Deskripsi

Cara menyapih anak wajib diketahui untuk kamu yang baru memiliki anak. Proses ini memang tidaklah sulit, namun sangat penting untuk dilakukan.

Artikel

Cara menyapih anak yang baik adalah dengan melakukannya secara bertahap. Usia yang cocok untuk menyapih anak adalah 6 hingga 12 bulan. Kamu bisa melakukannya dengan memulai hal kecil baru di hidupnya.

Lakukan dengan Bertahap

Untuk memperkenalkan suatu hal yang baru, tentu kamu tidak bisa melakukannya secara langsung. Kamu bisa mulai memperkenalkan makanan baru seperti bubur bayi atau makanan yang sudah dihaluskan.

Pada tahap ini, kamu juga tidak perlu langsung memberikannya secara rutin. Pastikan anak tidak menangis dan merasa nyaman dengan makanan baru tersebut.

Berikan Makan saat Siang Hari

Waktu yang tepat untu membiasakan makanan baru adalah di siang hari. Pada saat ini, anak akan mulai terbiasa dengan hal baru tersebut.

Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah mengajaknya bermain dengan mainan baru. Kamu juga bisa memilih tempat dengan suasana baru dan menarik. Untuk itu, siang hari adalah waktu yang tepat untu bermain dan berkenalan dengan hal baru.

Kurangi durasi pemberian ASI

Setelah anak terbiasa makan di siang hari, selanjutnya kamu harus mengurangi durasi pemberian ASI. Jika sebelumnya kamu memberikan ASI selama 8 – 10 menit, maka kurangilah durasi tersebut menjadi 4 – 6 menit saja.

Jika anak merasa kurang dengan ASI tersebut, gantilah kebutuhannya dengan cemilan khusus untuk anak seusianya. Hal ini akan membuat anak lebih terbiasa dengan makanan dibandingkan dengan ASI.

Berikan Makanan saat Anak Meminta ASI

Setelah terbiasa dengan makanan baru, kamu bisa mulai mengalihkan perhatiaan terhadap ASI menggunakan makanan. Tentunya kamu harus bisa membujuknya beralih dengan makanan dengan perlahan agar anak tidak menolaknya.

Gunakan Tempat Makan yang Menarik

Selain makanan yang nikmat, kamu bisa juga menggunakan tempat makan yang menarik. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan tempat makanan dengan karakter yang menarik dan berwarna cerah.

Demikianlah artikel mengenai cara menyapih anak. Selamat mencoba!

Cara Menyapih Anak
Scroll to top