Lima Tips Merawat Furniture Berbahan Rotan

Ada banyak sekali jenis furniture yang bisa ditemukan, salah satunya adalah furniture dengan bahan dasar rotan. Jumlah peminat furniture berbahan rotan ini sangat banyak wajar jika furniture ini mudah ditemukan. Banyak yang tertarik menggunakan furniture rotan ini karena mampu memberikan kesan yang elegan dan memberikan kesan yang unik untuk sebuah ruangan. Jika konsep rumah anda adalah rumah yang tradisional maka bisa mencoba menggunakan furniture berbahan rotan ini. Walaupun terbuat dengan bahan dasar rotan namun furniture ini sangat indah untuk dipandang. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan furniture lainnya. Lalu apakah cara merawat furniture berbahan dasar rotan ini mudah? tentu saja mudah untuk dilakukan.

Table of Contents

Furniture Berbahan Rotan Harus Selalu Dirawat

Pixabay.com

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan furniture berbahan rotan ini anda harus rajin merawatnya. Furniture dengan bahan dasar rotan ini memang membutuhkan perlakuan khusus berbeda dengan furniture berbahan dasar lainnya. Bahkan furniture berbahan dasar rotan ini menjadi salah satu jenis furniture yang sulit untuk dirawat. Sebenarnya bukan sulit dalam hal perawatan namun hanya membutuhkan perawatan yang rutin. Setidaknya anda harus membersihkan furniture tersebut satu kali dalam seminggu. Furniture berbahan rotan ini wajib untuk dirawat agar masa penggunaanya menjadi lebih lama tidak mudah rusak.

Walaupun membutuhkan perhatian yang khusus namun tetap banyak yang tertarik menggunakan furniture berbahan rotan ini. Lalu bagaimanakah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga furniture berbahan rotan agar tetap bersih dan awet? Baik untuk furniture berukuran besar ataupun furniture minimalis ketika menggunakan bahan dasar rotan maka anda harus rutin membersihkannya. Ada beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini yang memudahkan anda untuk merawat furniture tersebut. Penasaran? Langsung saja mari kita bahas lebih detail setiap tips yang ada.

Tips Menjaga Furnitre Rotan Tetap Awet dan Bersih

Pixabay.com

Tujuan merawat furniture rotan ini adalah untuk membuat furniture tersebut tetap awet dan bersih. Tips yang pertama adalah membersihkan furniture menggunakan penyedot debu. Jika anda mempunyai mesin penyedot debu di rumah maka anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan furniture berbahan dasar rotan. Perabotan yang terbuat dengan rotan tentu mempunyai banyak sela – sela sehingga membutuhkan penyedot debu untuk membersihkannya. Bersihkan hingga semua kotoran yang ada pada sela rotan hilang.

Tips  yang ke dua adalah membersihkannya dengan sikat gigi. Bagi anda yang tidak mempunyai mesin penyedot debu di rumah maka anda bisa memanfaatkan sikat gigi. Menggunakan sikat gigi ini akan memudahkan anda menjangkau sela – sela kecil yang ada pada perabotan berbahan rotan. Agar semua kotoran bisa terangkat maka anda bisa membasahi sikat gigi tersebut dengan air terlebih dahulu. Jika menggunakan sikat gigi masih kurang bersih maka anda bisa memanfaatkan ujung lidi, kawat, dan menggunakan beberapa barang yang mempunyai ujung pipih.

Tips yang ke tiga adalah membersihkannya dengan detergen. Furniture berbahan rotan bisa dirawat dengan selalu membersihkannya. Agar kotoran bisa benar – benar hilang maka anda bisa menggunakan cairan detergen. Caranya adalah dengan mencuci semua furniture tersebut dengan cairan detergen, gunakan sikat untuk membersihkan seluruh bagian di perabotan tersebut. Setelah selesai diberikan sabun maka anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Pastikan semua sabun telah hilang dari perabotan tersebut lalu keringkan. Pada waktu mengeringkan perabotan tersebut pastikan anda jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Hal tersebut mampu membuat furniture berbahan dasar rotan menjadi rusak ataupun warnanya pudar. Cukup dengan mengeringkannya menggunakan lap dan dianginkan nantinya furniture akan kering sendiri.

Tips yang ke empat adalah membasmi hama rayap dari perabotan. Salah satu musuh perabotan berbahan dasar rotan adalah rayap. Keberadaan dari rayap ini mampu membuat furniture berbahan rotan menjadi tidak awet dan mudah rusak. Menjaga perabotan berbahan dasar rotan dari rayap ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan adanya cairan pembasmi rayap. Misalnya anda bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir rayap dari perabotan rumah tangga anda. Pastikan perabotan anda terhindar dari rayap agar tetap awet.

Tips yang ke lima adalah jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Sudah sedikit di bahas di tipa ke tiga bahwa furniture berbahan rotan ini sebaiknya dihindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Tahukah anda bahwa bahan dasar rotan sangat rentan untuk pudar warnanya? Ya memang perabotan ini rentan untuk pudar warnanya jika terpapar sinar matahari secara langsung. Bagi para pengguna furniture berbahan rotan ini anda bisa memilih lokasi untuk meletakan perabotan tersebut di tempat yang dekat ventilasi. Pastikan perabotan anda mempunyai sirkulasi yang baik dan tetap mendapatkan sinar cahaya matahari walaupun tidak secara langsung.

Itulah lima tips menjaga furniture berbahan rotan. Pada dasarnya menjaga furniture rotan ini sangat mudah dilakukan. Namun terkadang pengguna furniture ini malas untuk merawatnya. Jika malas merawat furniture tersebut maka perabotan akan mudah rusak dan tentunya warnanya tidak secantik ketika baru. Lima tips di atas kini bisa mulai anda terapkan untuk perabotan rotan anda.

Scroll to top