Manusia merupakan makhluk yang komplek dimana tubuhnya dilenglapi dengan organ dan sistem organ. Masing-masing organ memiliki peranannya sendiri dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Jika salah satu organ mengalami masalah, kegiatan manusia akan terganggu dan tidak dapat melakukan aktivitas yang seharusnya. Salah satu jenis penyakit yang merugikan tubuh manusia adalah kanker usus besar.  Kanker pada usus besar awalnya memiliki ukuran yang kecil dan dikenal dengan sebutan polip. Polip akan berubah menjadi ganas jika tidak diatasi dengan segera. Pada umumnya, penyakit ini dialami oleh mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Meskipun banyak dialami oleh manusia yang berusia lebih dari 50 tahun, kanker di usus besar dapat pula dialami oleh anak berusia muda. Untuk mengetahui lebih lanjut akan faktor yang dapat meningkatkan terjadinya kanker pada usus besar, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Riwayat menderita kanker usus

Bagi mereka yang memiliki riwayar terkena kanker usus, orang tersebut memiliki peluang besar untuk mendera kanker di daerah usus besar.

  1. Peradangan pada usus dapat pula meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus. Penyakit Crohn sendiri menjadi jenis penyakit yang membuat kanker usus dapat dialami oleh penderitanya.
  2. Orang-orang yang melakukan diet tinggi lemak memiliki potensi untuk menderita kanker di usus besarnya.
  3. Menderita diabetes
  4. Berat badan yang berlebih

Penderita yang mengalami kanker di bagian usus besar memiliki ciri-ciri dan gejala yang ditimbulkan. Gejala yang dialami oleh penderita merupakan ciri-ciri seorang menderita kanker pada bagian usus besar. Ciri yang pasti ada pada penderita adalah timbulnya benjolan yang berada di usus  besar. Benjolan yang dikenal polip ini akan berkembang tanpa terkontrol dan menjadi cikal bakal kanker. Penderita juga akan mengalami perubahan pada kebiasaan buang air besar. Penderita dapat mengalami diare atau kesulitan buang air besar. Ciri lain penderita kanker pada bagian usus besar adalah timbul rasa tidak nyaman pada bagian perut. Rasa tidak nyaman tersebut disertai dengan rasa sakit dan kram perut.

 

Faktor Resiko Ciri Ciri Kanker Usus Besar
Scroll to top