Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah boleh mendapat makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu jenis buah yang sebaiknya diberikan adalah alpukat. Jika Anda ingin tahu kandungan gizi dan manfaat alpukat untuk bayi usia 6 bulan, simak penjelasan berikut.

Kandungan Gizi dan Manfaat Alpukat untuk Bayi 6 Bulan

Alpukat memiliki kandungan gizi yang baik untuk bayi, seperti serat, vitamin, protein, asam folat, ribovlafin, omega-3, dan mineral. Karena itulah, alpukat memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan

Alpukat memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi karena berguna dalam penyusunan sel-sel tubuh.

  1. Membantu Perkembangan Otak

Kandungan omega-3, mangan, dan kalium di dalam alpukat sangat baik untuk membantu perkembangan otak dan saraf bayi dan memengaruhi tingkat kecerdasan bayi.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Sebagai salah satu sumber asam folat, alpukat sangat dianjurkan untuk bayi usia 6 bulan. Di dalam tubuh, asam folat berguna untuk membantu mengatur tekanan darah bayi.

  1. Melindungi Organ Hati

Semua organ dalam tubuh bayi masih berkembang sehingga rentan terkena gangguan. Membiasakan bayi makan alpukat bisa melindungi organ hatinya dari penyakit seperti hepatitis.

  1. Membantu Pencernaan

Serat di dalam alpukat sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk membantu sistem pencernaan agar bisa bekerja optimal. Alpukat sangat baik untuk bayi yang mengalami sembelit.

 

 

Manfaat Alpukat untuk Bayi 6 Bulan sebagai MPASI
Scroll to top