Pantai drini merupakan salah satu pantai yang populer di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini tepatnya berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai dengan keindahan alam yang luar biasa ini terkenal akan keadaan alamnya yang bersih, terawat, serta asri hingga disebut pantai perawan.

Table of Contents

Rute Menuju Drini Beach

Jika kamu ingin ke pantai perawan dari kota Solo, kamu bisa melalui Sukoharjo, kemudian arahkan menuju Solo – Tawangsari dan menuju ke Sermin. Jika kamu ingin ke pantai ini dari Klaten, kamu perlu berangkat dari Klaten Kota menuju Cawas hingga sampai di Sermin. Saat sampai di Sermin,kamu akan diarahkan ke Watukelir – Tanjungsari dan ikuti arah menuju Drini.

Berbeda lagi jika kamu ingin pergi ke pantai ini dari kota Yogyakarta. Menurut suwatu.com, untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Jogja, kamu perlu menuju Piyungan – Patuk hingga sampai ke Sambipitu. Kemudian, kamu perlu menuju ke arah Landasan Utara TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD Wonosari, Jalan Baron, lalu sampai di Tanjungsari.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke pantai drini ini dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000.00 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir di pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 3.000.00 untuk sepeda motor, Rp 5.000.00 untuk mobil dan Bus. Dengan harga yang murah meriah ini, kamu bisa menikmati keindahan alam pantai perawan dan pantai sekitarnya sepuasnya.

Fasilitas yang Tersedia

Selain menawarkan keindahan alam yang cantik serta bersih, pantai ini juga menyediakan banyak fasilitas penunjang agar wisatawan betah. Fasilitas-fasilitas pantai ini diantaranya adalah tempat parkir yang luas, akses wisata yang mudah, tersedia banyak tempat makan, gazebo yang tersebar, penginapan di sekitar pantai, toilet dan mushola, hingga penyewaan kano.

 Objek Wisata di Drini

  1. Pemancingan

Salah satu objek wisata di drini yang banyak dilakukan wisatawan yag berkunjung adalah pemancingan. Pantai perawan ini merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang dapat dimanfaatkan untuk memancing. Pihak pengelola pantai ini juga menyediakan persewaan alat pemancingan yang bisa disewa pengunjung jika ingin memancing di tepi pantai.

  1. Puncak Kosakora

Jika kamu ingin melihat pantai perawan ini dari ketinggian, maka kamu patut mencoba objek wisata yang satu ini. Objek wisata ini bernama puncak kosakora. Untuk menuju puncak kosakora, kamu harus berjalan menanjak ke puncak sehingga butuh tenaga lebih. Selain itu, kamu harus membayar biaya tambahan sekitar Rp 2.000.00 hingga Rp 5.000.00.

  1. Naik Kano

Selain melihat dari ketinggian, tidak ada salahnya untuk menikmati keindahan pantai ini dari atas lautan. Jika kamu ingin melakukannya, kamu bisa menaiki kano yang disediakan oleh pihak pengelola untuk disewakan oleh wisatawan. Tidak perlu khawatir akan kemananannya, pihak pengelola pasti akan memberimu alat pendayung serta jaket pelampung yang aman.

  1. Snorkeling

Saat berlibur ke pantai, tentu kurang lengkap jika tidak masuk dan berenang ke dalam airnya. Pantai perawan ini memiliki air laut yang sangat jernih serta ombak yang tidak terlalu besar dan keras. Karena hal inilah, pantai ini juga cocok digunakan untuk menyelam dan snorkelling terutama bagi kamu yang menyukai air dan gemar berenang di lautan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pantai drini, mulai dari harga tiket, rute menuju destinasi wisata, fasilitas, hingga objek-objek wisata. Perlu diingat, pantai ini dijuluki sebagai pantai perawan karena kebersihannya. Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga kebersihan saat sedang berlibur di pantai yang berada di Gunung Kidul ini.

Informasi Seputar Pantai Drini, Mulai dari Rute, Harga Tiket, Fasilitas, hingga Objek Wisata
Scroll to top