Ciri Khas Burung Murai Batu Yang Mudah Dikenali

Burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menjadi favorit pemiliknya. Burung memiliki berbagai macam jenis dan tentunya berbeda cara merawat antara burung satu dengan yang lain. Burung murai batu adalah salah satu jenis burung yang memang cukup sulit dalam perawatannya. Burung ini juga mempunyai ciri yang sangat khas sehingga menjadi salah satu burung yang sangat disukai.

Burung murai juga berasal dari berbagai daerah, ada medan, nias, borneo dan masih banyak lagi. Murai batu biasanya akan diberikan nama sesuai darimana burung itu berasal. Saat ini banyak sekali burung murai yang sangat cantik sehingga banyak orang yang suka merawatnya.

Untuk perawatan burung ini memang agak sulit dan membutuhkan banyak perhatian, namun tentunya anda tak perlu khawatir karena burung ini akan menjadi salah satu burung terbaik yang menjadi hewan piaraan anda. Jika anda belum mengenali ciri ciri khusus yang terdapat dalam burung ini sendiri, anda bisa melihat ulasan dibawah ini yang akan memberikan anda banyak informasi mengenai ciri ciri burung murai menurut suaraburung.co.id yang sangat khas dan bisa menjadi penanda di kala anda ingin membeli burung murai batu.

Berikut ini adalah ciri ciri dari burung murai yang bisa anda kenali :

  1. Fisik

Anda bisa mulai mengenali burng ini dari fiiknya. Burung murai yang mempunyai jenis baru mempunyai fisik yang sangat khas. Burung ini mempunyai ekor yang sangat bagus, melengkung dan juga Panjang. Burung murai mempunyai Panjang sekitar 27 hingga 30 cm. Dan untuk ekornya, burung mulai punyai Panjang ekor antara 17 hingga 20 cm. Burung ini  tentunya mempunyai ciri khas yang sangat unik sehingga anda bisa mengenai burung ini dari kejauhan.

  1. Mata besar

Burung ini juga punya mata yang lebar dan juga besar. Tatapannya sangat tajam dna juga memiliki bentuk mata yang bagus. Tatapan burung ini sangat pemberani sehingga mungkin membuat takut musuhnya. Jika bisa diartikan, bahwa burung ini mempunyai tatapan yang galak dan juga biasanya akan mudah menjadi juara dalam berbagai perlombaan.

pxhere.com
  1. Paruh lebar

Paruh burung ini lebar, lurus dan juga Panjang. Sangat mudah untuk dikenali dan juga bisa membuat siapa saja jatuh cinta dengan burung semacam ini. Anda akan melihat betapa bagus paruhnya dan jarang ada burung lain yang mempunyai paruh semacam itu.

  1. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh burung ini juga sangat favorit karena bentuknya proporsional, sehingga tidak ada yang terlalu besar atau kecil dan sangat seragam. Untuk bentuk fisiknya juga bisa dikatakan jika burung ini mempunyai bentuk fisik yang sangat indah dan dapat sangat mudah dikenali karena kecantikannya.

  1. Cengkraman burung kuat

Cengkraman burung ini sangta kuat dan juga tajam. Kakinya rapat ketika berpijak. Burung ini mempunyai kaki berwana hitam cokelat dan sangat tajam serta kuat ketika memegang atau berdiri di atas dahan atau kayu. Burung ini sangat mempunyai mental yang bagus dan sering memenangkan kejuaraan burung. Burung ini juga sering tak terkalahkan dan menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara atau juga diikutkan lomba burung atau semacam kontes burung.

  1. Gerakan lincah

Burung murai dikenal sebagai burung yang sangat aktif dan tidak bisa diam. Burung ini akan terbang kesana kemari sehingga butuh kendang atau tempat yang lumayan luas sehingga bisa membuat burung ini dapat beraktivitas dengan mudah. Burung murai batu memiliki Gerakan yang indah dan juga cepat sehingga bisa dikatakan bahwa burung ini salah satu jenis burung favorit yang bisa anda pelihara untuk menghilangkan stress anda ketika melihat Gerakan burungnya.

  1. Suara yang khas

Burung murai batu mempunyai suara yang sangat khas, keras dan juga lantang. Suara yang dihasilkan oleh burung ini akan menjadi penanda bahwa burung ini sehat dan juga dapat beraktivitas dengan baik. Menghasilkan suara ketrekan sehingag tidak putus ketika mengeluarkan suaranya. Anda akan melihat bahwa burung ini mempunyai suara yang sangat khas dan juga bisa anda bedakan dengan burung lain dan bisa menjadi burung favorit anda saat ini.

unsplash.com
  1. Sayap rapat

Burung murai baru juga mempunyai ciri khas berupa sayap yang rapat. Rapatnya sayap ini akan menjadi salah satu ciri bahwa burung ini berkualitas dan juga bagus untuk anda pilih. Todak akan longgar atau juga renggang sehingga ketika anda sedang memilih burung ini, pastikan bahwa anda akan melihat sayapnya yang rapat dan juga berpilin cantik. Sayap burung ini bisa menjadi tanda pengenal untuk anda ketika memilih mana burung murai yang mempunyai kualitas yang sangat bagus.

  1. Leher Panjang

Burung murai batu akan mempunyai suara yang bagus jika memang anda melihta lehenya yang Panjang dan juga berbulu rapat. Bentuk leher burung ini akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan dan tentu saja akan menjadi ciri dasar burung murai batu.

Itulah ciri khas dari burung murai yang bisa anda kenali. Burung ini termasuk salah satu burung yang terbaik.