Semakin menjamurnya usaha depot isi ulang air minum jadi peluang besar untuk memulai bisnis mesin air minum isi ulang. Cara untuk memulai bisnis mesin air minum isi ulang pun tidak terlalu susah, sebab yang terpenting Anda sudah membuat sebuah perencanaan yang matang. Apa saja perencanaan yang harus dibuat untuk memulai bisnis mesin air minum isi ulang? Simak ulasan ini sampai akhir.

Table of Contents

Hal-hal yang Perlu Direncanakan saat Memulai Bisnis Mesin Air Minum

  • Mempelajari Market dan Lokasi anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis mesin air minum isi ulang adalah melakukan survei ada berapa banyak depot isi ulang air minum yang ada di tempat Anda hendak memulai bisnis mesin air minum isi ulang.

Selain itu, cek pula ada berapa banyak orang yang telah membuka usaha mesin air minum isi ulang di daerah tersebut. Jika jumlahnya tidak sebanding dengan orang yang membuka usaha depot air minum isi ulang, maka itu artinya market Anda terbuka lebar.

  • Mempelajari Kompetitor

Hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu dengan mempelajari competitor Anda. Survei kepada calon konsumen Anda mengenai daftar harga peralatan mesin air minum yang biasanya mereka dapatkan, kualitas dari mesinnya, bonus, promosi dan lain sebagainya sebagai data-data penguat untuk menyusun strategi penjualan yang lebih matang.

  • Menyiapkan Strategi

Sebelum Anda memulai usaha mesin air minum isi ulang, maka sangat penting untuk menyiapkan strategi marketing yang baik. Anda harus menyiapkan banyak rencana cadangan sebagai antisipasi jika rencana utama tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Memang benar kalau sudah rezeki tidak akan kemana, namun sebagai seorang pengusaha menyiapkan berbagai rencana merupakan hal yang sangat penting.

  • Jaga Fokus

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan jika Anda benar-benar ingin memulai usaha mesin air minum isi ulang adalah menjaga fokus dengan baik setidaknya selama 6 bulan. Anda harus berani mencurahkan seluruh waktu dan pikiran Anda dalam kurun waktu 6 bulan untuk melihat perkembangan dari bisnis yang Anda tekuni.

  • Sangat Penting untuk Optimis

Sikap optimis sangat penting untuk dimiliki seorang pengusaha. Seorang pengusaha harus punya sifat tidak takut untuk gagal. Ingat, tidak ada yang mudah untuk merintis sebuah bisnis, pasti selalu ada jalan terjal yang harus dilalui. Namun, sebesar apapun rintangannya, Anda tidak boleh cepat menyerah dan harus meyakini setiap usaha Anda.

  • Cari Tahu Kelebihan dari Bisnis Sendiri

Ketika Anda memutuskan untuk memulai usaha mesin air minum isi ulang, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dari usaha sendiri. Terlebih lagi dengan menjamurnya competitor, maka Anda harus temukan apa yang menjadi kelebihan dari bisnis Anda untuk menarik para konsumen menggunakan jasa Anda.

  • Memilih Produk yang Berkualitas

Biasanya harga dari mesin air minum ulang sangat bervariasi dan semua tergantung dari distributor. Untuk membuat konsumen puas, maka sangat penting untuk menawarkan produk berkualitas dan terbaik dari bisnis Anda sehingga mereka tidak akan mudah berpaling ke lain hati.

  • Perlakukan Pelanggan dengan Baik

Jangan lupa, pelanggan adalah raja. Meskipun terkadang pelanggan Anda banyak mintanya dan cenderung rewel, namun jangan pernah berhenti memberikan pelayanan terbaik kepadanya.

Sebab, Anda tidak pernah tahu jika nantinya dari pelanggan yang rewel itu akan datang-datang pelanggan-pelanggan lainnya yang justru malah lebih pengertian dan lain sebagainya.

Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis Mesin Air Minum Isi Ulang

Setiap pengusaha pasti sangat ingin jika bisnis mesin air minum isi ulangnya terus meningkat omsetnya, setuju? Namun untuk menaikkan omset diperlukan strategi yang tepat. Lantas bagaimana caranya?

  • Menetapkan target

Jika Anda ingin menaikkan omset usaha mesin air minum isi ulang yang ditekuni, maka jangan malas untuk menetapkan target penjualan setiap bulannya. Misal, tiga bulan pertama target penjualan harus Rp 500 juta, tiga bulan kedua harus Rp 1 miliar dan lain sebagainya.

Dengan menetapkan target, Anda akan terus memacuh diri untuk terus berupaya yang terbaik agar ketika close book di akhir bulan, Anda bisa tersenyum lega karena semua target-target tersebut akhirnya tercapai.

  • Memberikan layanan yang beda dari yang lain

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan yaitu dengan memberikan pelayanan yang berbeda dari yang lain. Misal, kalau di kebanyakan tempat tidak ada layanan memasang alat gratis, maka Anda bisa berikan layanana tersebut kepada pelanggan Anda sehingga mereka pada akhirnya tidak punya pilihan Anda selain harus memilih Anda.

  • Gencar promosi

Melakukan promosi yang gencar merupakan salah satu cara menaikkan omset. Terlebih lagi saat ini, promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa lewat media sosial, dari radio, surat kabar, mulut ke mulut dan lain sebagainya.

Promosi merupakan cara Anda untuk memperkenalkan produk yang dijual agar masyarakat luas tahu, jika suatu saat nanti mereka membutuhkan mesin air minum isi ulang saat ingin membuka usaha depot air minum isi ulang, mereka akan langsung menghubungi Anda. Promosi harus gencar dilakukan setidaknya selama tiga bulan untuk melihat bagaimana respons dari pasar.

Gampang Banget! 8 Tips Bisnis Usaha Mesin Air Minum Isi Ulang Bagi Pemula
Scroll to top