Bengkak pada wajah terutama pada bagian pipi biasanya sering terjadi karena beberapa hal. Seperti contohnya alergi ataupun karena infeksi. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan bengkak yang terjadi pada pipi. Cara ini dapat Anda lakukan sebelum mendapatkan pengobatan dari.

Dan inilah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan bengkak yang terjadi pada pipi:

  1. Kompres dingin

Cara yang pertama yaitu dengan mengompres dingin. Cara ini bisa Anda lakukan menggunakan es batu untuk dapat meredakan bengkak dan juga rasa nyeri yang terjadi pada pipi Anda. Anda bisa menyiapkan es batu kemudian dibungkus dengan handuk dan kompreskan selama kurang lebih 10 menit pada pipi yang bengkak tersebut. Ini juga akan meredakan nyeri yang timbul pada pipi Anda yang bengkak.

  1. Posisikan kepala lebih tinggi

Cara yang selanjutnya yaitu dengan memposisikan kepala lebih tinggi daripada badan Anda.  Ketika Anda sedang dalam posisi baring ataupun tidur, usahakan posisi kepala Anda lebih tinggi dibandingkan dengan badan Anda. Anda bisa mengganjal kepala menggunakan bantal tambahan atau yang lainnya. Dengan memposisikan kepala lebih tinggi ini maka dapat menurunkan aliran darahke daerah yang bengkak tersebut dan juga mengurangi pembengkakan yang terjadi.

  1. Mengurangi konsumsi garam

Cara yang ketiga yaitu dengan mengurangi asupan garam. Karena mengonsumsi makanan yang asin dapat menyebabkan cairan yang ada dalam tubuh menumpuk sehingga pipi yang bengkak dapat menjadi lebih parah. Dengan begitu maka mengurangi asupan garam atau makanan yang asin dapat mengurangi penumpukan cairan yang ada pada pipi Anda yang bengkak. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin.

  1. Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri

Cara yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Karena biasanya pipi yang bengkak dapat menyebabkan rasa nyeri. Salah satu obat pereda nyeri yaitu paracetamol.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meredakan pipi yang bengkak pada wajah Anda. Jika pipi bengkak tidak mereda setelah beberapa hari Anda juga bisa segera memeriksakannya ke dokter. Terlebih jika bengkak pada pipi tersebut disertai dengan gejala gejala lain seperti pusing, kesulitan bernafas, nyeri yang sangat hebat, dan juga yang lainnya.

 

 

 

Obat Sakit Gigi Bengkak Di Pipi
Scroll to top