Jempol kaki yang gatal adalah hal yang mungkin lumrah terjadi sesekali. Namun, akan menjadii berbahaya dan harus diwaspadai jika erring terjadi. Pasalnya, gatal tersbeut dapat diartikan sebagai penyebab suatu permasalahan kesehatan.

Gatal di jempol kaki tentunya akan sangat menganggu kenyamanan Anda saat beraktivitas. Bagaimana tidak, yang harusnya dapat fokus bekerja justru hanya fokus mengusir rasa gatal yang ada. Selain harus dicari penyebabnya, Anda juga harus mulai waspada pada beberapa tanda penyakit berikut ini.

Indikasi Gangguan Kesehatan Saat Jempol Kaki Gatal

Ada beberapa tanda atau indikasi masalah kesehatan jika bagian jempol kaki mengalami gatal berlebihan. Tanda ini harus segera dicari solusi dan penyebabnya agar tak menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Neuropati Perifer

Indikasi masalah yang mungkin muncul saat jempol kaki terasa gatal adalah neuropati perifer. Penyakit ini adalah kerusakan saraf yang terjadi di ekstremitas layaknya jari-jari tangan dan juga kaki. Kerusakan saraf ini nantinya akan menyebabkan sensasi rasa gatal pada jempol kaki serta rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

  1. Kulit Kering

Kulit kering juga dapat menjadi penyebab utama gatal. Faktor kulit kering ini bisa terjadi karena adanya perubahan usia, faktor iklim, hingga paparan air secara teratur. Contohnya saja ketika mencuci tangan karena harus bekerja di Industri serta terkena zat klorin saat berenang.

  1. Athlete foot

Indikasi lain saat terjadi gatal di jempol kaki adalah karena athlete foot. Penyakit ini adalah penyakit kulit jamur yang menyerang bagian sela-sela jari kaki. Penyakit ini juga dapat terjadi di bagian lain seperti jempol kaki. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa gatal serta rasa terbakar di area yang terinfeksi.

Gatal pada jempol kaki mungkin menjadi masalah biasa jika sekali dua kali terjadi. Namun, jika frekuensinya sering maka Anda harus etap waspada dan segera mencari pengobatan terbaiknya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah bertambah parahnya penyakit yang Anda miliki. Pasalnya rasa gatal yang muncul bisa menjadi indikasi berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Gatal Di Jempol Kaki? Cek Tanda Masalah Kesehatan Ini
Scroll to top