Promosi merupakan suatu bentuk kegiatan memberitahukan atau bisa juga dikatakan dengan menawarkan suatu bentuk produk ataupun jasa kepada para konsumennya. Dengan tujuan promosi ini dapat menarik pembeli atau konsumen. Dari situ kenaikan dari angka penjualan juga dapat lebih signifikan. Dengan kemajuan zaman saat ini ada begitu banyak media promosi yang digunakan berbagai kalangan. Hal ini dilakukan untuk menghadapi ketatnya persaingan dalam dunia industri.

Table of Contents

Tips Ketika Mendesain Proposi Produk

pexels.com

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin mendesain suatu promosi produk. Inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Perhatikan warna dan gambar

Tips yang pertama yaitu dengan memilih warna dan juga gambar yang tepat. Bagi Anda yang sedang melakukan suatu bentuk promosi warna yang baik untuk dipilih yaitu warna-warna yang cerah. Hal ini akan membuat tampilan media promosi tersebut menjadi lebih menarik lagi.  Jika pemilihan warna kurang tepat maka kesannya akan membuat tampilan menjadi lebih lusuh. Untuk pemilihan warnanya sendiri bisa disesuaikan dengan warna identik perusahaan yang atau produk yang sedang dipromosikan tersebut. Pemilihan gambar sendiri juga harus tepat dan juga akurat. Dimana gambar tersebut harus sesuai dengan jenis produk apa yang akan dipromosikan. Tentunya gambar ini juga diusahakan tidak pecah sehingga lebih jelas ketika dilihat.

  1. Perhatikan pemilihan kata untuk judul

Tips yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pemilihan kata-kata yang digunakan untuk judulnya. Kenapa dalam memilih kata-kata dan juga membentuk judul harus berhati-hati? Karena judul sendiri merupakan suatu peranan yang sangat penting dalam suatu bentuk media promosi. Judul ini akan menentukan apakah pembaca nantinya tertarik dengan apa yang akan dipromosikan. Biasanya seseorang akan membaca terlebih dahulu judulnya. Jika dirasa menarik maka ia akan melanjutkan membaca hingga seluruhan isi dari media promosi tersebut. Perlu memilih kata-kata yang dapat menarik perhatian orang. Kata-kata yang unik, mudah diingat serta provokatif merupakan pilihan kata yang tepat untuk sarana promosi. Judul yang dibuat juga harus langsung menuju kepada intinya serta mudah diingat oleh pembacanya.

  1. Jenis dan ukuran huruf

Tips yang berikutnya yaitu pemilihan jenis dan juga ukuran huruf. Terlepas dari kata dan juga judul yang terdapat dalam media promosi, jenis dan juga ukuran huruf juga perlu diperhatikan. Pemilihan jenis huruf jangan terlalu rumit atau sulit dibaca. Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca dan ukuran huruf yang sesuai. Ukuran huruf ini bisa disesuaikan berdasarkan bagian katanya. Seperti contohnya pada judul yang lebih besar dibandingkan dengan isinya. S.erta bisa menekankan bagian yang penting.

  1. Terlihat singkat dan jelas

Tips yang keempat yaitu terlihat singkat dan juga jelas. Banyak orang yang akan malas jika sudah melihat suatu bentuk media namun terlalu banyak tulisannya. Untuk itu dalam pembuatan  desain promosi produk haruslah padat dan juga memuat informasi yang cukup. Jangan sampai media promosi tersebut bertele-tele dan membuat bingung yang melihatnyanya. Buatlah sesingkat mungkin namun tetap harus relevan dan juga jelas.

  1. Gunakan simbol, lambang atau pembagi

Tips yang dengan menggunakan simbol, lambang ataupun pembagi. Suatu desain promosi produk haruslah menarik siapa saja yang melihat. Tentu dengan adanya tambahan simbol ataupun lambang ini akan membuat tampilan dari promosi produk tersebut menjadi lebih menarik lagi. Menggunakan pembagian juga bisa dilakukan sehingga terlihat lebih rapi lagi.  Penggunaan simbol serta lambang juka dapat membuat pembaca nya lebih mudah memahami isi ataupun informasi yang dimuat dalam promosi produk tersebut.

  1. Pemilihan informasi yang disajikan

Untuk tips yang ke-6 kali ini yaitu pemilihan informasi yang disajikan haruslah tepat. Di mana informasi yang dimuat dalam promosi produk tersebut dapat mencangkup semua informasi produk yang dipromosikan. Meskipun desain minimalis namun informasi penting tidak boleh ditinggalkan. Seperti  contohnya yaitu manfaat ataupun keuntungan jika menggunakan produk tersebut. Informasi yang disajikan dalam media promosi tersebut tidak sia-sia. Para customer ataupun pembaca dapat memahaminya dengan jelas dan menangkap semua informasi tentang produk yang ditawarkan.

  1. Ketahui

    siapa pembaca yang menjadi sasaran

Tips yang berikut ini yaitu dengan mengetahui siapa yang menjadi targetnya. Dengan sudah paham betul siapa yang akan menjadi target atau sasaran dari media promosi tersebut maka desain promosi produk juga akan menyesuaikan. Dengan begitu promosi tersebut dapat berhasil dan tepat sasaran.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin mendesain suatu bentuk promosi produk. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka desain tersebut dapat sesuai dengan yang diharapkan dan menjadi bentuk media promosi yang tepat.

Jenis Jenis Media Promosi

pexels.com
  1. Jenis yang pertama yaitu melalui media cetak. Merupakan salah satu bentuk media promosi yang paling banyak digunakan. Contohnya sendiri yaitu seperti menggunakan brosur, poster, dan juga bener. Proses sendiri biasanya hanya terdiri dari lembaran kertas. Sedangkan untuk poster merupakan suatu bentuk media promosi yang menggunakan gambar dan juga tulisan. Untuk banner sendiri merupakan suatu bentuk media promosi yang yang menampilkan suatu bentuk print digital dengan ukuran yang cukup besar.
  2. Yang selanjutnya yaitu melalui media elektronik. Contohnya disini yaitu menggunakan internet, saluran televisi, dan juga radio. Selain menggunakan media cetak promosi melalui internet saat ini juga semakin banyak diminati. Terlebih internet merupakan suatu bentuk media promosi yang efektif. Sehingga saat ini banyak situs yang menawarkan suatu bentuk sarana pembuatan promosi online seperti Infection Studio.
Tips Desain Promosi Produk Dengan Baik dan Benar
Scroll to top