Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia tentu memiliki suhu yang cukup panas. Hal tersebut bagi sebagian orang tentu membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk itu, diperlukan sebuah AC untuk mengatur suhu ruangan. Jika kamu tertarik untuk menggunakan AC namun dana terbatas, kamu bisa juga memanfaatkan cara membuat AC dari kipas angin.

Pada dasarnya membuat AC dari kipas angin tidaklah terlalu rumit. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan. Akan tetapi, kamu juga harus mengerti bagaimana sistem kerja dari AC tersebut. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membantumu dalam membuat AC dari kipas angin.

Cara mudah membuat AC dari kipas angin.

Sebelum mulai membahas mengenai cara membuat AC dari kipas angin, perlu kamu pahami juga bahwa hasil akhirnya tidak selalu sesuai dengan harapan. Semua tergantung kepada bagaimana kamu merakitnya. Tentunya hasil AC dari kipas angin ini akan berbeda kualitasnya bila dibandingkan dengan membeli AC yang sudah jadi.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sebuah AC dari kipas angin, tentu kamu perlu beberapa alat tambahan. Alat dan bahan tersebut dapat kamu dapatkan dengan mudah di toko kesayanganmu. Inilah alat dan bahan yang harus kamu sediakan:

  •         Kipas angin
  •         Tabung tembaga dengan ukuran ¼ (copper tube)
  •         Selang plastik transparan (clear hose pipe)
  •         Pengikat (cable tie)
  •         Bejana kecil
  •         Pompa air untuk akuarium
  •         Peralatan tukang standar

Jika kamu sudah bisa mendapatkan itu semua, artinya kamu siap untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Untuk itu, silahkan persiapkan dulu jika alat dan bahan tersebut belum lengkap.

Langkah yang harus dilakukan

  1.     Buat sebuah lingkaran menggunakan tabung tembaga dengan bentuk melingkari bagian cover dari kipas angin yang kamu punya. Selanjutnya, kamu harus menempelkannya pada cover kipas angin secara merata. Kamu bisa melepas cover kipas angin terlebih dahulu agar memudahkan pekerjaanmu.
  2.     Untuk memperkuat pola, tambahkan ikatan menggunakan cable tie dengan rapi. Usahakan kamu melakukan proses ini dengan rapi agar tidak terlihat menonjol.
  3.     Setelah pola ini selesai, selang tembaga tadi harus kamu sambungkan dengan selang bening. Nantinya selang bening ini akan mengalirkan air secara merata.
  4.     Pasang kembali cover kipas angin dengan baik dan benar. Usahakan agar selang tidak terjepit agar sirkulasi air tidak terganggu sama sekali.
  5.     Selang plastik tadi harus kamu sambungkan dengan pompa air. Nantinya air tersebut disemburkan dari pompa air akuarium tersebut.
  6.     Siapkan bejana untuk tempat menaruh air dan es. Kamu bisa juga menggunakan wadah tertutup agar es bisa menjadi jauh lebih awet.
  7.     Buat pompa air tadi bisa menghisap air dari bejana agar proses bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga harus membuat sisi lain dari selang tersebut masuk kembali ke dalam bejana tadi.
  8.     Uji coba kipas tersebut dan rapikan jika selang masing mengganggu pandangan.

Jika kamu sudah sampai pada tahap ini, artinya kamu sudah selesai membuat sebuah AC dari kipas angin. Kamu bisa mulai mencobanya di ruangan yang cukup panas agar bisa membuktikan seberapa dingin AC buatan ini bekerja. Pastikan bahwa kamu sudah mengisi bejana tersebut dengan air dan es batu agar proses pendinginan bisa berjalan. Selain itu, usahakan agar tidak terjadi kebocoran yang dapat beresiko untuk kipas angin.

Efektivitas penggunaan AC dari kipas angin

Pada dasarnya AC buatan dari kipas angin ini tentu tidak bisa sedingin AC konvensional. Hal tersebut karena AC dari kipas angin ini menggunakan media es batu untuk membuat suhu dingin. Untuk AC konvensional pada dasarnya menggunakan freon yang tentunya lebih efektif mendinginkan sebuah ruangan. Namun, AC dari kipas angin ini bisa menjadi jawaban apabila kamu belum memungkinkan untuk membeli sebuah AC standar di toko. Selain itu, kamu juga harus membuat seluruh skema sirkulasi bisa berjalan dengan baik dan benar agar suhu dingin bisa kamu rasakan.

Kesimpulan

Membuat sebuah AC dari kipas angin pada dasarnya tidaklah terlalu rumit. Kamu hanya perlu merakit sebuah sistem sirkulasi pendinginan menggunakan air dan es batu. Tentunya kamu harus membeli sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan agar sistem sirkulasi bisa berjalan dengan baik. Selain itu, kamu juga harus merakitnya dengan baik dan benar agar tidak merepotkan ketika digunakan.

Untuk penggunaan AC dari kipas angin ini tentunya tidak bisa sedingin jika menggunakan AC standar. Meskipun begitu, kamu bisa memanfaatkan AC dari kipas angin ini untuk mengatasi permasalahan suhu ruangan yang panas apabila tidak memungkinkan membeli AC yang baru. Setidaknya ini bisa menjadi salah satu solusi mendinginkan suhu ruangan yang terlampau panas.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara membuat AC dari kipas angin. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mendinginkan suhu ruangan dengan peralatan dan bahan yang murah dan mudah untuk dijumpai. Pastikan bahwa kamu merakitnya sesuai dengan langkah-langkah pembuatan yang benar agar AC tersebut bisa bekerja dengan baik dan benar.

Dan jika kamu ingin membeli AC asli dengan harga murah,  mungkin kami bisa mencari AC bekas yang dijual di tukang Service ac jogja dan sekitarnya.

 

Cara Membuat AC dari Kipas Angin Yang Mudah
Scroll to top