Sekolah Tinggi Transportasi Udara atau akrab dipanggil dengan STTD ini merupakan salah satu sekolah tinggi dinas yang berada pada naungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah tersebut bergerak dalam bidang transportasi yang pada hal ini khusus pada transportasi darat. STTD mempunyai lima program studi yang terdiri dari Diploma IV transportasi darat, Diploma III lalu lintas dan angkutan jalan, Diploma III perkerataapian, Diploma III lalu lintas angkutan aungai dan penyebrangan, serta Diploma II pengujian kendaraan bermotor. Saat ini STTD juga mempunyai 3 cabang kampus yaitu BPPTD cabang Bali, BPPTD cabang Palembang, BPPTD cabang Mempawah, serta satu kampus pusat yaitu STTD di Bekasi.

Seleksi yang dilakukan untuk masuk STTD terbilang cukup ketat dan melalui berbagai macam tahap. Pelajar yang memiki minat tinggi pada untuk lolos dalam STTD juga tidak sedikit. Tidak jauh berbeda dari uji masuk perguruan tinggi lain, ketika ingin masuk STTD juga pada awalnya kita diharuskan untuk seleksi berkas sebelum masuk dilakukan tes. Pendafataran untuk masuk STTD melalui website www.sipencatar.dephub.id sekaligus melengkapi berbagai macam berkasnya. Selanjutnya anda tinggal menunggu panggilan yang menentukan apakah anda lolos seleksi administrasi atau tidak.

Di dalam STTD terdapat dua progam pilihan yaitu program reguler dan program pola pembibitan. Jika anda lolos seleksi administrasi pada program reguler, lima tahap tes seleksi sudah menunggu anda. Tes tersebut terdiri dari tes potensi akademik, tes psikotes, tes kesehatan, samapta atau tes fisik, serta tes wawancara. Sedangkan pada program pola pembibitan terdapat 6 tes seleksi yang juga sudah menunggu yaitu tes kemampuan dasar, tes potensi akademik, tes psikotes, tes kesehatan, samapta atau tes fisik dan tes wawancara.

Ketika anda lolos tes, anda akan dimintai surat persutejuan orang tua dan jika orang tua anda menyetujui, anda bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tahap seleksi yang digunakan dalam tes masuk sekolah ini hampir sama seperti yang lainnya yaitu menggunakan sistem gugur. Sangat disarankan juga bagi anda untuk mengikuti program bimbel STTD demi mematangkan persiapan anda memakusi sekolah tersebut.Untuk setiap tahapan seleksi anda akan dimintai biaya tes yang dibayarkan pertahap. Informasi yang valid terkait biaya tes terbaru bisa anda lihat di www.sttd.ac.id .

Setelah akhirnya orangtua menyetujui barulah saya mengurus administrasi untuk dapat verifikasi dan lanjut ke tahap berikutnya. Tahap seleksi menjadi calon taruna STTD ini seingat saya (maaf kalau salah) pada zaman saya membutuhkan biaya sekitar kurang lebih Rp.1.800.000 untuk seluruh tes juga pendaftaran dan dibayar per tahap seleksi, mungkin untuk nominal yang lebih valid dan apabila ada perubahan informasinya dapat dilihat pada website www.sttd.ac.id. Yang harus menjadi catatan adalah uang pangkal untuk masuk ke dalam sekolah ini banyak dikeluhkan karena termasuk dalam kategori mahal. Tahap seleksi di STTD ini menggunakan sistem gugur.

STTD sendiri sejauh ini hanya menerima pelajar menengah atas dengan lulusan IPA dan SMK jurusan teknik atau yang signifikan sehingga banyak tes yang mengorek pengetahuan anda terkait ilmu-ilmu tersebut. Berikut merupakan gambaran dari setiap tahapan seleksi di STTD.

  1. Tes samapta atau tes fisik
    1. Lari selama 12 menit
    2. Lari di angka 8
    3. Push up selama 1 menit
    4. Sit up selama 1 menit
  2. Tes potensi akademik
    1. Mata pelajaran Matematika
    2. Mata pelajaran Fisika
    3. Mata pelajaran Bahasa Indonesia
    4. Mata pelajaran Bahasa Inggris
  3. Tes psikotes

Untuk tes psikotes hampir sama dengan psikotes lainnya. Pada dasarnya psikotes tidak memiliki jawaban benar maupun salah. Dari tes ini, anda bisa menempatkan kepribadian anda apakah sesuai dengan sistem perkuliahan di STTD ini atau tidak.

  1. Tes kesehatan
    1. Tinggi badan
    2. Berat badan
    3. Tidak buta warna
    4. Dalam keadaan sehat

(Biasanya ini juga terlampir ketika proses administrasi menggunakan surat keterangan sehat yang bisa anda peroleh di puskesmas.)

  1. Tes wawancara

Perlu diketahui bahwasanya tes wawancara yang dilakukan topiknya begitu bervariasi. Pembicaraan terkait wawancara sulit untuk ditebak. Sangat disarankan untuk anda agar mempersiapkan alasan dan motivasi untuk masuk STTD sebelum melakukan wawancara. Cobalah untuk setenang mungkin ketika melakukan tes wawancara sehingga anda dapat berfikir dengan jernih dan menjawab setiap pertanyaannya dengan tepat.

Setelah anda dinyatakan lolos seleksi dan dterima menjadi mahasiswa STTD, anda akan dikarantina bersama teman-teman anda kurang lebih selama 3 bulan. Proses tersebut akan mengajarkan anda bagaimana pentingnya melakukan kerja sama dengan teman-teman anda. Pendidikan di dalam masa karantina bisa dianggap sebagai pendidikan semi militer. Kemungkinan besar anda akan diletakkan di markas militer dan memiliki intruktur berseragam pula.

Setelah mendapatkan pemaparan yang begitu panjang ini, sangat disarankan bagi anda untuk membulatkan tekat serta menyiapkan mental dan fisik anda sebelum memutuskan untuk memilih STTD. Hal tersebut dikarenakan ini merupakan sekolah yang luar biasa dengan sistem yang memungkinkan otak, perasaan dan fisik bekerja secara bersama. Buat anda yang pada dasarnya tertarik menggeluti bidang ini, terus pegang motivasi anda karena pada dasarnya lulusan dari STTD memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan.

Informasi Seputar Tes STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Dara)
Scroll to top