Banyak orang menggunakan obat ambeien herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah daripada mengonsumsi obat medis dari apotek. Ramuan tradisional memang lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita, juga merupakan warisan budaya dari nenek moyang. Karena kaya akan rempah, Indonesia memiliki berbagai macam ramuan atau resep tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Namun, tentu saja tidak semua penyakit yang diderita memiliki kasus yang sama persis. Bisa jadi, obat herbal tersebut cocok untuk Anda tetapi tidak cocok untuk orang lain atau sebaliknya. Tips dalam menggunakan obat herbal yaitu jangan sembarangan dan tanyakan atau konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Selain itu, jangan berlebihan dan gunakan secara wajar sesuai anjuran.

Obat Ambeien Herbal dari Bahan Dapur

Salah satu kondisi yang sangat tidak menyenangkan dan cukup menyulitkan aktivitas yaitu saat terserang wasir atau ambeien. Kondisi ini membuat Anda harus bolak-balik ke kamar mandi dan badan menjadi lemas. Untuk mengatasi gejala wasir yang ringan, Anda bisa menggunakan bahan dapur berikut ini.

  1. Jahe, Madu, dan Jeruk Nipis

Ketiga bahan alami ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga mengatasi berbagai macam penyakit. Jahe, madu, dan jeruk nipis juga bisa dicampur dengan air hangat dan digunakan sebagai obat wasir. Jahe mengandung zat antiinflamasi yang cukup tinggi, sedangkan madu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih cepat pulih.

  1. Bubuk Kunyit

Kunyit memang memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk untuk obat ambeien herbal. Hal itu disebabkan kunyit memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab wasir. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk yang dicampur dengan air hangat.

  1. Minyak Wijen

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan minyak wijen sebagai obat herbal ambeien. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak wijen, lalu diaplikasikan pada bagian wasir. Minyak wijen hangat dipercaya mampu membuat otot-otot lebih rileks dan nyeri wasir pun perlahan menghilang.

  1. Daun Basil

Anda juga bisa meminum air rebusan daun basil untuk membantu mengatasi atau menyembuhkan gejala wasir. Kandungan pada daun basil berfungsi sebagai zat antiinflamasi sehingga bisa meredakan nyeri atau peradangan.

  1. Baking Soda

Obat ambeien herbal yang selanjutnya adalah menggunakan baking soda untuk membantu menenangkan bengkak karena wasir. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air, kemudian dioleskan pada bagian yang bengkak.

Selain menggunakan bumbu atau bahan-bahan dapur di atas, Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Dehidrasi bisa memperparah ambeien atau wasir yang menyerang. Jadi, jaga asupan cairan agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Cara Agar Terhindar dari Ambeien

Ambeien adalah kondisi yang sangat tidak mengenakkan dan akan menghambat pekerjaan Anda. Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati dan tentu saja memang lebih baik tidak mengalami wasir karena akan sangat mengganggu. Jadi, lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menghindari atau mencegah wasir.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan

Kondisi kekurangan cairan akan sangat membahayakan. Jika Anda mengalami sakit seperti wasir, dehidrasi bisa memperparah keadaan. Setidaknya, minumlah 8 gelas air mineral dalam sehari sehingga tinja tetap lunak.

  • Konsumsi Makanan Kaya Serat

Jika sudah terbiasa mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, Anda tidak akan terserang penyakit wasir yang menyiksa. Makanan tersebut meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Olahraga dengan Teratur

Selain mengonsumsi obat ambeien herbal, olahraga juga bermanfaat untuk mencegah wasir dan penyakit lainnya serta menjaga tubuh tetap sehat. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda akan terhindar dari konstipasi dan obesitas, di mana keduanya merupakan faktor risiko terserang wasir.

  • Buang Kebiasaan Menunda BAB

Sebagian orang memiliki kebiasaan menunda BAB karena malas kotor atau malas beranjak dari posisi mereka. Hal ini sangat disayangkan karena kebiasaan ini justru sangat berbahaya dan bisa memicu wasir. Kotoran yang tidak segera dikeluarkan akan mengering dan menjadi susah keluar.

  • Hindari Mengejan Berlebihan

Mengejan dan menahan napas berlebihan saat BAB juga sangat membahayakan kondisi Anda. Hal itu dapat menimbulkan tekanan yang cukup besar pada pembuluh darah di bagian bawah rektum.

Itulah penjelasan singkat tentang obat ambeien herbal dan beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Gejala ambeien bisa dialami oleh siapa saja, jadi perhatikan betul apa yang perlu dilakukan untuk menghindarinya. Namun, jika sudah terjadi, maka segera obati dengan obat herbal ataupun medis. Obat herbal bisa Anda beli di distributor herbal, sedangkan obat medis tersedia di apotek.

5 Jenis Obat Ambeien Herbal Alami dari Bahan Dapur
Scroll to top