Ada ikan yang baik untuk ibu hamil. Begitupun sebaliknya, ada beberapa jenis ikan yang kurang baik untuk ibu hamil. Faktanya, masih cukup banyak yang belum tahu hal paling mendasar seperti ini. Akhirnya banyak ibu hamil yang sembarangan mengonsumsi ikan.

Selama masa kehamilan, ibu hamil diharuskan untuk selalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Baik untuk dirinya sendiri maupun untuk janin yang sedang dikandungnya. Itulah kenapa ibu hamil diharuskan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi dan nutrisi. Misalnya saja seperti ikan.

Pentingnya Ikan untuk Ibu Hamil

Pendiri Beth WarrenNutrition sekaligus penulis Living Real Life with Real Food, Beth Warren mengatakan jika mengonsumsi ikan secara teratur sangatlah penting. Pasalnya ikan memiliki kandungan yang sangat baik. Misalnya saja seperti omega 3, DHA, dan EPA.

Selain itu, pada ikan juga dikenal mengandung protein, mineral seperti besi, magnesium, kalsium, Vitamin A dan D. Berbagai nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Ibu hamil yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan DHA akan melahirkan anak-anak yang lebih baik perkembangan otaknya. Selain itu DHA juga bermanfaat untuk perkembangan retina pada bayi.

Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Sebenarnya semua jenis ikan itu sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan ikan termasuk jenis makanan sehat yang dikenal rendah kandungan lemak jenuhnya. Namun kaya akan kandungan protein di dalamnya.

Selain itu, ikan juga dikatakan memiliki salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan, yakni asam lemak omega 3. Asam lemak tidak jenuh yang memiliki peranan penting dalam perkembangan sel-sel otak, saraf, dan mata bayi dalam kandungan.

Tidak berhenti di situ saja, beberapa ikan juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat. Itulah alasannya kenapa banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan ibu hamil untuk rutin mengonsumsi ikan.

Sementara itu, beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil diantaranya seperti ikan teri, ikan salmon, ikan teri, ikan mas, ikan nila, dan ikan kembung. Namun dibalik begitu besar manfaat ikan untuk ibu hamil, ada beberapa ikan yang harus dihindari oleh para ibu hamil. Apa saja itu?

Ikan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tidak bisa dipungkiri jika kandungan gizi pada ikan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Sayangnya penting untuk diketahui juga bawa ternyata ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari pada saat hamil.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (Food Drugs Administration atau FDA) mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait dengan jenis ikan yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Pihak FDA menyebutkan jika ada tujuh ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat mengandung. Apa saja itu?

Jenis ikan yang dimaksud FDA adalah king mackerel, marlin, hiu, orange roughy, tilefish dari Teluk Meksiko, todak, dan tuna jenis bigeye. Alasannya ketujuh ikan tadi menurut penelitian FDA mengandung level merkuri yang sangat tinggi.

Level merkuri yang sangat tinggi ini bisa berdampak buruk pada kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan efek terburuknya bisa memicu keguguran. Itulah mengapa para ibu hamil diminta untuk sementara waktu menghindarinya.

Tips Atasi Stres pada Ibu Hamil

Kurang stabilnya emosi pada saat hamil bisa disebabkan oleh pengaruh hormon atau stres. Kondisi ini umumnya akan membuat ibu hamil merasa sedih, marah, atau cemas secara tiba-tiba. Bahayanya, perubahan emosi yang drastis pada saat hamil tidak hanya berdampak pada ibu hamil, namun juga janin yang dikandungnya.

Dengan demikian, akan menjadi percuma jika Anda rutin mengonsumsi ikan yang baik saat hamil namun di sisi lain Anda tidak bisa menstabilkan emosi. Yang akan terjadi adalah akan ada dampak buruk untuk diri Anda dan janin yang tengah Anda kandung.

Pertanyaannya, bagaimana cara menstabilkan emosi selama masa kehamilan. Ternyata salah satu caranya adalah bisa dengan memelihara ikan hias. Pasalnya salah satu manfaat memelihara ikan hias adalah bisa menghilangkan stres. Apalagi jika didukung dengan akuarium yang secara desain sangat artistik seperti yang selalu dibuat oleh Aqua World

Memang banyak sekali hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Namun sebenarnya semua itu kembali lagi untuk diri Anda dan bayi yang tengah Anda kandung. Nah, selain rutin mengonsumsi ikan yang baik untuk ibu hamil, memelihara ikan hias tampaknya patut untuk dicoba.

Fakta Ilmiah Tentang Pentingnya Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Scroll to top