Ini Dia Persiapan Sukses TOEFL Reading

TOEFL Reading merupakan salah satu bagian yang paling terakhir dari keseluruhan rangkaian tes TOEFL. Bagian ini menjadi salah satu bagian yang memiliki alokasi waktu yang cukup panjang. Hal ini karena pada bagian ini peserta dituntut untuk membaca banyak bacaan yang harus dikerjakan oleh para peserta TOEFL. Meskipun waktu yang diberikan cukup panjang, namun jika akan terasa sangat singkat jika Anda tidak memanfaatkannya dengan baik. Dalam hal ini membaca cepat serta mampu mengidentifikasi inti dari bacaan dengan cepat menjadi keterampilan yang dibutuhkan.

Untuk menghemat waktu dalam pengerjaan bagian reading ini, Anda dapat menggunakan beberapa teknik membaca seperti memilih bagian-bagian yang penting untuk dibaca dari keseluruhan isi paragraf yang langsung berkaitan langsung dengan deretan pertanyaan yang diajukan. Untuk itu Anda perlu belajar TOEFL bagian reading secara khusus. Mungkin jika Anda membutuhkan seorang pembimbing untuk hal ini, Anda dapat bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris atau mencari tutor yang dapat memberikan bimbingan secara online.

Persiapan untuk Menghadapi TOEFL Reading

Pada sesi reading ini, pesertaakan disajikan beberapa bacaan dari berbagai topik atau tema yang terdiri dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Meskipun diambil dari ragam ilmu yang berbeda, peserta tidak akan diuji soal pengetahuannya dalam ilmu tersebut, melainkan diuji tentang kemampuan membaca serta kemampuan dalam memahami bacaan.

Dalam sesi ini, sebenarnya semua jawaban telah tercantum di dalam bacaan baik itu secara implisit atau eksplisit. Nah saat Anda menghadapi soal-soal dalam sesi reading ini, Anda akan ditanya tentang beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan topik bacaan, ide pokok atau main idea, kosa kata atau vocabulary, rincian atau details, kesimpulan atau inference, penyamaan dengan objek atau reference, dan juga pengecualian. Untuk itu persiapan yang matang untuk menghadapi bagian reading menjadi hal yang paling penting. Iya dalam hal ini Anda dapat melakukan persiapan dengan cara banyak berlatih membaca bacaan berbahasa Inggris dari bidang apa saja.

Perlu diketahui bahwasannya pada bagian ini terdapat beberapa pertanyaan yang akan sering untuk ditemui mulai dari topik bacaan, tema bacaan, ide pokok paragraf, dsb. Untuk itu penting bagi Anda memiliki teknik membaca yang baik serta efisien untuk memahami kalimat menjadi modal utama yang harus dimiliki untuk menakhlukkan bagian reading. Dalam hal ini terdapat beberapa teknik membaca yang bisa Anda gunakan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Teknik skimming

Teknik skimming merupakan teknik membaca cepat guna mencari ide pokok atau isi bacaan secara umum.

  • Teknik scanning

Teknik scanning juga sering disebut sebagai teknik jamak yakni merupakan teknik membaca cepat suatu teks guna mencari informasi tertentu.

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sesi reading merupakan bagian termudah dalam reading. Hal ini karena dapat dipastikan bahwa semua jawaban dapat ditemukan di dalam teks bacaan. Meskipun demikian belajar TOEFL sejak dini merupakan modal penting yang harus dipersiapkan oleh para peserta TOEFL. Nah untuk mengerjakan soal-soal dibagian reading, Anda dapat menggunakan teknik skimming teks bacaan sebelum melihat pertanyaan. Selanjutnya Anda dapat mengecek pertanyaan untuk memetakakn bagian mana yang perlu Anda baca dengan teliti. Anda juga dapat menggunakan teknik scanning paragraf untuk mencari bagian yang perlu dibaca dengan intensif. Jika terdapat kata yang belum Anda kuasai, maka Anda dapat menebaknya dengan memperhatikan konteks kalimat.

Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca

Untuk dapat mengerjakan bagain reading dengan hasil yang memuaskan, tentu keterampilan membaca menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dipersiapkan. Dalam hal ini kemampuan membaca dengan cepat dan baik adalah skill yang bisa terus berkembang tergantung bagaimana melatihnya. Nah bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan membaca, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Pastikan Anda memiliki kesehatan mata yang baik sebelum berlatih membaca cepat. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan alat bantu apabila mata Anda mengalami masalah sehingga Anda tidak mengalami kendala saat membaca.
  2. Untuk dapat membaca dengan cepat, Anda dapat menghilangkap vokalisasi atau kebiasaan mengucapkan kata saat membaca.
  3. Kemudian belajarlah untuk membaca hanya dalam satu tahap saja atau tidak mengulang-ulangi suatu bacaan.
  4. Nah untuk dapat membaca dengan cepat, Anda dapat memperluas jangkauan mata Anda. Mulailah dengan membaca frasa perfrasa bukan secara kata per kata.
  5. Memperbanyak berlatih membaca dan belajar TOEFL khususnya reading tentunya menjadi salah satu langkah yang paling tepat. Dalam hal ini Anda dapat mengalokasikan antara 15 – 30 menit waktu Anda setiap harinya untuk membaca.
  6. Mulailah untuk menghitung kecepatan membaca Anda. Hal ini akan sangat penting sebagai upaya mengukur perkembangan keterampilan membaca Anda.
  7. Anda dapat berlatih dengan membaca 3-4 artikel setiap harinya selama beberapa minggu.
  8. Jika kemampuan Anda mulai meningkat, Anda dapat mencoba membaca teks-teks bacaan yang lebih sulit dalam hal kosa kata, model, dan juga isinya.
  9. Untuk mempermudah proses membaca cepat, Anda dapat menggunakan teknik finger tracking atau menggerakkan jari dari atas ke bawah halaman.
Scroll to top