Masa kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Pada masa ini, tak jarang pula seorang calon ibu akan mengalami kondisi yang lebih sensitif daripada biasanya. Calon ibu dapat merasakan tidak nyaman karena sering mual, tidak suka akan bau tertentu atau bahkan menginginkan (ngidam) makanan pedas. Lalu, bolehkah makan cabe saat hamil?

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Cabe?

Bagi anda pecinta makanan pedas, tentu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat menghindari kebiasaan tersebut. Namun, makanan pedas bisa saja membuat pencernaan tidak nyaman karena semasa hamil seorang ibu akan mengalami kejadian yang tidak biasa. Tentunya, rasa mual yang seringkali dialami dapat menghambat keseharian akibat berbagai rasa sakit yang dapat ditimbulkan.

Pada dasarnya, rasa mual yang dialami semasa hamil adalah kondisi terdorongnya lambung dan usus akibat pembesaran janin. Hal ini menyebabkan seorang ibu hamil akan mengalami ketidaknyamanan dengan makanan-makanan tertentu. Dalam hal ini, makan makanan pedas tentu tidak disarankan secara berlebihan walaupun tidak ada larangan. Lantas, bolehkah makan cabe saat hamil?

Apa Akibatnya Jika Ibu Hamil Banyak Makan Pedas?

Cabe adalah salah satu bahan yang diracik untuk menciptakan makanan pedas. Bagi bumil yang menyukai makanan pedas, sangat disarankan untuk mengurangi makanan tersebut semasa kehamilan karena dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Beberapa akibat yang dapat ditimbulkan ketika makan makanan pedas secara berlebihan dapat dijelaskan sebagai berikut.

Banyak yang menyebutkan bahwa makanan pedas dapat memicu keguguran, apalagi ketika trimester pertama. Namun, kondisi sebenarnya tidak demikian. Bumil yang mengalami trimester pertama dan menyukai makanan pedas dapat menimbulkan diare, sehingga cairan tubuh akan berkurang dan tubuh akan lemah. Akibatnya, bumil akan lebih susah untuk beraktifikas.

Bagi anda yang suka makanan pedas, mengkonsumsi makanan pedas dapat menambah selera makan anda. Namun, anda perlu berhati-hati jika makan makanan pedas terlalu berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh anda mengalami sakit maag atau lambung. Selain itu, kondisi ini juga dapat memicu anda mengalami mual yang hebat.

Makan makanan yang pedas semasa hamil pada trimester terkahir juga dapat memicu naiknya asam lambung. Selain mengalami kondisi pencernaan yang kurang nyaman, bumil dapat mengalami kondisi badan yang mudah lelah, sakit di ulu hati, bahkan kondisi badan yang tidak enak.

Selain itu, bayi yang ada dalam kandungan juga dapat meningkatkan frekuensi tendangan ketika bumil makan pedas. Dalam hal ini, bayi yang ada dalam kandungan dikelilingi oleh cairan ketuban. Akibatnya, cairan ketuban akan menjadi sedikit lebih pedas, sehingga ketika bumil mengkonsumsi makanan pedas sewajarnya akan menjadi pengenalanan rasa bayi di kemudian hari.

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang sangat diminati oleh setiap orang. Makanan pedas seringkali dapat meningkatkan nafsu makan bagi anda yang menyukainya. Namun, masa kehamilan adalah masa yang paling sensitif. Untuk itu, bagi anda yang sedang hamil sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas.

Bolehkah Makan Cabe Saat Hamil? Yuk Simak Disini
Scroll to top