Kondisi dimana perut bagian kanan terasa nyeri atau sakit yang cukup parah dapat terjadi ketika terjadi masalah di bagian organ dalam. Jika Sakit perut sebelah kanan terjadi cukup sering atau kian hari makin parah, maka sebaiknya anda memeriksakan nya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Rasa sakit yang muncul pada perut bagian kanan, memiliki banyak kemungkinan diagnosa. Berikut daftar detail nya:

Sakit bagian kanan atas: pankreatitis, ulkus lambung, batu empedu

Sakit bagian tengah kanan: batu ginjal, infeksi kandung kemih, konstipasi, lumbar hernia

Sakit bagian bawah kanan: usus buntu, konstipasi, radang panggul, nyeri / radang pangkal paha

  1. usus buntu

kondisi sakit pada perut bagian kanan banyak diidentikkan orang dengan usus buntu, kendati kemungkinan gejala penyakit lain juga banyak. Usus buntu ialah kondisi dimana usus tersumbat dan pada akhirnya mengalami pembengkakan. Akibatnya penderita akan merasakan mual, muntah, sembelit, demam, serta perut kembung.

Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut ke dokter. Proses penyembuhan penyakit ini biasanya melalui operasi.

  1. batu empedu

rasa sakit yang berasal dari empedu terjadi ketika batu tersebut meyumbat jalan saluran empedu. Jika sudah demikian, penderita akan merasakan sakit pada bagian tersebut bahkan hingga area punggung, dada, serta bahu. Jika sudah parah, akan muncul rasa mual pada penderita.

  1. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik ialah pembuahan sel telur oleh sperma yang terjadi di luar rahim atau tepatnya pada area tuba fallopi. Perut sebelah kanan akan merasakan sakit ketika pembuahan terjadi pada bagian tersebut.

  1. Hepatitis

Gejala penyakit hepatitis atau radang hati yaitu rasa mual, muntah, nafsu makan berkurang, lemas, warna feses menjadi keputihan dan urine nampak keruh. Jika terjadi gejala-gejala demikian, maka segera bawa ke dokter.

Demikian penjelasan singkat mengenai 4 penyakit penyebab Sakit perut sebelah kanan yang paling banyak terjadi di sekitar. Untuk menghindari nya. jangan lupa membiasakan mengatur pola makan dan selalu konsumsi makanan-makanan bernutrisi dengan gizi seimbang.   

Sakit perut sebelah kanan
Scroll to top