Stroke adalah gangguan pembuluh darah otak yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah otak. Umumnya orang yang memiliki potensi tinggi terkena stroke adalah para lansia yang tidak memiliki gaya hidup sehat. Efek stroke sendiri sangat berbeda-beda pada setiap orang, namun untuk mempercepat pemulihan bisa dilakukan dengan cara terapi stroke di rumah. Berikut beberapa cara terapi stroke di rumah yang bisa anda lakukan;

  1. Menggunakan alat bantu jalan atau tongkat

Tongkat yang digunakan khusus pasien stroke adalah tongkat kaki empat yang jenisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Jenis-jenis tongkat untuk pasien stroke sendiri terbagi menjadi 4, yakni tongkat kaki 4, tongkat kaki 4 dengan roda, tongkat kaki 4 dengan kursi dan tongkat kaki 4 dengan roda dan kursi.

  1. Melatih sisi yang lumpuh

Bagi penderita stroke memang wajar jika selalu menggunakan sisi tubuh yang sehat dalam melakukan banyak hal. Namun mencoba melatih sisi yang lumpuh juga sangatlah penting. Tujuannya adalah agar bagian tubuh yang lumpuh tersebut terbiasa untuk bergerak.

  1. Berkemih secara teratur

Beberapa pasien stroke akan mengalami hilang kendali dalam berkemih, namun hal ini umumnya terjadi hanya sementara. Untuk mengatasinya maka sementara dapat dibantu menggunakan popok atau kateter, tapi bisa juga dengan dibiasakan berkemih teratur.

  1. Perkenalkan dengan benda disekeliling

Beberapa penderita stroke biasanya memiliki gangguan penglihatan pada satu sisi yang lumpuh.  Jika hal ini terjadi maka solusinya adalah dibantu diperkenalkan dengan urutan ruangan, lokasi peletakkan, cara membuka atau menutup pintu atau lainyya. Lama-kelamaan pasien akan terbiasa dengan sekeliling rumah meskipun tidak melihatnya secara jelas.

  1. Ajak bicara

Jika pasien stroke mengalami gangguan berbicara atau masalah komunikasi, maka dapat dilatih dengan mengajak bicara. Anda bisa membantunya berbicara lebih lambat dan pelan secara langsung sehingga dapat didengarkan dengan baik. Selain itu selalu beri dukungan dan dorongan yang kuat pada pasien karena hal ini akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit stroke.

Langkah-Langkah Terapi Pasien Stroke Dirumah
Scroll to top