Di daratan Eropa, tepatnya di Yunani, burung hantu merupakan simbol dari kebijaksanaan. Namun, di berbagai kebudayaan lain, burung hantu justru lebih sering dikaitkan dengan kematian, kabar buruk dan kesialan, termasuk di Indonesia. Mitos burung hantu cukup banyak di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lambang kematian

Di tanah Jawa, burung hantu diyakini sebagai pertanda kematian karena sifat burung hantu yang misterius. Mitos yang beredar ini menyebutkan bahwa jika burung hantu hinggap di depan rumah, maka dalam waktu dekat akan ada orang yang meninggal di rumah tersebut. Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa seseorang akan meninggal dalam waktu dekat apabila menirukan suara burung hantu dan tidak mendapat sahutan.

  1. Pengirim berita duka

Burung hantu juga dianggap sebagai pengirim berita duka dan firasat buruk, baik untuk penghuni rumah maupun penanda akan terjadinya kematian pada kerabat yang jauh. Konon, burung hantu juga menjadi tanda akan adanya malapetaka apabila hanya suaranya saja yang terdengar.

  1. Pemanggil roh dan pertanda adanya hantu

Selain dikaitkan dengan kematian, burung hantu juga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan dunia gaib. Beberapa mitos menyebutkan bahwa burung hantu adalah burung pemanggil roh dan kehadirannya di rumah dapat menjadi tanda keberadaan hantu. Atas alasan inilah banyak paranormal yang memelihara burung hantu di rumah mereka.

  1. Mencuri keberkahan rumah

Burung hantu dianggap sebagai pencuri keberkahan rumah. Apabila burung hantu hinggap di depan rumah atau bahkan masuk ke dalam rumah, saat burung hantu tersebut keluar burung hantu tersebut diyakini akan mencuri serta membawa keberkahan dari dalam rumah. Karena itulah ada orang yang percaya bahwa burung hantu harus dibunuh jika masuk ke rumah.

Walaupun banyak informasi negatif tentang burung hantu, namun semua informasi negatif tersebut adalah mitos yang sama sekali tak berdasar karena burung hantu sebenarnya dapat dijadikan hewan peliharaan yang telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat kepada pemeliharanya karena perawatannya yang mudah dan dapat dijadikan sebagai sahabat setia bagi manusia.

 

Mitos Burung Hantu
Scroll to top