Organisasi adalah sebuah wadah yang terdiri dari beberapa unit dengan tugas yang berbeda-beda yang mana setiap unitnya saling terintegrasi dan bekerjasama untuk mencapai satu tujuan. Organisasi menjadi unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dalam rangka mencapai tujuan serta cita-cita bersama.

Iya unsur organisasi selalu hadir baik secara formal maupun non formal di tengah kehidupan manusia. Misalnya saja, dalam sebuah keluarga juga terdapat unsur organisasi yang terdiri dari kepala keluarga dan anggota keluarga, kemudian dilingkungan ada juga organisasi seperti RT, RW, dan sebagainya. Begitu juga di lembaga pendidikan hingga di perusahaan seperti konveksi baju.

Elemen-Elemen Organisasi

Pada umumnya setiap organisasi memiliki beberapa elemen yang menjalankan perannya masing-masing. Berikut adalah kelima elemen organisasi:

  • The operating core merupakan para anggota organisasi yang bertugas melaksanakn pekerjaan dasar yang kaitannya dengan produksi baik itu barang atau jasa.
  • The strategic apex yaitu pemimpin atau manajer dari sebuah organisasi yang memiliki tanggung jawab atas organisasi tersebut.
  • The middle line yaitu bagian manajer yang menjadi penghubung antara operating core dengan strategic apex.
  • The technostructure merupakan bagian yang memiliki tugas untuk melaksanakan suatu bentuk standarisasi secara khusus dalam sebuah organisasi.
  • The staff support merupakan bagian staff yang memberikan jasa untuk mendukung jalannya sebuah kegiatan organisasi.

Pendapat Ahli Tentang Komunikasi Organisasi

Dalam karena organisasi terdiri dari beberapa bagian yang saling terintegrasi dan bekerjsama, maka diperlukan adanya komunikasi yang baik agar kegiatan organisasi dapat berjalan dengan lancar. Nah maka dari itu muncul istilah komunikasi organisasi yang membahas tentang bagaimana komunikasi yang efektif dan efisien dalam sebuah organisasi. Berikut adalah pendapat beberapa ahli mengenai komunikasi organisasi:

  • Arnold dan Feldman

Komunikasi organisasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara orang-orang dalam suatu organisasi. Komunikasi organisasi ini memiliki empat tahapan di dalamnya mulai dari attention atau perhatian, comprehension, acceptance as true atau kebenaran fakta, dan retention.

  • Pace dan Faules

Komunikasi organisasi merupakan perilaku pengatur organisasi yang terjadi diantara orang-orang dalam organisasi. Hal ini juga terkait tentang bagaimana mereka yang terlibat dalam proses itu dapat berinteraksi dan memberikan makna atas yang terjadi.

  • Wiryanto

Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan organisasi di dalam suatu kelompok baik itu formal atau informal dari suatu organisasi.

Teori-Teori Komunikasi Organisasi

Selain ketiga teori diatas, terdapat beberapa teori yang berkaitan dengan komunikasi organisasi. Adapun teori tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Teori sistem sosial

Teori ini merupakan teori yang menyatakan bahwa hubungan antara orang-orang, memungkinkan suatu organisasi bertahan jauh lebih lama dari pada orang-orang biologis yang menduduki jabatan tertentu dalam organisasi. Kemudian Kats dan Khas juga menjelaskan bahwa beberapa hubungan yang terjalin antara orang-orang dalam organisasi lebih penting daripada hubungan antar jabatan formal tertentu.

  • Teori public relation

Teori ini menyatakan bahwa public relation merupakan keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Nah upaya ini kemudian dilakukan dalam rangka menciptakan serta memilihara niat baik dan saling pengertian diantara organisasi dan khalayaknya. Teori ini juga dikemukakan oleh seorang ahli yang bernama Jefkins.

  • Teori Kepemimpinan

Teori ini menyatakan bahwa pemimpin merupakan sosok yang membantu anggota untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan kelompok secara bersama-sama. Dalam hal ini seorang ahli yang bernama Hersey memformulasikan 4 tugas pemimpin. Pertama, telling yaitu pemimpin harus mampu memberikan informasi secara lugas. Kedua, selling yaitu pemimpin harus mampu memberikan petunjuk. Kegita, participating yaitu pemimpin harus mampu menjalin kerjasama yang baik. Keempat, delegating yaitu pemimpin harus mampu mengambil keputusan.

  • Teori kontinum

Teori ini merupakan teori yang menjelaskan hal-hal komunikasi yang berkaitan dengan manajer. Ada 7 hal yang harus dijelaskan diantaranya manajer membuat keputusan kemudian mengumumkannya secara tegas, manajer membuat keputusan kemudian memberikan pilihan, manajer mengumumkan keputusan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan keputusan tersebut, manajer mengumumkan keputusan sementara yang mana keputusan tersebut masih dapat diubah, manajer menentukan batasan kemudian bawahan diminta untuk mengambil keputusan.

  • Teori empat sistem

Teori ini lebih menjelaskan tentang gaya kepemimpinan dalam organisasi. Ada empat gaya kepemimpinan yang termuat dalam teori ini yaitu penguasa mutlak, penguasa semi mutlak, penasihat, serta pengajak serta.

  • Teori kepribadian dan perilaku

Teori ini menjelaskan bahwa perilaku seseorang dapat menentukan efektifnya sebuah kepemimpinan. Hal tersebut juga berpengaruh pada sifat-sifat dan prestasi dari pengikutnya.

Nah itu dia beberapa teori komunikasi organisasi serta teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi organisasi. Sedangkan komunikasi organisasi sendiri memiliki beberapa fungsi mulai dari fungsi informatif yaitu diartikan sebagai suatu sistem pemrosesan informasi, fungsi regulatif yaitu berkaitan dengan peraturan-peraturan serta pedoman yang berlaku dalam suatu organisasi, fungsi persuasif yaitu merupakan komunikasi yang memiliki unsur perintah namun dikemas dengan lebih halus. Kemudian ada fungsi integratif yang berkaitan dengan penyediaan saluran yang memungkinkan seluruh anggota organisasi dapat melaksanakan tugas dan pengerjaan dengan baik.

Itu dia berbagai hal terkait dengan komunikasi organisasi. Yang jelas komunikasi organisasi menjadi bagian yang penting demi kelancaran kinerja organisasi. Komunikasi organisasi juga harus diperhatikan dalam berbagai tingkatan organisasi mulai dari yang terkecil, menengah seperti perusahaan konveksi baju, hingga organisasi terbesar dunia.

Teori Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli
Scroll to top