Resolusi foto anda terlalu kecil? Ubah dengan cara memperbesar resolusi foto anti pecah ini. Ikuti seluruh langkahnya dan nikmati foto dengan resolusi terbaik.

Resolusi foto adalah penentu dari baik buruknya foto yang diedit. Saat resolusi diperbesar secara paksa, maka hasil gambar yang didapat tidak maksimal. Dampak terburuknya adalah hasil foto yang pecah dan buram. Namun ternyata kini telah hadir cara memperbesar resolusi foto yang aman, sehingga foto tidak pecah dan menyebabkan buram. Lantas, bagaimana cara yang dapat dijalankan agar resolusi foto tetap aman? Semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan anda dalam menjalankannya.

Cara memperbesar resolusi sebuah foto dapat dijalankan dengan dua cara, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Namun dikesempatan kali ini, akan disampaikan cara mengubah resolusi dengan aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah Adobe Photoshop. Aplikasi ini biasanya sudah didapat secara langsung saat komputer telah terinstalasi. Jika belum memilikinya, download segera agar semua langkah-langkah yang disampaikan dibawah ini akan berjalan lancar.

Cara Memperbesar Resolusi Foto dengan Adobe

Cara ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan cara lainnya. Namun untuk penjelas langkah-langkah yang dapat diikuti anda dapat menyimaknya dibawah ini,

  1. Buka Software

Pertama, anda harus membuka aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian buka gambar atau foto yang akan diubah resolusinya. Caranya adalah membuka menu file dan tekan open. Pilihlah gambar yang akan dirubah. Langkah berikutnya adalah menantikan beberapa saat hingga aplikasi muncul pada layar. Selanjutnya klik menu dan pilih menu new untuk memulai perubahan resolusi.

 

  1. Layer Baru

Setelah selesai dengan perubahan resolusi, maka akan muncul sebuah layar baru. Di langkah berikutnya adalah memasukan form Nama. Isikan sesuai dengan keinginan atau bebas. Pada langkah selanjutnya masukan ukuran yang diinginkan. Disarankan untuk membuatnya dalam ukuran besar, sehingga menghasilkan gambar dengan ukuran maksimal.

 

  1. Form Resolusi

Bagian selanjutnya adalah mengisikan resolution. Untuk anda yang ingin mengubah resolusi, sebaiknya buat resolusi dengan ukuran besar. Semakin besar angka yang dimasukkan, maka semakin baik kualitas gambar. Namun perlu diingat bahwa ukuran gambar atau foto nantinya akan semakin besar. Setelah itu tekan menu OK dan tunggu prosesnya beberapa saat.

 

  1. Pindahkan File

Berikutnya pindahkan gambar yang akan perbesar resolusinya dalam layer baru. Caranya mudah dengan klik kemudian drag. Tanpa menunggu lama, langkah selanjutnya adalah pemindahan gambar. Pemindahan gambar dapat dilakukan dengan klik move tool yang terdapat pada toolbox. Langkah berikutnya adalah memindahkan layer gambar yang akan diperbesar resolusinya.

 

  1. Periksa Perbandingan

Setelah proses pemindahan pada layer berwarna putih selesai, periksa perbandingan yang akan nampak pada gambar yang telah dirubah. Caranya dengan memperhatikan resolusi dengan layer penampungnya. Kemudian pastikan layer teratas merupakan layer dari gambar yang akan diperbesar resolusinya. Periksa kembali apakah semua proses yang dijalankan sudah tepat.

 

  1. Convert

Langkah selanjutnya adalah kembali menekan pada menu layer, lalu pilih menu smart objects. Anda akan dihantarkan pada tampilan berikutnya, menu berikutnya yang harus dipilih adalah menu convert to smart object. Pada proses inilah memperbesar obyek gambar akan dimulai, caranya adalah menekan menu edit dan pilih free transform.

 

  1. Scale

Menu free transform dapat pula disamakan transform. Tidak berselang lama, anda akan dihantarkan pada menu berikutnya yaitu scale. Periksa kembali beberapa saat apakah ukurannya telah sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika telah usai, maka simpan gambar yang telah dirubah tersebut. Caranya, klik menu file dan simpan dengan nama yang telah dipilih.

Langkah-langkah di atas harus dijalankan secara lengkap. Tanpa menjalankannya dengan benar, maka proses ini tidak akan membuahkan hasil maksimal. Lantas, apa saja keuntungan dalam menjalankannya?

Keuntungan Cara Memperbesar Resolusi Foto

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapat saat menjalankan cara memperbesar resolusi sebuah foto dengan adobe. Sehingga anda lebih yakin dalam menjalankannya,

  1. Cepat

Saat anda menjalankan cara ini, dengan memanfaatkan Adobe dinilai lebih cepat. Karena pengguna hanya perlu memanfaatkan sebuah aplikasi untuk mengubah resolusi. Bayangkan bila memanfaatkan cara lain, terdapat banyak proses yang harus dijalankan. Selain itu, proses tersebut akan menghambat pekerjaan bila harus mengubah foto dalam waktu singkat.

 

  1. Mudah

Kemudahan lainnya adalah anda mendapatkan keuntungan dalam menggunakannya. Karena telah tersedia banyak petunjuk agar dapat menjalankannya dengan mudah. Bila memang membutuhkan bantuan, kini tersedia video yang dapat pula dijadikan petunjunk. Namun semuanya dapat dijalankan jika download camera user manual telah dilakukan dan sesuai.

 

  1. Gratis

Berikutnya anda bisa mendapatkan aplikasi secara gratis. Selain itu, tidak ada modal tambahan yang harus dikeluarkan saat menggunakannya. Karena fitur memperbesar sebuah foto dapat dimanfaatkan secara gratis. Berbeda dengan memanfaatkan cara lain seperti website, akan dibutuhkan kuota internet dan layanan lain agar semua fitur dapat dimanfaatkan maksimal.

Setelah memahami penjelasan di atas, apakah anda memahami semua proses yang dijalankan? Tidak perlu khawatir, karena cara memperbesar resolusi foto tidak terlalu sulit. Tapi saat kesulitan manfaatkanlah bantuan ahli, sehingga setiap prosesnya dapat berjalan lancar. Serta ingat, kunci agar berhasil menjalankannya adalah selalu mencoba, hingga mendapatkan resolusi yang diinginkan.

Cara Memperbesar Resolusi Foto, Aman dan Anti Pecah!
Scroll to top