Setelah melahirkan, tugas sang ibu selanjutnya adalah menyusui sang bayi. Bagi ibu baru, tentu akan sangat kesulitan untuk memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir. Ketika bayi baru lahir, pemberian ASI pertama sangat penting untuk mencegah terjadinya baby blue syndrome.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pemberian ASI eksklusif bagi bayi baru lahir dapat berjalan lancar. Berikut cara menyusui bayi baru lahir yang sangat dianjurkan, sebagai berikut:

  1. IMD (Inisiasi Menyusui Dini)

Secara lahiriah, bayi baru lahir sudah bisa menyedot ASI langsung dari ibunya. Proses pengenalan pertama kalinya inilah yang disebut dengan IMD. Sering kali banyak yang melewatkan momen ini, padahal tidak hanya bermanfaat bagi si bayi tetapi juga bagi ibu. Rasa lelah setelah melahirkan akan semangat kembali dengan didekapnya sang buah hati.

  1. Mengatur Posisi Menyusui yang Nyaman Bagi Bayi dan Ibu

Posisi yang baik bagi bayi baru lahir untuk dapat menyedot ASI adalah dengan meletakan bayi di atas ibunya. Badan bayi diletakan lurus antara kepala, pundak dan perut serta mulutnya pas dengan puting sang ibu. Usahakan seluruh puting masuk ke mulut bayi agar tidak terasa sakit.

Tidak hanya posis bayi, posisi ibu pun dibuat senyaman mungkin. Posisi peletakan ini akan sangat penting agar proses menyusui dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

  1. Kunsultasi dengan Konselor Laktasi

Jika terdapat kendala dalam menyusui, sebaiknya segera mungkin untuk berkonsultasi dengan konselor laktasi. Dengan begitu, masalah yang dihadapi dalam menyusui akan segera teratasi. Dengan begitu, Anda tidak terburu-buru memberikan dot dan juga susu formula yang kurang bagus untuk pertumbuhan bayi.

Demikan itulah cara menyusui bayi baru lahir. Selain beberapa hal tersebut, sang ibu juga harus mengetahui kebiasaan bayi saat menyusui. Jika terdapat kendala, sebaiknya jangan menyerah begitu saja karena pemberian ASI yang eksklusif akan sangat bermanfaat bagi bayi. Bahkan ada beberapa yang berpendapat jika ASI adalah obat bagi semua penyakit yang dialami bayi.

 

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir
Scroll to top