Kerusakan fungsi pada organ tubuh kita tentunya akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan apalagi jika itu berhubungan dengan proses metabolisme. Contohnya adalah pankreas yang merupakan organ penghasil enzim pencernaan dan juga hormon. Gangguan pada fungsi pankreas bisa menjadi masalah serius untuk kesehatan kita.

Salah satu bentuk gangguan tersebut yaitu terjadinya peradangan pada pankreas, dengan gejala seperti berikut ini.

Ciri Serta Gejala Peradangan Pankreas

Timbul Rasa Mual

Gejala yang cukup mudah dikenali adalah timbulnya rasa mual pada daerah ulu hati dimana pankreas terletak di dalam tubuh kita. Anda harus mewaspadai mual yang timbul setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang berlemak. Rasa mual tersebut timbul karena ketidakmampuan pankreas menghasilkan enzim untuk memecah lemak tersebut. Akibatnya akan timbul rasa mual yang kadang juga disertai muntah.

Diare

Terjadinya peradangan pada pankreas juga bisa memicu timbulnya diare yang disebabkan oleh kurang sempurnya enzim pencernaan. Fungsi pankreas yang menurun menyebabkan sistem pencernaan terganggu sehingga vitamin larut dalam air dan lemak susah dicerna. Akibatnya Anda akan mengalami diare.

Nyeri Perut

Waspadai nyeri yang terjadi di perut kemudian menjalar hingga punggung bagian bawah. Terlebih jika rasa nyeri terjadi selama berminggu-minggu bisa jadi pankreas Anda sedang mengalami masalah

Waspadai Ciri dan Gejala Radang Pankreas Berikut Ini
Scroll to top