Tahukah kamu jika tanaman sukun ini merupakan tanaman yang banyak sekali tumbuh di daerah-daerah tropis seperti halnya Indonesia? Meski sangat tumbuh subur di negara Indonesia, tidak menutup kemungkinan jika pohon buah sukun tumbuh sangat subur di negara lain. Hal ini mungkin saja karena ada beberapa perbedaan yang mendasar berikut alasannya, bukan?

Table of Contents

1) Sejarah Pohon Sukun

Seperti halnya terjadinya asal usul suatu kejadian, pohon sukun juga memiliki sejarah tersendiri. Sejarahnya tidak lepas dari berbagai belahan dunia. Yakni sekitar pada 3000 tahun silam buah ini telah dijadikan sebagai sumber makanan bagi warga oceania karena kandungannya yang kaya akan karbohidrat.

Setelah 1500 silam, dapat dipastikan bahwa buah sukun dapat dikenal di seluruh penjuru dunia. Nah! Tahukah kamu jika buah sukun salam negara Eropa disebut sebagai pohon roti? Dapat dipastikan karena teksturnya yang empuk dan juga mengenyangkan layaknya nasi yang biasa kita makan.

Namun, dapat dipastikan bahwa tanaman pohon sukun bukanlah tanaman yang tumbuh secara liar si hutan-hutan, melainkan masuk ke dalam tanaman yang dibudidayakan. Nah! Sejarah awal tumbuhnya pohon ini diduga berasal dari daerah Papua Nugini, hingga berangsur-angsur menyebar ke seluruh dunia.

2) Kenalan Yuk sama Pohon Sukun

Tahukah kamu bahwa pohon sukun yang dapat tumbuh menjulang tinggi ini ternyata merupakan tanaman yang memiliki batang lunak? Mungkin sekilas jika kita lihat seperti kayu, ya! Yups!, Ini karena batangnya yang berwarna hijau kecoklatan. Namun, jika kita belah pada dasarnya ada banyak sekali getah di dalamnya.

Kenapa dikatakan bahwa tanaman sukun dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar? Karena pada dasarnya untuk tanaman pohon sukun yang tumbuh asli dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter. Berbeda dengan pohon yang tumbuh mandiri, pohon hasil budi daya hanya mampu mencapai ketinggian antara 8-15 meter saja..

Nah! Guys, itulah beberapa informasi mengenai tanaman sukun. Kenalan lebih jauhnya lain waktu saja ya! Semoga info ini berfaedah buat kamu.

 

Karakteristik Dari Tanaman Sukun
Scroll to top