Anak-anak sangat rentan dan mudah sekali cacingan. Hal ini disebabkan karena minimnya kebersihan lingkungan anak. Mestinya orang tua harus selalu memperhatikan kebersihan lingkungan dan anak itu sendiri.

Jika terus dibiarkan, cacingan menjadi penyakit yang berbahaya bagi anak. Oleh karena itu, orang tua harus segera memberikan penanganan yang tepat begitu mengetahui bahwa anak cacingan.

Salah satu obat yang bisa orang tua berikan kepada anak cacingan adalah combantrin. Tentu obat ini memiliki manfaat dan efek samping. Berikut akan kami jelaskan mengenai combantrin ini.

Manfaat combantrin

Mengatasi cacing kremi

Salah satu cacing yang menyerang anak adalah cacing kremi yang masuk melalui kotoran di bawah kuku anak. Satu ekor cacing dapat memproduksi ribuan telur, karena itu cacing ini harus segera dibasmi. Dengan combantrin, cacing kremi di dalam tubuh anak bisa hilang.

Membasmi cacing gelang

Selain cacing kremi, cacing gelang juga merupakan salah satu jenis cacing yang membahayakan anak. Pasalnya, cacing ini dapat masuk ke paru-paru jika tidak segera diatasi.

Cacing gelang biasanya terdapat di makanan dan minuman mentah, tidak higienis, atau bahkan sebelumnya sudah terkontaminasi dengan cacing gelang. Oleh karena itu, segera berikan combantrin pada anak karena obat ini mampu membasmi cacing gelang.

Membasmi cacing tambang

Cacing tambang dapat menyebabkan berat badan anak terus menurun, diare disertai darah, nafsu makan hilang, gatal-gatal dan ruam, dan lain sebagainya. Jika anak terkena cacing tambang, segera basmi menggunakan combantrin sebelum membuat kondisi anak semakin parah.

Membasmi cacing Trichastrongylus colubriformis dan Trichastrongylus orientalis

Cacing yang satu ini dapat menyebabkan anak mengalami gangguan malnutrisi. Karena itu, segera atasi dengan combantrin.

Aturan pemberian combantrin

Umumnya, aturan pemberian combantrin pada anak adalah setiap 6 bulan sekali. Berikut adalah takaran combantrin tablet/sirup 250mg:

  1. Usia 2-6 tahun: ½-1 tablet atau sirup sdt makan
  2. Usia 6-12 tahun: 1-1 ½ tablet atau sirup sdm sirup
  3. Usia >12 tahun: 1 ½ -2 tablet atau sirup sdm sirup

Bahaya combantrin

  1. Pusing
  2. Diare
  3. Komplikasi hati
  4. Muntah
Manfaat, Aturan Pemakaian, dan Bahaya  Combantrin Anak Cacingan
Scroll to top