuan menulis menjadi salah satu tolak ukur kemampuan berbahasa Inggris.

Anda dapat melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dengan cara sering menuliskannya pada buku catatan atau buku harian. Anda dapat membawa buku tersebut saat pergi ke mana pun sehingga dapat menulis setiap kali ada inspirasi.

Meski begitu, buku catatan atau buku harian bukan satu-satunya media yang dapat dipakai untuk melatih kemampuan menulis bahasa Inggris. Anda pun dapat memanfaatkan fitur notes atau catatan yang ada pada smartphone sebagai alternatif buku catatan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media untuk membagikan apa pun yang Anda rasakan dalam bahasa Inggris. Cara ini tidak hanya membantu Anda belajar menulis bahasa Inggris, tetapi juga memvbntu Anda untuk lebih percaya diri.

  1. Membaca literatur berbahasa Inggris

Jika Anda dapat melatih kemampuan menulis bahasa Inggris menggunakan buku catatan atau bahkan media sosial, lain lagi dengan kemampuan membaca. Untuk meningkatkan level kemampuan membaca teks berbahasa Inggris, Anda dapat membaca literatur berbahasa Inggris.

Tentunya, Anda harus menyesuaikan apa yang dibaca dengan level kemampuan membaca. Pastikan untuk memilih jenis bacaan yang sesuai agar Anda dapat memahami apa yang dibaca.

Misalnya, jika Anda masih pemula dalam belajar bahasa Inggris, maka buku cerita anak-anak adalah pilihan yang cocok karena kosakata serta struktur kalimatnya masih sederhana.

Apabila level kemampuan membaca Anda sudah meningkat dari level beginner, Anda dapat mencari bacaan yang lebih berat misalnya novel, majalah, atau jenis bacaan lainnya.

Artinya, pastikan untuk tidak membaca teks berita saat level Anda masih pemula karena teks berita biasanya menggunakan bahasa formal ditambah istilah-istilah tertentu.

  1. Berlatih bicara di depan cermin

Tidak hanya berlatih membaca dan menulis, berlatih bicara juga penting agar Anda dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Pasalnya, kemampuan berbahasa Inggris Anda akan dapat berkembang dengan pesat ketika menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Sayangnya, menemukan teman yang dapat dijadikan rekan untuk belajar bicara bahasa Inggris cenderung tidak mudah. Terutama jika lingkungan Anda kurang mendukung sehingga Anda pun akan merasa malu untuk mulai menggunakan bahasa Inggris. Namun, jangan biarkan hal tersebut menimpa Anda.

Apabila Anda tidak dapat menemukan orang yang dapat diajak biacara menggunakan bahasa Inggris, maka Anda dapat menggunakan cara alternatif yang dapat dilakukan sekalipun oleh Anda sendiri, yaitu dengan berbicara di depan cermin.

Meski terdengar aneh, cara ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga sangat disarankan oleh para ahli. Anda dapat melakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 15 menit untuk meningkatkan kemampuan bicara bahasa Inggris.

  1. Berteman dengan orang-orang yang fasih berbahasa Inggris

Lingkungan sekitar adalah salah satu faktor penting yang dapat mendukung atau menghambat seseorang dalam mempelajari suatu bahasa, termasuk bahasa Inggris. Lingkungan dikatakan mendukung apabila dapat memacu atau mendorong seseorang untuk menggunakan bahasa yang ingin dipelajari. Begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itulah sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung untuk belajar bahasa Inggris. salah satu caranya adalah dengan mencari teman yang kemampuan berbahasa Inggrisnya bagus. Akan lebih baik apabila Anda berteman dengan orang yang sudah fasih dalam berbahasa Inggris seperti native speaker.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki tempat untuk berlatih bahasa Inggris sekaligus tempat bertanya ketika menemukan sesuatu yang membingungkan selama proses pembelajaran. Dengan menerapkannya, lingkungan serta iklim belajar yang baik pun akan tercipta.

  1. Menjadikannya kebiasaan

Ilmu berbahasa adalah tentang kebiasaan. Oleh karena itulah ketika Anda ingin mempelajari suatu bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa lain, Anda harus menjadikannya kebiasaan dengan cara menggunakannya dan menjadikannya bagian dari hidup Anda.

Artinya, Anda harus menggunakan bahasa Inggris baik saat di rumah, di sekolah, di mana pun dan kapan pun jika ingin cepat mahir berbahasa Inggris. ketika Anda dapat menggunakan bahasa Inggris secara alami layaknya menggunakan bahasa Indonesia, baru Anda benar-benar dapat dikatakan telah menguasai bahasa Inggris.

Dengan menjadikannya kebiasaan, menggunakannya setiap hari, serta melatihnya kapan pun dan di mana pun, Anda akan dapat berbicara bahasa Inggris secara spontan tanpa perlu berpikir serta menerjemahkan terlebih dahulu apa yang ingin dikatakan.

  1. Menggunakan internet untuk latihan berbahasa Inggris

Di antara banyak cara yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris, memanfaatkan internat adalah salah satunya. Pasalnya, sudah banyak material untuk belajar bahasa Inggris yang tersedia di internet secara gratis. Oleh karena itulah Anda dapat memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin.

Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan smartphone yang dimiliki untuk mengunduh aplikasi yang dapat mendukung Anda dalam belajar bahasa Inggris. Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan belajar bahasa sehingga Anda dapat mencoba serta memilih yang paling cocok.

  1. Disiplin dan konsisten

Dalam mempelajari sesuatu, terutama belajar bahasa di mana hasil maksimal hanya dapat diperoleh jika Anda menggunakannya secara rutin, disiplin adalah hal yang sangat penting.

Artinya, Anda harus disiplin melaksanakan jadwal belajar yang telah dibuat. Misalnya ketika Anda memutuskan untuk menggunakan 30 menit sampai 1 jam waktu Anda di malam hari untuk belajar bahasa Inggris, maka Anda harus melakukannya secara rutin.

Anda harus konsisten melakukan hal tersebut setiap hari berdasarkan jadwal yang telah dibuat. Dengan begitu, kemampuan berbahasa Inggris Anda akan terus mengalami kemajuan atau peningkatan tanpa mengalami kemunduran.

Menerapkan sikap disiplin dan konsistensi memang tidak mudah. Namun, apabila Anda berhasil menerapkan keduanya selama belajar bahasa Inggris, Anda akan dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

  1. Kursus

Belajar bahasa Inggris seorang diri akan terasa berat, terutama jika Anda tidak memiliki teman yang dapat membantu ketika Anda ingin belajar bahasa Inggris. Apabila niat dan tekad yang dimiliki kurang, Anda dapat berhenti belajar sewaktu-waktu. Oleh karena itulah kursus adalah salah satu cara cepat bisa bahasa Inggris yang direkomendasikan.

Misalnya dengan mengambil kursus bahasa inggris di jakarta barat. Selain dapat bertemu teman seperjuangan yang juga sedang belajar bahasa Inggris, Anda juga dapat menemukan pengajar yang dapat membantu Anda di tempat kursus bahasa inggris di jakarta barat. Lingkungan tersebut jelas sangat cocok untuk belajar bahasa Inggris.

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris
Scroll to top