Burung dara dengan kemampuan terbang cepat, tinggi dan dapat mendarat dengan baik, siapa sih yang tidak ingin? Burung dara seperti inilah yang biasanya memiliki kemampuan unggul di ajang perlombaan.

Nah! Anda pun harus memilih burung dara yang memiliki kualitas unggul di samping memiliki kemampuan yang patut dibanggakan. Namun, tahukah anda bahwa itu semua butuh dilatih? Maka, berikut ini cara melatih burung dara terbang cepat dan mendarat dengan baik adalah sebagai berikut

1) Latih Dengan Jarak Dekat

Melatih burung dara tidak bisa dilakukan secara instan. Maka untuk dapat melatihnya memerlukan kesabaran tinggi serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam proses awal pelatihan, anda dapat melatih burung dara untuk naik turun kandangnya sendiri. Hal ini sangat penting bagi si burung dara agar dapat mengenal kandangnya.

Selain berlatih seperti itu, anda dapat melakukan pelatihan jarak dekat dengan memegang si burung dara betina. Biasanya untuk tahap latihan anda dapat melatih si burung dara dengan jarak kisaran 1-2 meter. Melatih burung dara supaya memiliki kecepatan yang semakin bertambah tiap hatinya.

2) Latih dengan Jarak Jauh

Begitu setiap hari anda sudah melatih burung dara dengan jarak yang cukup dekat, di hari-hari berikutnya karena anda sudah melatihnya, tambahlah jaraknya. Mulai dari jarak kisaran 3 meter, 5 meter, 9 meter, bahkan hingga nantinya anda melatih burung dara dengan jarak sampai 50 meter.

Untuk latihan jarak yang cukup jauh, biasanya selain mengenali si betina, burung dara dapat menggunakan patokan kandangnya. Maka tidak heran saat burung dara terbang jauh bis kembali ke kandangnya sendiri. Hal ini dikarenakan ia sudah mengenali kandangnya. Pun pengenalan terhadap kandang ternyata sangatlah penting.

Anda tidak hanya terlepas dari bentuk latihan saja setiap harinya. Anda dapat memberi si burung dara asupan vitamin atau jamu. Biasanya untuk burung dara tinggian yang diberi jamu akan menjadi agresif terhadap betinanya, sehingga sangat mempengaruhi proses terbang tinggi dan mendarat dengan baik.

Itulah beberapa cara melatih burung dara yang bisa kamu lakukan agar burung dara bisa terbang cepat dan mendarat dengan baik.

 

Cara Melatih Burung Dara Terbang Cepat dan Mendarat Dengan Baik
Scroll to top